CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a7d3110d295021e688e71/viral-video-siswi-non-muslim-smkn-2-padang-dipaksa-pakai-jilbab

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Ilustrasi siswi SMK Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab


POJOKSATU.id, JAKARTA – Media sosial digemparkan dengan cerita viral siswi non muslim SMKN 2 Padang yang dipaksa untuk memakai jilbab.

Kisah ini pertama kali diunggah pemilik akun Elianu Hia, Kamis (21/1/2021).

Sang pemilik akun mengunggah video siaran langsung saat orang tua dipanggil pihak sekolah.

“Lagi di sekolah SMK Negri 2 Padang. Saya dipanggil karna anak saya tidak pakai jilbab,” tulisnya.

“Kita tunggu aja hasil akhirnya. saya mohon didoakan ya,” sambung pemilik akun tersebut.
Dalam video itu, terlihat seorang guru yang memakai kemeja batik tengah menjelaskan duduk perkaranya.

Sang guru menjelaskan bahwa aturan di sekolah tersebut.

“Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan, celana panjang abu-abu,” katanya.

Ia juga mengingatkan kembali bahwa pada saat masuk, orang tua sudah mendantangani surat pernyataan bersedia mengikuti aturan di sekolah tersebut.

Namun orang tua siswi tersebut mengaku tak pernah menandangani surat keharusan kepada siswi agar memakai jilbab.

“Itu kan kalau ikut tawuran, di situ kan tidak ada disinggung soal pemakaian kerudung, pak,” tutur orang tua siswi tersebut.

Si guru menyatakan bahwa merupakan sebuah kejanggalan manakala ada siswi yang tidak memakai jilbab di sekolahnya.

“Bahwa jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kita semua sepakat, itu makanya kita bicarakan,” kata sang guru.

Sang orang tua siswi kemudian menjelaskan bahwa berdasarkan cerita putrinya dipanggil pihak sekolah dan dijelaskan bahwa kewajiban memakai kerudung merupakan aturan dari Gubernur Sumater Barat.

Namun setelah dicari di google, ternyata tak ditemukan satupun aturan dimaksud. Demikian juga aturan dari Mendikbud atau Mendagri.

Ia lalu menjelaskan bahwa agama yang dianutnya adalah non muslim.

“Tapi ini kan agama saya, pak. Kalau (anak) saya memakai jilbab, ini seakan-akan membohongi identitas agama saya,” tuturnya.

“Di mana hak asasi saya? Seakan-akan dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam. Kalau yayasan saya enggak ada masalah. Tapi ini kan sekolah negeri,” sambungnya.

Dia lalu mempertanyakan apakah aturan ini hanya sebatas imbauan atau memang benar-benar aturan yang harus ditaati.

“Bagi SMKN 2, ini adalah kewajiban. Karena sudah tertuang dalam aturan,” tegas guru itu.

Sayangnya, tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut.

Sang guru juga menyatakan tetap berpegang teguh pada aturan sekolah dimana setiap siswi wajib memakai jilbab.

Selanjutnya, orang tua siswi non muslim itu diminta pihak sekolah untuk membuat surat pernyataan.

Isinya, menyatakan bahwa orang tua siswa tidak bersedia memakai kerudung seperti dalam aturan yang diberlakukan pihak sekolah.

Selanjutnya, bersedia untuk melanjutkan masalah tersebut dan menunggu keputusan dari pejabat yang lebih berwenang.

Sampai berita ini ditulis pada Jumat (22/1/2021) pukul 13.59 WIB, unggahan itu sudah 115 ribu lebih ditonton.

Sementara warganet yang memberikan komentar sudah mendapai 3,1 ribu lebih dan 2,2 ribu lebih dibagikan.


Berikut video siswi non muslim SMKN 2 Padang diwajibkan memakai jilbab sebagaimana diunggah akun Elianu Hia yang dikutip PojokSatu.id:

https://m.



https://pojoksatu.id/news/berita-nas...akai-jilbab/3/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
Quote:


Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Lagi
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Pak nadiem mohon pencerahannya.
Aneh memang, harusnya sekolah sangat lah toleransi. Harusnya yang ditindak tegas adalah yang beragama Islam tapi tidak memakai jilbab. Bukan yang non Islam malah disuruh pakai jilbab.
Benar kata orang tua siswa tersebut. "Kalau anaknya memakai jilbab, itu seakan-akan membohongi identitas agamanya."
Waduh gak bener ini.
Dimana toleransi umat beragama nya.
Ane muslim, tp ane greget ni ama aturan begini. Ga bisa lah kyk gitu..
cobaa bayangkan ni yAa
Atas jilbab, Truss ngegantung kalung salib....nahh bagaimanaa tuuu....BERGETAR kagaa tuu yg buat aturan
Ohhh.. ni kah yg d sebut aturan brsyariah? Aturan yg d buat oleb org² yg pada paham agama ya?
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Awal thn 2000an dunia pendidikan rusak sejak dimasukin orang2 dgn doktrin pkshit
Pks emoticon-Najis
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
Padahal jaman sekarang pakaian tidak menjamin akhlak, pernah lihat sendiri ibu2 berkerudung bawa mobil kena halang jalannya oleh sepeda motor langsung caci maki keluar semua isi celana..
Diubah oleh mewtwo68d
Emang banyak suh gereja di sana
Tp di upayakan tidak bertambah lagi
Yg ada aja kalo bisa ga bole ada yg datang kan
emoticon-Cool
Seribu alasan juga semua tau ujung nya kaya bjimana
Lagu lama emoticon-Turut Berduka
Pantek emang seolah negeri dipaksakan.sama aja kaya dikab.bogor pakaian dibedain kalau jumat..prov barokah kagak heran.
kalo SMA/K Islam boleh lah kasih aturan ketat soal seragam, toh murid2 yang masuk sekolah Islam konsekwensinya harus berpakaian sesuai aturan, kalo SMA/K Negri ya harusnya ga ada paksaan dong

di desa ane ada SMA Islam 1 P*******n ada murid2 pertukaran pelajar dan beragama non muslim boleh lho pakai pakaian biasa tanpa identitas muslim
Diubah oleh 7081C4L1573R
Di tempat kerja ane juga dipaksa pakai topi natalan yg merah itu, ane lepas dimarahin. Hayoooo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo semua sekolah negeri berdasarkan mayoritas berarti yg di papua wajib pake koteka...yg di bali wajib ikut trisandhya dan puja bakhti...ke pura dalem..ikut upakara mau agama islam sekalipun donk...wajib yg islam pake baju kebaya dan sanggul bali..yg ntt wajib ke gereja dan doa bapa kami bikin tanda salib?
ini sekolah negeri bukan madrasah atau yayasan katolik atau agama mana gitu atau budha suci..sejak kapan sekolah negeri ini berubah jadi sekolah madrasah Islam?
kalo iya terus terang aja langsung biar pecah kongsi kita biar gue pindahin aset ortu gue ke bali aja .....biar bujukin orang non muslim termasuk hindu buat bikin negara Bali kan gampang bule udah kenal ini sama bali...biar selesai dah ini negara Indonesia kalo model begini dibiarkan...sekolah negeri harusnya kayak jaman gue sekolah dulu...anak cewek pake rok pendek anak laki pake celana panjang...yg normal aja..ga ada baju koko paling pake batik itu juga batik lebih mirip promosi nama sekolah karna kebanyakan nama sekolah yg di tempelin
balik lagi lah ke jaman dulu tahun 1990 an lebih waras dan nasionalis warga negaranya aturan sekolahnya lebih umum lebih ke ga boleh pake make up...baju sopan aja sm ga boleh tembus pandang baju seragam
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan benikeren memberi reputasi
Kok jd pengen blk jaman orde baru, bioskop ga ada sensor, preman d petrus kan, rumah ga ada portal semua gang, cari duit enak, klo cuma masalah korupsi ya sama aja ama skrg, ga ada bedanya,
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
di aceh malah sebaliknya...

siswa sma di salah satu kota di aceh malah dilarang memakai jilbab

alasannya sungguh diluar dugaan..

ternyata setelah ditelusuri, bahwa kewajiban memakai jilbab hanya pada



































SISWI
profile-picture
nyengatanlebah memberi reputasi
lagi lagi kesalahan informasi nihh pas awal kesepakatan aturan masuk sekolah
profile-picture
meooong memberi reputasi
huwaduuhh harusnya kalo negri ya dibebaskan tohh, gada aturan terikat buat pake hijab
profile-picture
meooong memberi reputasi
Membuktikan kalau omongan Puan benar.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di