CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rencana Polisi Tak Lagi Tilang, Pengamat: Cara Lama Sudah Saatnya Ditinggalkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60090268349d0f65707ba262/rencana-polisi-tak-lagi-tilang-pengamat-cara-lama-sudah-saatnya-ditinggalkan

Rencana Polisi Tak Lagi Tilang, Pengamat: Cara Lama Sudah Saatnya Ditinggalkan

Rencana Polisi Tak Lagi Tilang, Pengamat: Cara Lama Sudah Saatnya Ditinggalkan

Jakarta - Calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo memaparkan wacana soal penindakan hukum lalu lintas. Di bawah kepemimpinannya, penindakan pelanggaran lalu lintas secara konvensional atau tilang di tempat tidak akan ada lagi.

Sebagai gantinya, segala pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan akan direkam oleh tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

"Khusus di bidang lalu lintas penindakan pelanggaran lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut dengan E-TLE," ujar Komjen Sigit dalam fit and proper test di DPR yang disiarkan langsung, Rabu (20/1/2021).

Tentunya wacana ini akan memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan. Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno berpendapat hal ini menjadi langkah yang baik.

"Ide yang bagus itu, tapi harus segera dilengkapi kamera pemantau," buka Djoko saat dihubungi detikoto, Rabu (21/1/2021).

Ia melanjutkan cara tilang di jalan memang sudah saatnya ditinggalkan. Selain lebih efektif, ia melihat ini juga baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi.

"Cara penilangan manual sudah saatnya ditinggalkan, cara penilangan elektronik mulai dikembangkan dan ditingkatkan. Tilang elektronik akan meningkatkan citra kepolisian di masyarakat," tambahnya.

Hal ini memang seirama dengan alasan Komjen Sigit soal alasan ia akan menghilangkan tilang di jalan. Dia menyebut, hal itu berguna untuk menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota Polri melaksanakan proses penilangan.

"Ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota-anggota kita di lalu lintas," ujar Komjen Sigit.

Walaupun tak ada lagi tilang di jalan. Di lapangan tentu tetap harus ada yang mengawasi. Tentunya itu dilakukan untuk menghindari pelanggaran lalu lintas yang berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Masih perlu juga (pengawasan) dalam hal tertentu. Upaya mengurangi angka kecelakaan harus dilakukan secara masif juga," tutupnya.

Rencana Polisi Tak Lagi Lakukan Tilang, Pengamat: Cara Lama Sudah Saatnya Ditinggalkan

The best emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ChannaBahagia11
Halaman 1 dari 6
Sekarang tinggal dikirim surat cinta...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dunia semakin canggih
profile-picture
nanaalmond memberi reputasi
Mungkin polri ditingkatan atas sudah mulai berbenah tapi di tingkatan bawah didaerah2 masih banyak preman2 berseragamnya, sama kaya PNS lah di kota2 besar sudah mulai perbaikan tapi di daerah jauh dari kata melayani emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Di awal2 pelaksanaan kayaknya bakal banyak yg kena tilang elektronik.

Pendidikan mengenai aturan lalu lintas dan berperilaku di jalan raya sepertinya perlu dimasukan ke kurikulum pendidikan. Hasil ujiannya bisa menjadi salah satu syarat daftar pembuatan SIM.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
tilang elektronik hanya ada di kota2 besar

padahal 95 persen wilayah indonesia bukan kota2 besar tadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
waduh, lampu depan ane pakai sakla. tahu tahu kena banyak dong pas bayar pajak 😢
profile-picture
profile-picture
iskrim dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
saling melengkapi aja ya CCTV ya petugas harus ada yang jaga.
setidaknya klo ngeliat petugas orang keder untuk buat pelanggaran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pengalaman sendiri:
macet banget di par**g, trus lawan arus, dicegat pak polisi dikasih surat tilang sama sms notifikasi ETilang 750k
kaget gw. gede amat...trus nanya nanya temen yg punya kenalan di polda, katanya suruh abaikan saja sms Etilangnya, , trus ambil sendiri stnk ke polres.
cuma bayar 100k.....nggak pake sidang ( ambil sehari sesudah jadwal sidang)
tp juga gak dikasih kuitansi.........

nanti gini gak bakal bisa lagi?
nggak ada ceperan lagi dong pak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masgembus
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
kayanya kurang efektif deh karena masi banyak plat nomor palsu yg berkeliaran
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan botol.mijon memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
orang sini kan biasa beli kendaraan bekas sampe bertaun2 gak dibalik nama.
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
metode lama peninggalan jaman purba masi dipake,,,

jadi celah buat nambah jajan oknum aparat,

tapi masih aja dipake,,,

katak dalam tempurung,, negara lain ud maju sampe kemana2, disini masih sibuk nanganin korupsi,,,
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
hei.. ntar buat target setoran ke atasan cari dari mane?? emoticon-Thinking emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
senjahari311 memberi reputasi
Yg mobilnya dipake rental ngeri2 sedap nih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Agar supaya tidak ada yg ngajakin damai pas ditilang? Bagus juga emoticon-Ngakak
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nanti polisi lebih digalakkan untuk menjaga cctvnya

Wkwkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi inget mau dolan2 ke pantai eh selama perjalanan 3x kena razia emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Proyek lagee neh emoticon-Wowcantik
Di perbaiki dulu sistem kepemilikan kendaraan nya.
Kendaraan pindah tangan wajib di rubah nama di bpkb, jadi bukan sukarela lagi. Dan bila yg jual kendaraan gak cabut kepemilikan, wajib membayarin kalo ada tindakan pelanggaran di lakukan oleh kendaraan yg terdaftar atas dirinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kalo tilang elekrtonik kan nge-jepret plat nomor pengendara tuh..

misalnya ada yang design tempat plat nomor yang bisa di tutup buka gimana? pada saat polisi ga ada plat nomor nya di tutup(otomatis kamera pengintai tidak bisa tau plat nomor si pengendara) begitu ketemu pak pol plat nomor nya di buka,begitu lewati pak pol plat nomornya di tutup lagi..

profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Selama masih banyak perajin plat nomor beredaran... Gw pesimis deh hoho
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di