CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rencana Pemindahan Ibu Kota Disebut Telah Memasuki Tahap Finalisasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6009b1057e3a72764d441b63/rencana-pemindahan-ibu-kota-disebut-telah-memasuki-tahap-finalisasi

Rencana Pemindahan Ibu Kota Disebut Telah Memasuki Tahap Finalisasi

Rencana Pemindahan Ibu Kota Disebut Telah Memasuki Tahap FinalisasiTEMPO.CO, Jakarta -Rencana pemindahan ibu kota negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sudah memasuki tahap finalisasi.

Pernyataan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa saat rapat akhir tahun itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, Kamis, 21 Januari 2021.

"Rancangan Undang-Undang (RUU) ibu kota baru sudah selesai dan telah masuk antrean program legalisasi nasional. Jadi prioritas untuk dibahas Dewan Perwakilan Rakyat," ujarnya kepada kantor berita Antara.

Rancangan utama (master plan) dan rencana detail ruang ibu kota baru (detail plan), kata Hamdam, juga telah dirampungkan oleh Bappenas. Seluruh persyaratan untuk pemindahan ibu kota negara tinggal menunggu keputusan politik Kepala Negara dan pengesahan regulasi dari DPR.

Badan Otorita untuk mengurus seluruh rencana pemindahan ibu kota juga telah siap dan tinggal penentuan calon Ketua Badan Otorita. Menurut Hamdam, Bappenas menyatakan pembangunan ibu kota negara baru bisa dilakukan kapan saja sesuai keputusan politik presiden.
"Tentunya ini kabar baik, karena penyusunan induk pembangunan kawasan ibu kota baru terus berlanjut," kata dia.

Meski pandemi Covid-19 , ujar Hamdam, pemerintah pusat tetap serius menyelesaikan dasar-dasar sebagai persiapan pemindahan ibu kota. Hamdan berharap pembangunan di Penajam Paser Utara, seperti infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan akan lebih merata bila ibu kota dipindahkan.

https://nasional.tempo.co/read/14254...i/full?view=ok

Sekedar denger bisik2 tetangga...gedung yg akan terbangun di awal2 adalah kementerian kesehatan dan gedung wakil rakyat.emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 45 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Dduhh...saya mlh sedih ya...
Gimana nasib hutanku kelak.. 😢
karena mau jadi cikal bakal kota besar bahkan ibu kota jangan lupa penyakit hampir seluruh kota besar di indonesia yakni banjir. saat pembukaan lahan fasilitas pengendali erosi dibangun terlebih dahulu dan jangan cuma pakai drainase sistem terbuka tapi langsung terowongan bawah tanah di bawah jalan kaya di luar negeri.
Semoga ya, kalau sudha dan lancar smeoga lanjut tanpa halangan, ini mungkin memang diperlukan
mudah-mudah bisa cepat terrealisasi..
mulai skrg sdah hrus cari lahan nih..bakal berkembang bisnis di penajam...
Spa ama pijet bakalan menjamur nih emoticon-Peluk
Akhirnya masyarakat kalimantan atau wilayah timur sebagai salah satu penyumbang terbesar ekonomi Indonesia jg bisa merasakan dampak pembangunannya jika IKN digelar disana
Apakah semua penduduk DKI akan ikutan juga pindah kesini gan 😁
Wow... udah positip yeesss hmmm...
Finalisasi rancangan undang2nya kan ini bukan kotanya? Masih butuh waktu yang lama sih buat mindahin ibukota, gak sesimpel itu yak hehehehe
Masih pandemi malah ngurusin megaproyek. Ratusan orang mati tiap hari ga urus. Vaksin sejuta sehari, testing 80rb sehari mana omong kosong doang.
Diubah oleh vangoz
masuk tahap finalisasi ya, ya jangan sampek ini jadi program yang kurang jelas hasil akhir nya ya, semoga ya bener bisa agak memecah pertumbuhan juga ke arah luar jawa emoticon-Big Grin
Ane sebagai masyarakat yang baik ikut seneng ikut prihatin dengan keadaan serta situasi kondisi Indonesia saat ini dimana banyak sekali urusan yang harus diselesaikan.semangat bapak presiden semangat bapak jokowi...indonesia hebat!
beneran udah mau pindahan ibu kota ya, akankah mampu mengurangi beban dari Jakarta yang ada saat ini ya, secara pusat bisnis masih tetap disana ya, hehe
muda2han lancar aman dan tertata semua emoticon-Cool
Semoga lancar-lancar terus deh emoticon-Matabelo
wah ..beneran jadi yaa ? emoticon-Belo
Wah seriusan nih yaaa hmmmm
Emang masih ada duitnya mas Joko gan emoticon-Bingung
Siap2 partai juara nilep dana pembangunan ibu kota baru
Gatau kenapa sih ane sempet aneh denger ibukota pindah, tp dgn melihat ke lapangan ane setuju jika ibukota pindah dr jakarta. karena menurut ane jakarta udh gak sehat bukan dr segi lingkugan tp dr semua aspek terutama elemen lapisan ekonomi dan masyarakat yg dampaknya besar banget, pertumbuhan dan pembangunan di jakarta gak seimbang dengan kualitas, jujur thn 2015 ane msh gampang banget nyari kerja msh bisa milih" tp skrg udh susah banget, klo semua tertumpuk dikota" besar seperti jakarta pembangunan nasional juga gak baik buat kemajuan bangsa, meski buat indonesia maju dan sejahtera itu hal yang berat. tp seenggaknya dgn mindahin ibukota aktivitas ekonomi dan lainnya bisa merata
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di