CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sujiwo Tejo Usul Kapolri Baru Buat Larangan Istilah Kadrun dan Cebong
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6009808710d2951e37114b11/sujiwo-tejo-usul-kapolri-baru-buat-larangan-istilah-kadrun-dan-cebong

Sujiwo Tejo Usul Kapolri Baru Buat Larangan Istilah Kadrun dan Cebong

Sujiwo Tejo Usul Kapolri Baru Buat Larangan Istilah Kadrun dan Cebong

Sujiwo Tejo Usul Kapolri Baru Buat Larangan Istilah Kadrun dan Cebong

Budayawan Sujiwo Tejo mengusulkan agar Kapolri baru Komjen Listyo Sigit Prabowomengeluarkan larangan penggunaan istilah kadrun dan cebong.

Usulan tersebut disampaikan oleh Sujiwo kepada Menteri Koodinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Melalui akun Twitter miliknya @sudjiwotedjo, ia meminta agar Mahfud MD memberikan perintah berisi larangan penggunaan istilah kadrun dan cebong.

Pasalnya, penggunaan istilah kadrun dan cebong belakangan justru semakin memperkokoh kubu-kubu di tengah masyarakat.


"Prof @mohmahfudmd, gimana kalau kapolri Baru Jend Listyo penjenengan perintahkan melarang istilah kadrun dan cebong dan seluruh ungkapan sejenis yang memperkokoh kubu-kubuan?" kata Sujiwo seperti dikutip Suara.com, Kamis (21/1/2021).


sujiwo tejo usul Kapolri larang penggunaan istilah kadrun dan cebong (Twitter/sudjiwotedjo)
Sujiwo menjelaskan, usulan tersebut memang terkesan hal remeh, namun hal tersebut sangat esensial dalam konteks sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia".

"Ini kelihatan remeh, tapi menurut saya esensial dalam konteks sila ke-3," tuturnya.


Salah seorang warganet dengan akun @agussaptono sempat mempermasalahkan istilah 'jancukers' yang biasa disematkan untuk para fans Sujiwo.

Menanggapi hal itu, Sujiwo membantah bila istilah 'jancukers' dikaitkan dengan konteks kubu-kubuan yang diperhadapkan dengan kebencian.

"'Jancukers' bukan istilah dalam konteks kubu-kubuan. Seperti PDIP, Demokrat dll, bukan kubu-kubuan, pun Muhammadiyah dan NU. Mereka hanyalah aneka dalam Kebhinekaan, bukan sesuatu yang diperhadapkan dengan kebencian," ungkap Sujiwo.

Seperti diketahui, istilah kadrun atau singkatan dari kadal gurun sendiri banyak digunakan setelah Pilpres 2019 berakhir.

Istilah tersebut disebut-sebut merujuk pada kelompok yang kontra dengan pemerintah.

Sementara itu, istilah cebong merupakan sebutan untuk kelompok-kelompok yang mendukung pemerintahan.

-------


Nggak asyik lu emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andika.1stravel
Halaman 1 dari 4
Laskar emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 6 lainnya memberi reputasi
siap masih ada istilah kampret
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kireta_kun dan 7 lainnya memberi reputasi
Orang ini ga pengen dianggap serius, aslinya. Jadi ya gausah dianggap serius.

Namanya juga seniman.

Kaskuser jangan pernah lupa evolusi istilahnya, dari zaman panasbung (Foke) vs panastak (Jokowi) tahun 2012.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InRealLife
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Katak boleh ngga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
halah biarin aja napa emoticon-EEK!
nanti juga hilang kayak istilah nastak nasbung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kampret dan Onta emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halah, cebong kadrun toh ramenya cuma disosmed doang, sy banyak kenal dgn tokoh" kadrun di sby, bahkan ketua (alm) fpi di sby (Haji B) msh terhitung guthe sama sy, tp direal life ya asyik" aja ngumpul, mereka paham sy mendukung jokowi tp ya ga sampe kebawa" direal life

Bego aja menurut sy yg bawa" politik dlm pergaulan sehari"

Lebay si tejo, bahkan pendapat dia ini menurut sy malah bikin memecah belah, mendikotomikan cebong kadrun, seolah" kedua kubu sudah siap saling bunuh di real life

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kebiasaan +62 main di zona abu-abu jadi pakai istilah mau itu kampret cebong onta kadrun katak wereng cicak buaya dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 3 lainnya memberi reputasi
mending ni orang berkesenian lagi aja dah, bagus bagus karyanya gak nyampe kalo harus olah pikir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
highlander. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Si Tedjo biasanya lebih pinter cari siapa yang lebih dulu bikin istilah hewan buat pendukung lawan politiknya pasca jokowi naik presiden...

Kita mahh asik ajaa...

Tohh kemenangan bakal selalu didepan mata kalo ngadepin kadrun" yang tolollnya ga ketulungan...

Bisa ngalahin keyakinan para kadrun di dunia maya sampe dunia nyata bahkan sampe ke lingkup keluarga sendiri itu ada kepuasan sendiri...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
ILC hilang kalang kabut dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Licik ah Sujiwo Tedjo, kadrun kan masih punya banyak panggilan lain seperti Togog, BuzzerRP, Bacin, dll.

Kl cuma 2 itu yang dibilangin, kadrun doang yang bisa menghina donk??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
desert lizard and tadpole. emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wonxintinxxx
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yaa akhi... mari kita rafatkan barisyaann emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
dulu kampret vs cebong .. now kadrun vs cebong . kenapa cebong banyak yg antipati ya emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Biarin aje yee....
Kalo di ilangin, trus ane manggil kadrun apa ?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masih ada onta...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
benernya kasian kadal disamakan sama kaumlu drun....gimana gimana keknya mereka sebagai binatang masih kayak pinteran gitu dibanding geng dikit dikit salah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
percuma pakdhe.. semakin dilarang semakin menggebu gebu.. itu udah jadi prinsip dalam bersosial media masyarakat kita.. wkwkwk
profile-picture
profile-picture
vandaduallity dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Benernya ditutup aja tu tuitter ma jokowi. Aplikasi hate speech dan hate crime SARA. Jalan satu2 nya tuh
Bertengkarnya di yutub aja biar sepi hehe
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di