CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6007f28da2d19521803d0f6a/amankah-mobil-listrik-untuk-wilayah-rawan-banjir-seperti-ibukota

Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?

Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?


Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?


Mobil listrik merupakan suatu inovasi transportasi yang di gadang-gadang akan menjadi pengganti dari mobil berbahan bakar bensin dan solar, apalagi mengingat menipisnya ketersediaan minyak bumi dan melambungnya harga minyak di pasar dunia.

Selain itu mobil listrik merupakan mobil yang ramah lingkungan dengan tidak menghasilkan emisi asap yang akan menambah polusi udara. Keberadaan mobil listrik ini terutama di ibukota atau kota besar tentu akan sangat berdampak pada pengurangan polusi yang selama ini merajai udara ibukota.

Namun selain sebagai salah satu pemilik polusi udara tertinggi, ibukota juga wilayah yang sangat rutin dengan kunjungan banjir, sementara listrik dan air adalah dua variabel yang sangat tidak dianjurkan untuk bergesekan, lalu apakah pemakaian mobil listrik saat banjir tidak akan menyebabkan konsleting atau tersengat listrik?

Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?

Dalam sebuah mobil listrik memiliki baterai dengan kapasitas tegangan lebih dari 400volt bahkan sampai 800 volt, dengan kapasitas listrik sebesar itu tentu menjadi kekhawatiran tentang aman tidaknya pemakaian mobil listrik terutama untuk wilayah yang memiliki curah hujan tinggi dengan banyak potensi banjir seperti Indonesia.

Namun ternyata tidak perlu terlalu khawatir gan karena para produsen mobil listrikpun telah mengantisipas hal tersebut. Selain membuat sistem mesin listrik dan baterai yang kedap air dan udara, komponen listrik pada mobil terutama pada bagian dengan tegangan tinggi mempunyai peringkat IP66.

Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?


IP (International Protection) merupakan suatu standar dalam menentukan perlindungan komponen listrik. Peringkat IP66- angka pertama (6) menunjukan perlindungan pada komponen kering dan angka kedua mengacu pada air. Entri "6" kedua menunjukan bahwa mobil "terlindung dari semburan air yang kuat".
Sebagai perbandingan kapal selam mempunyai patokan entri 8, merupakan yang tertinggi.

Dengan standar IP66 komponen kelistrikan pada mobil akan terlindungi dengan baik, sehingga aman dan sangat kecil kemungkinan untuk membahayakan penumpang dan sekitarnya. Jadi saat mobil tergenang atau terkena air tidak akan terjadi konslet atau nyetrum.

Amankah Mobil Listrik Untuk Wilayah Rawan Banjir Seperti Ibukota?

Namun seaman apapun tidak ada salahnya kita mengantisipasi dari kemungkinan terburuk. Seandainya banjir atau ada genangan air tinggi sebaiknya mobil listrik atau bahkan mobil konvensionalpun sebaiknya memilih jalan lain yang lebih aman atau menunggu surut.
Sayang juga kalau mobil mahal harus memaksakan masuk ke dalam banjir. Menurut ane tantangan dan resiko yang sangat tidak sebanding.

Sumber :
Opini pribadi
grido
Tesla
mobil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Eto243
Halaman 1 dari 5
ohh aman berarti yaa.. tp walopun aman juga sayang lah ama mobilnya.. masa beli mahal mahal cuma buat direndem di air banjir wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
ngeri juga ya kalo bisa nyetrum
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Eto243 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu sempet mikir 'Mobil listrik aman ga ya kalau dikendarai saat banjir?', ternyata aman" aja walaupun tetap harus hati-hati...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nice thread gann, ditunggu thread/informasi² lainnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
duh iya juga ye gan. ane kagak mikir kesana juga kalo mobil listrik kebanjiran kek di jakarte ye kan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 3 lainnya memberi reputasi
Gan selain mobil listrik ada info tentang motor listrik gak?...buat temenn yg lain mau tahu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Eto243 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yaa pasti insinyur yang ngerancang mobil udah kepikiran sih, walaupun pasti ada batas toleransi banjir setinggi apa yang aman diterjang emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dewa2424 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ini yang perlu diedukasikan ke masyarakat jika ingin mobil listrik besar di Indonesia juga gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Eto243 memberi reputasi
banjir, tesla lewat, ikan2 pada ngambang kesetrum emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mau mobil konvensional mau mobil listrik itu dirancang buat jalan diaspal dengan kompensasi hujan dan genangan, bukan banjir.
kalau banjir mobil amphibi noh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telah.ditipu dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane ga mau uji nyali ah.. emoticon-Takut
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kakek @kakekane.cell nih coba mobil listrii di pegunungan Dieng..



Jadiin HT gak nih? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dewa2424 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
genangan air di wilayah 62 mah ga bisa di tebak juga al hasil di taksir airnya dangkal ternyata dalam jalanya berlubang (legokan) macet deh jadinya kalo bisa w mau nungguin mobil listrik bisa terbang melewati genangan air
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh mr.yasir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


nanti kalau ada rezeki mas...emoticon-Peace






HT DONE...!!!! emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Not recomended sepertinya, mobil manual aja bisa mogok ya

Spoiler for teknologi gelombang otak:


Jangan Lupa untuk di rumah saja ya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
ramsicoeg dan telah.ditipu memberi reputasi
Ngeri juga ya gan takut korslet kena banjir atau listriknya dicolong orang emoticon-Hammer2 emoticon-Ngacir2
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Klu mnurut ane, biarpun aman. Lebih baik dihindari jgn smpai kena banjir
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
agak susah juga ya kalau mobil listrik harus direndem sama air banjir, tapi protokol keamanan nya ternyata diangka 6 dari 8 ya, keren juga ya, hehe
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Mobil listrik ane biasa aja, di cuci steam aman aja gan
profile-picture
Eto243 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau lewat genangan ane rasa sih gak masalah, masalahnya kalau kelelep banjir, apalagi daerah Indonesia sering kan kebanjiran, apa masih aman ya
emoticon-Bingung
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di