CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a68fdc342bb09a4263af6/percaya-gak-status-viral-fb-itu-diciptakan-bukan-kebetulan

Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan

Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan

Tulisan ane kali ini diambil dari sebuah buku karya Dewa Eka Prayoga dengan bukunya berjudul “Main Facebook”. Berhubung akhir-akhir ini ane lagi senang baca buku, jadi beberapa tulisan di sini ane ambil dari buku.

Menurut keterangan dalam buku bersampul biru ini, viralitas itu ilmiah karena sudah ada penelitiannya sehingga sudah pasti terukur. Nah, baru pada tahu kan? Sama dong!! Pada kesempatan ini, ijinkan ane menuliskan tentang viralitas dalam akun fb ya gaesss. Berbicara viralitas, ane rasa kalo cuma nge-post doank mah semua juga bisa, tapi yang ga semua orang bisa bahkan susah adalah membuat suatu post menjadi viral. Sebab, ada banyak faktor pastinya yang membuat status atau postingan menjadi viral. Sepakat?

Jika ane baca dalam buku ini, penulis buku ini malah melakukan uji coba dalam hal status viral selama 5 tahun loh. Bahkan beliau banyak membaca artikel-artikel tentang viralitas bahkan hasil riset dari para ahli dunia. Pertanyaannya, apa sih pentingnya status atau konten viral?

Pentingkah status viral? Penting dong!! Jika agan sista seorang penjual online, status viral tentu akan berujung pada kenaikan omzet. Iya kan ? Karena potensi calon pembeli meningkat. Ane doakan semoga agan sista yang berprofesi pengusaha atau calon pengusaha disini omzetnya meningkat hingga agan sista bisa bantu banyak orang terutama keluarga. AAAMIIN AAAMIIN AAAMIIN.

Jika bukan pengusaha? Masih pentingkah viralitas? Jika status agan sista sebuah nasehat atau inspirasi yang positif, tentu akan bermanfaat bagi banyak orang kan. Pada akhirnya, akan membuat perubahan positif bagi banyak orang.

Nah, gan sis berikut ini poin-poin yang membuat status atau postingan seseorang jadi viral. Tapi ingat ya, gan sis kalo mau viral status atau postingan harus punya banyak teman di fb dan pastikan saat posting banyak teman-teman fb agan sista lagi on. Jangan posting saat orang lagi pada off ..siapa juga yang akan memviralkan kalau semua off ?? Iya kan?

Nah, ni dia daftar hal-hal yang mendukung status /postingan seseorang jadi viral.

1. Sesuatu  yang belum banyak disadari banyak orang

Contohnya berhutang demi bisa disebut keren. Ini sih ga aneh sebenarnya dan sudah menjadi gaya hidup yang dapat kita temui dalam kehidupan masyarakat. Tapi tahu ga sih, ini beneran nyesek...... .

Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan

Namun, yang bikin menjadi viral adalah banyak orang tidak menyadari ini sesuai dengan hukum fisika bahwa gaya berbanding lurus dengan tekanan p= f/a dimana p adalah tekanan, f adalah gaya sehingga semakin banyak gaya semakin banyak tekanan. Wkwkw... mana suaranya anak IPA ?? Ada yang masih ingat rumus ini?

2. Metode termutakhir untuk mempermudah pekerjaan.

Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan

Karena pada dasarnya sang penulis buku ini adalah seorang pengusaha, khususnya di internet, maka pembahasannya ga akan jauh-jauh dari marketing, copywriting, jualan, olshop, dll. Pada poin no 2 ini doi berbicara masalah copywriting. Ketika beliau memposting tentang metode copywriting agar tidak membosankan. Secara kebetulan banyak orang yang tidak mengetahui metode ini dan alhasil postingan beliau ini mendapat share tinggi sebanyak 642 dan viral lagi ya gan sis.

3.  Konten Positif

Siapa sih yang ga akan respon kalau konten yang kita buat positif, mencerahkan dan terutama bermanfaat bagi kita juga sesuai dengan kondisi kita saat ini. Yakan? Pada poin  ini, beliau membuat postingan positif terkait fenomena menikah. Fenomena ini terkait motivasi beberapa orang yang menikah hanya untuk mengubah status dari single jadi menikah sebab efek ledekan orang.

Sering dengar pasti dong, "kapan nikah?" Setiap kali berkumpul bersama keluarga besar, "Apa? Belum nikah?" Saat reuni teman-teman sekolah yang masing-masing udah berkeluarga, "Udah  25 tahun masa belum nikah" Saat bertemu teman-teman ibumu, "Adiknya dah nikah, kok kakaknya belum?" Saat belanja di warung tetangga dan lain sebagainya. Dengan komen-komen seperti ini banyak juga loh orang menikah dengan motivasi demi mengubah status singel menjadi menikah.

Nah, ini dia postingan Dewa Eka  Prayoga mengenai fenomena ini:
Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan
Gambar koleksi pribadi, kutipan by Dewa Eka Prayoga

Alhasil mendapat 11.623 share saudara-saudara!!

4. Istilah baru


Dalam hal ini, penulis buku menciptakan istilah "marketing langit". Istilah ini muncul kala sang penulis buku ini bertemu para pengusaha yang omzetnya milyaran per hari dimana mereka mempunyai kesamaan mempraktekkan amalan-amalan soleh yang membuka pintu rezeki seluas-luasnya. Rasa-rasanya ane suka istilah ini. Unik dan menancap ke hati. 💘💘
Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan
Gambar koleksi pribadi kutipan by Dewa Eka Prayoga

5. Gambar Unik Untuk Menjelaskan Sesuatu

Dalam hal ini agan sista bisa menjelaskan sesuatu ga pake  bahasa yang panjang. Cukup singkat, padat, jelas.  Tapi jelaskan semua dengan gambar yang unik. Sehingga pembaca dapat memahami keseluruhan konsep  cukup dengan melihat gambar.  Kalo ane bilang ini mirip komik ya gan sis. Saat baca komik, agan sista cukup melihat gambar dengan kalimat yang pendek-pendek sudah cukup membuat agan sista mengerti jalan cerita. Lanjuutt👇👇

6. Format Penulisan Mudah dibaca

Tulisan yang mudah dibaca seperti apa sih? Hmmm… kalau ane baca dalam penjelasan buku ini adalah tulisan yang judulnya panjang tapi jangan memanjang ke kanan. Jadi, agan sista harus membuat judul tulisannya berbaris ke bawah. Serta setiap paragraf berisi kalimat yang pendek-pendek.

Contohnya, ane ambil dari contoh dibuku ini. Check it out !!

KENAPA HARUS MALU DAN GENGSI JUALAN.
PADAHAL JELAS-JELAS MENGHASILKAN DAN
DAPAT MENOLONG ORANG?

Mungkin sebagian dari anda  masih nggak suka
jualan karena alasan klasik: malu, gengsi, takut
dicibir, takut ditolak, dll…

Yang dicetak tebal adalah judul yang panjang
Yang dicetak miring adalah paragraf 1 yang dibuat dalam kalimat yang pendek.

7.Step by step


Menjelaskan sesuatu dengan tahapannya secara terperinci. serta, menggunakan nomor. Pertanyaan ane, kenapa harus pake nomor? Nah, ini berhubungan dengan ilmu psikologi manusia. Sebab, manusia mudah memahami suatu bacaan ketika langkah-langkahnya dijelaskan secara terperinci tahap demi tahap dengan menggunakan nomor. Sampai sini Agan sista paham kan?

Nih, ane kasih contoh langkah-langkah membuat kue donat:
Percaya gak, status viral fb itu diciptakan, bukan kebetulan

Gambar koleksi pribadi

8. Makjleb
Gan sis, apakah itu makjleb? Wah, ane juga sebelumnya belum  pernah dengar istilah ini. Tapi, setelah membaca penjelasan dalam buku ini, ane jadi paham. Makjleb artinya nanceb ke hati. Misal kalimatnya seperti ini:

SHALAT JARANG
sedekah kalo inget.
NGAJI APALAGI.
TERUS MAUNYA MASUK SURGA
EMANG SITU PUNYA KENALAN ORANG DALEM?


9. Membedah Studi Kasus
Dalam hal ini sang penulis menceritakan tentang pengalamannya membuat postingan FB terkait pengalaman beliau memenangkan kontes affiliate marketing hingga 21 kali.

Contohnya:

Dalam 14 hari terakhir ini sambil istirahat di
rumah, Saya mencoba bantu Kawan Saya
mempromosikan produk mereka secara affiliatte.

Dan hingga hari ini, Saya bersyukur, bisa
mengantongi komisi hingga Rp.52 Juta hasil dari
promosi produk tersebut. Alhamdulillah…

Saya benar-benar mengerjakannya dari rumah,
mengetik hanya menggunakan 2 jari, bahkan
sambil tiduran....

Gan Sis sekian dulu dari ane ya, sebenarnya poin-poinnya masih panjang, namun apa daya jari ane udah pada "keriting". Semoga tulisan ane bermanfaat buat bisnis agan sista sekaskus ini.

Gambar:
https://ginandtea.net/banyak-tekanan-banyak-gaya/
https://indonesiainside.id/ekonomi/2020/08/07/mulai-bulan-depan-facebook-tiktok-apple-akan-setor-ppn


Referensi
Buku Main Facebook
https://www.liputan6.com/lifestyle/r...dan-mengembang
https://qazwa.id/blog/copywriting/




profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.datsir dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh manusiagatek
Boleh juga nih di coba... Otw inget inget pasword fb dulu emoticon-Big Grin
udah lama banget ga buka fb gan, coba ah buka fb lagi wkwkwkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
cara gampang biar viral mah tinggal ngejelek jelekin orang/kelompok.. abis itu pasti viral dah wkwkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lama nian juga ane tak liat facebook inii nih.
Bisa sih gan kayaknya emamng ada benernya hehe ane gatau juga sih tapi
Wkwkwkw
Jadi tau gua min. Ternyata ohh ternyat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mantap gan threadnya, malah kadang kasus yang negatif itu lebih trending ya gan.. tapi ane baru tau kalo sesuatu yang viral itu di ciptakan
Makjleb 😂 Mak tratap 😂 ntuh kata² taun berapa gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di