CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60094e1cc820843dcb2fead3/penasaran-berapa-jumlah-penduduk-ri-sekarang-ini-rinciannya

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini RinciannyaFoto: Grandyos Zafna

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri siang ini melakukan rilis bersama untuk Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020. Ini merupakan pertama kalinya kedua lembaga itu melakukan rilis data bersamaan.

"Ini merupakan rilis yang pertama kali dilakukan secara bersama-sama antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dan rilis ini saya kira merupakan wujud sinergi yang dilakukan antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri sejak persiapan sensus penduduk tahun 2020," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori dilansir dari akun Youtube BPS, Kamis (21/1/2021).

Menurut hasil Data Administrasi Kependudukan per Desember 2020, jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 271.349.889 jiwa. Terdiri dari 134.229.988 jiwa perempuan dan 137.119.901 jiwa laki-laki. Sedangkan jumlah kartu keluarga mencapai 86.437.053.

Dari total jumlah penduduk itu paling banyak berada di pulau Jawa sebesar 55,94%, disusul Sumatera 21,73%, Sulawesi 7,43%, Kalimantan 6,13%, Bali dan Nusa Tenggara 5,57%, Papua 2,02% dan Maluku 1,17%.

Baca juga:
RI Kebanjiran Baja Impor, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK
Data itu diambl dari jumlah perekaman di 2020 dari sebanyak 196.394.976 wajib KTP yang sudah terekam sebanyak 194.649.012 atau mencapai 99,11%. Sementara sisa wajib KTP yang belum terekam sebanyak 1.745.964 akan dilakukan di 2021.

Tahun ini target perekaman KTP sebanyak 5.777.755, terdiri dari sisa wajib KTP yang belum terekam di 2020 ditambah wajib KTP pemula sebanyak 4.031.791. Sehingga totalnya menjadi 2000.426.767 wajib KTP yang direkam.

Sementara BPS merilis Data Sensus Penduduk yang dilakukan baur sampai September 2020. BPS pun mencatat jumlah penduduk masyarakat Indonesia mencapai 270,2 juta jiwa.

"Jika dibandingkan dengan sensus penduduk terdahulu kita bisa lihat bahwa jumlah penduduk Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan," kata Kepala BPS Suhariyanto.

Menurut data BPS, dengan luas daratan Indonesia sebesar 1,9 juta km2, maka kepadatan penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 141 jiwa per km2. Lalu selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah sebesar 1,25% per tahun.

"Laju pertumbuhan penduduk terjadi karena dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kematian dan juga faktor migrasi," tambahnya 


https://finance.detik.com/berita-eko...m=news_mostpop

Yang dibold: Ternyata perempuan lebih sedikit dari laki-laki. Yang mau poligami beristri empat tolong pikirkan lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 6
OTW ke kalimantan atau papua aja ah. Sepertinya masih lengang banget di sono
profile-picture
riansantoso4776 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
5 besar

China 1,44 miliar.
India 1,382 miliar.
Amerika Serikat 331,3 juta,
Indonesia 273,9 juta,
Pakistan 221,5 juta

Sumber: detik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Coba lihat di worldmeters.com
profile-picture
TheProfesor7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pantaslah syeikh puji sukanya pre order dulu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
line.it dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Saatnya izinkan poliandri emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ikan di laut banyak juga cyynn.... emoticon-Betty

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ternyata lebih banyak laki daripada perempuan.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radhifans dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Pantesan jawa kunci kekuatan politik...hampir setengah lebih ada di p.jawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Prediksinya 10-20 th lagi, nanti india no 1, trus cina, pakistan, indo, amerika
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Laju pertumbuhan = 1,25 persen setahun
Berati taon depan nambah 3 juta-an orang..


profile-picture
profile-picture
Gailham dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
tenang, jangan takut jangan panik orang bertambah, buat kalangan bisnismen dan politisi berarti juga pertambahan jumlah konsumen dan pendukung parpol, yang penting harus dijaga laju pertambahan penduduk supaya gak terlalu besar dan cepat tiap tahunnya, dan patut diwaspadai ledakan penduduk, makanya gw dukung penuh pindahkan ibukota ke luar jawa, sekalian semua pusat kegiatan bisnis jangan cuma berpusat di jakarta doang, harus dibuat juga jakarta-jakarta baru terutama di luar pulau jawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bagaimana dengan yg dikampung dan dipedalaman yg tak diketahui pemerintah? Mungkin saja sudah mencapai 300 juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renooot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ada covid bukannya berkurang malah bertambah dah...
profile-picture
profile-picture
dewimetal dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Laju pertumbuhan populasi Indonesia udah sekitar rerata 1,05 persen selama 2015 s.d. 2020.

Hampir di bawah ambang 1 persen buat regenerasi optimum. Hati-hati. Kalau terjadi degenerasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
banyak anak hasil luar nikah emoticon-No Hope

ayo giatkan lagi kampanye wajib kondominasi
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalau tidak bisa mengontrol jumlah penduduk, tidak perlu sambat mengenai masalah kepadatan penduduk.
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
buset pakistan mungkin 10 tahun lagi bisa nyusul indo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dari data diatas laki lebih banyak daripada perempuan.

tapi di kaskus ada betina mukanya mirip ikan udah kepala 3 belum juga laku..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kelompok usia gak disebutkan yaa
Kalo populasi org goblog menyumbang brp % dr total penduduk?

Apakah ada data pivot utk melihat titik konsentrasi populasi org goblog?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di