CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Demi Kurangi Sampah Masker Di Tengah Pandemi, Insinyur Ciptakan Masker Mudah Terurai!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60067aabe83c72214842f6f6/demi-kurangi-sampah-masker-di-tengah-pandemi-insinyur-ciptakan-masker-mudah-terurai

Demi Kurangi Sampah Masker Di Tengah Pandemi, Insinyur Ciptakan Masker Mudah Terurai!

Demi Kurangi Sampah Masker Di Tengah Pandemi, Insinyur Ciptakan Masker Mudah Terurai!

Selama satu tahun kebelakang kita memiliki gaya hidup baru, GanSis. Gaya hidup lebih bersih dan lebih menjaga diri karena adanya pandemi Covid-19. Banyak hal yang berubah sejak adanya virus corona, salah satunya adalah kewajiban menggunakan masker.

Yap! Sudah hampi satu tahun ini kita diwajibkan untuk selalu mengenakan masker kemanapun kita pergi. Dari sekian banyak masker yang ada, masker medis menjadi salah satu masker yang direkomendasikan karena efektivitasnya lebih baik daripada masker kain.

Meskipun terbilang efektif, tapi ada batas waktu ideal dalam penggunaan masker loh, sehingga kamu harus rajin-rajin mengganti maskermu. Hal ini tentunya menciptakan tumpukan sampah baru, yaitu sampah masker. Tentunya hal ini merupakan sebuah masalah baru. Hal ini terbukti dari ditemukannya 62.000 ton atau 1,5 miliar masker yang mencemari lautan, tahun lalu.

Demi menyelesaikan permasalahan sampah masker yang kian menumpuk, seorang insinyur mekanik asal Vietnam bernama Thanh Nguyen bersama tiga siswa Ph.D., pun menciptakan masker yang bisa terurai dengan cepat. Meskipun dapat terurai dengan cepat, tapi kualitas maskernya ga perlu diragukan lagi loh. Bahkan kemampuan proteksi dan filtrasi masker buatan Thanh Nguyen tersebut dikatakan setara dengan masker medis dan juga masker N95.

Kemampuan terurai yang cepat ini dikarenakan masker buatan insinyur ini tidak menggunakan polypropylene, material pada masker medis yang terurai sangat lama. Sang insinyur pun menggunakan Piezoelectricity sebagai penggantinya. Piezoelectricity sendiri merupakan material yang dapat menghasilkan medan listrik internal ketika terkena tarikan atau tekanan mekanis, hal inilah yang membuat masker ini cepat terurai.

Yap! Nantinya secara bertahap masker buatan insinyur Thanh Nguyen ini akan terurai dengan sendirinya, tentunya dalam waktu yang terbilang cukup cepat ya, berbeda dengan masker medis atau masker N95 pada umumnya. Nah, sifat masker yang dapat terurai dengan cepat ini bisa juga disebut dengan sifat biodegradable. Pokoknya ramah lingkungan deh, jadi kita ga perlu khawatir lagi dengan penumpukan sampah masker.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
no pic = hoax
no pic = berita masih meragukan
no pic = ini barang bakal diproduksi masal atau masih trial?
profile-picture
wauwaw memberi reputasi
Idenya bagus... Orang rata rata pakek masker yang disposable.. limbahnya bakalan merepotkan.
profile-picture
profile-picture
pein666 dan dhikapradana memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
nunggu dikomersilkan secara massal aja.. kalo blm mah sama aja omong kosong..
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Inovatif
Mantap nih... masker mudah terurai
Nah limbah masker nih yang lagi banyak2nya. Perlu sih inovasi gini, ditunggu eksekusinya
profile-picture
pein666 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
penemuan penting sih ini.. apalagi pemakaian masker kayaknya masih vital untuk beberapa tahun ke depan emoticon-Sorry
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
keren idenya.. gak pandemi aja sampah masker dah banyak, apalagi pas pandemi gini
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Masker organik?
Inovasi di situasi yg tepat sih klo ini, tau sendirilah sampah masker ada dimana2. Masker medis gitukan emang anjurannya sekali pake, setelah itu yg pasti dibuang sih trus ganti make yg baru. Makanya selama pandemi susah memang untuk menghindari masker medis
siaaap, kalau harganya sama2 terjangkau, yakin deh bisa menyingkirkan yang biasa, kalau sama2 oke ya kualitasnya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap nih..
beh kalo pun ini masih ide, mantap djiwa banget gan.
Piezoelectric?????? Dari kuarsa??????
Pakai masker kain aja. Bisa cuci-pakai berxx.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeez dan 2 lainnya memberi reputasi
pakai masker kayak ini >>
profile-picture
kyukyunana memberi reputasi
Demi Kurangi Sampah Masker Di Tengah Pandemi, Insinyur Ciptakan Masker Mudah Terurai!

masker mudah terurai emoticon-Mewek
Yuk kurangi sampah demi bumi kita
Keren dan gratis baru mantapemoticon-Kagets
yaaa mudah mudahan aja affordable
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di