CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sejumlah Santri di Jember Bertumbangan Usai Divaksin Sinovac
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6008f6217e3a7252585673ec/sejumlah-santri-di-jember-bertumbangan-usai-divaksin-sinovac

Sejumlah Santri di Jember Bertumbangan Usai Divaksin Sinovac

Sejumlah Santri di Jember Bertumbangan Usai Divaksin Sinovac

MerahPutih.com - Akun Facebook Rahmat Lubis mengunggah ulang sebuah status dengan klaim narasi bahwa vaksin COVID-19 Sinovac memakan korban santri di Jember, Jawa Timur dari pengguna Facebook Misman.

Postingan yang diunggah pada 13 Januari 2021 ini telah mendapatkan sebanyak 4 komentar dan telah dibagikan sebanyak 1 kali oleh pengguna Facebook lain.

NARASI:

“Vaksin sinovac memakan korban lagi kali ini santri dari jember…. pekerjaan paling aneh org sehat kok disuntik macam gk ad kerjaan lain”

FAKTA:

Setelah ditelusuri, peristiwa dalam video tersebut terjadi jauh sebelum munculnya COVID-19. Video tersebut ditemukan di kanal Youtube Jember 1Tv pada 28 Febuari 2018, dengan judul “Puluhan Santri Pingsan Usai Imunisasi Difteri”.

Dalam keterangannya, disebutkan bahwa puluhan santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Kecamatan Jenggawah itu pingsan karena dehidrasi usai disuntik vaksin difteri.

Dilansir dari akun Instagram Pondok Pesantren Madinatul Ulum @madinatululum_, pihak ponpes membagikan surat edaran YPP terkait video vaksinasi difteri 3 tahun lalu yang disebar ulang dan dikaitkan dengan vaksinasi COVID-19.

Berikut keterangan Surat Edaran YPP:

“Assalamualaikum Wr. Wb. Salam silaturahim kami sampaikan, semoga kesehatan dan kebaikan menaungi kita semua. Menanggapi tersebarnya kembali video vaksinasi di YPP. Madinatul Ulum, maka kami merasa perlu meluruskan beberapa hal:

1. Vakasinasi pada video tersebut merupakan vaksinasi difteri yang dilakukan oleh Puskesmas Jenggawah tiga tahun lalu pada tanggal 28 Februari 2018.

2. Tidak benar jika video tersebut dihubungkan dengan vaksinasi COVID-19 yang marak akhir-akhir ini.

3. Alhamdulillah, kondisi terkini seluruh santri YPP. Madinatul Ulum dalam keadaan sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa

4. Seluruh kegiatan dan aktivitas yang berlangsung di lingkungan YPP. Madinatul Ulum dilakukan dengan mengikuti protokol COVID-19. 5. Oleh karena itu, dimohon untuk tidak memancing ketakutan dan kegaduhan dengan kembali menyebarluaskan video tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami haturkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb”.

Sebagai tambahan, pemberitaan terkait video tersebut terdapat dalam artikel Liputan6.com berjudull “73 Santri Jember Mual Massal Pasca-Imunisasi Difteri” terbit pada 1 Maret 2018.

Puluhan santri Pondok Pesantren Madinatul Ulum, Jember, dirawat di Puskesmas Jenggawah. Sebagian besar santri juga dirawat secara intensif di pesantren karena mengalami mual, pusing, dan lemas pada 27 Februari 2018 malam.

Dengan demikian, klaim vaksin Sinovac memakan korban santri di Jember dengan video yang dibagikan adalah tidak benar karena video tersebut merupakan video vaksinasi difteri 3 tahun lalu.

KESIMPULAN:

Klaim tersebut masuk dalam ketegori konten yang menyesatkan.


Sumber: Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ngeri sih kalo bikin hoax soal vaksin gini. Bentar lagi bakalan dikarungin kayaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dulu waktu SD inget di kumpulin di suntuk vaksin padahal ga ada penyakit, mungkin anak ini baru hidup jadi tidak mengalami namanya imunisasi......



Kenapa harus santri????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin santri aliran kadrun, makanya vaksin made in cinax auto kejet2. Ditunggu aja vaksin made in kencing onta tapi nanti masih tahap rencana percobaan awalnya taon 2121. Estimasi bole diinject ke manusia tahun 2921.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Newbie220502 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Akun nya sudah hilang emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yg bikin narasi ama yg nyebarin dengan judul vaksin ntuu pasti tiba2 jago maen sulap

tring, akun ngilang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
“Vaksin sinovac memakan korban lagi kali ini santri dari jember…. pekerjaan paling aneh org sehat kok disuntik macam gk ad kerjaan lain”

wkwkkw,, ini komen dari orang yg kabur waktu imunasisi di SD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ini termasuk buzzerRP atau laknatullah kadrunRP. drun ? emoticon-Blue Guy Bata (L)

profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kadrun klo gk hoax badan gatel2, gk enak tidur, nafsu makan ilang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
emang bazingan ini kaum peminum kencing onta
sebar hoax terus
profile-picture
WibHLT memberi reputasi
siap2 aja tuh orang masuk bui. klo d biarkan bisa menggangu program vaksinasi pemerintah
One day one hoax
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Dih mau bikin hoax yang pinter dikit napa kan pemerintah udah jelas gelimbang pertama itu tenaga kesehatan
Bukan anak pesantren
Dongo kok diabisin sendiri bagi bagi sama yang lain
Emosi menguras bak mandi kalo kaya gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Bakal ada yg kena cyduc lagi dong?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
NO HOAX NO FOOD



orang gila dah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Sejumlah Santri di Jember Bertumbangan Usai Divaksin Sinovac

Pake ini mestinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 6 lainnya memberi reputasi
Sodara gw simpatisan parte tu, nyebarin ni
Usaha mengenyahkan Covid akan lebih mudah kalau kadrun dienyahkan dulu....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 2 lainnya memberi reputasi
nasbung bumi datar disuntik paksa saja.

kaki tangannya diikat, mulut dilakban, terus bokongnya dicusss pake jarum suntik tajam berisi vaksin.

Diubah oleh kampret.strez
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ga hoax ga makan
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
PROSAV dan extreme78 memberi reputasi
Siap2 dibui tuh
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di