CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Cemburu: Hal Penting Dalam Rumah Tangga Yang Bisa Berefek Positif Juga Negatif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600575dc337f93751079e93e/cemburu-hal-penting-dalam-rumah-tangga-yang-bisa-berefek-positif-juga-negatif

Cemburu: Hal Penting Dalam Rumah Tangga Yang Bisa Berefek Positif Juga Negatif

Pentingnya Cemburu dalam Rumah Tangga

Cemburu: Hal Penting Dalam Rumah Tangga Yang Bisa Berefek Positif Juga Negatif
Ilustrasi cemburu: Pixellab


Rumah tangga adalah tentang penyatuan dua inidividu yang memiliki pemikiran dan latar belakang yang berbeda. Setelah menikah semua perbedaan itu harus dilebur melalui adaptasi yang bermuara pada kedamaian dan kasih sayang. Banyak sekali problematika yang terjadi dalam memanaje rumah tangga. 


Salah satunya  Adanya rasa cemburu. Cemburu lahir dari rasa takut akan kehilangan orang yang dicintai. Namun, jangan heran. Justru akan terasa aneh jika pasangan tidak saling cemburu. Justru rasa abai terhadap pasangan ini yang melahirkan rasa dingin dalam hubungan suami istri

Dalam islam, cemburu dipandang sebagai sesuatu yang penting. Sebuah riwayat dari ‘Amar bin Yasir menegaskan pentingnya keberadaan rasa cemburu dari seorang istri. Bahkan, mereka yang tidak memiliki rasa cemburu sama sekali terhadap apa pun yang berlaku atas suaminya diancam tak akan masuk surga.


Cemburu berlebihan?


Dalam buku Tuhfah al-Arusain karya Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri dijelaskan, cemburu merupakan salah satu sifat alamiah dari seorang perempuan (istri). Oleh karena itu, lelaki atau suami pun mesti memahami pasangannya kala dilanda cemburu.


Bagaimanapun, cemburu yang berlebihan pun termasuk perbuatan tercela. Bagaimana mengukur cemburu yang sewajarnya dan eksesif, dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan dari Jabir bin 'Atik al-Anshari secara marfu' sebagai berikut.


Profesor Muhamad Surya dalam bukunya "Bina Keluarga" menjelaskan jika cemburu adalah salah satu unsur psikologis dan gejala emosional dalam seluruh perilaku individu yang timbul secara alami dan naluri. 

Apa saja reaksi dari cemburu yang berlebihan, yuk kita ulas di thread kali ini:


Reaksi Negatif destruktif


Mempertahankan diri


Perasaan seperti ini muncul karena merasa dirinya yang bersalah atas kehilangan rasa cinta yang diberikan pasangan. Dia merasa bahwa dirinya tidak mampu memberikan yang terbaik dalam mempertahankan cinta kepada pasangan. Bentuk reaksinya yaitu: menekan perasaan agar tak terlihat cemburu, diam tak berdaya, mengisolasi diri dan krisis percaya diri akut.


Perlakuan agresif


Perilaku yang diperlihatkan oleh orang yang sedang cemburu diantaranya: membenci, menyerang, memusuhi, merusak dan melawan kepada orang yang dianggap mengambil alih orang yang dikasihi. 


Reaksi positif konstruktif


Reaksi ini bermakna membangun kehidupan dan berusaha bangkit dari keterpurukannya. Contohnya: memahami kekurangan atau kesalahan sendiri, saling memaafkan, membuat langkah perbaikan. 

Perasaan cemburu adalah hal yang lumrah dalam setiap hubungan rumah tangga. Namun seberapa mampu kita memanaje rasa cemburu ini sehingga tidak menimbulkan reaksi yang negatif. 


Dalam hal ini faktor kepribadian seseorang sangat berpengaruh dengan cara penanganan cemburu yang berkelanjutan ini. Salah satunya kepercayaan diri, kualitas emosional, keterbukaan dan faktor lingkungan keluarga tempat dia dibesarkan. Pendidikan agama dan Budi pekerti pun sangat besar pengaruhnya dalam psikologi seseorang sehingga dia bisa memanaje rasa cemburu yang berlebihan. 


So, bagaimana sista? Cemburu itu penting tapi jangan berkembang menjadi perilaku yang merugikan ya. 


Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread yang lainnya. 

Opini pribadi
Referensi; Buku Bina Keluarga: Prof. Muhamad Surya









 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Pejwan
profile-picture
profile-picture
detyry dan trifatoyah memberi reputasi
Mari mampir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Renjez dan 2 lainnya memberi reputasi
Cemburu antara positif dan negatif
profile-picture
profile-picture
detyry dan trifatoyah memberi reputasi
Sekali-sekali cemburu itu perlu, ya ....

Sekali-sekali je, sebagai bumbu. 😊😊😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cemburu itu tandanya cinta
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan detyry memberi reputasi
Aku dulu awal-awal nikah penyemburu berat, tapi setelah beberapa tahun berumah tangga B aja tuh. 🤣 Karena sudah yakin dan percaya sama pasangan ya Sist.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Quote:
iya bunda

Quote:
yes betul banget

Quote:

Nah wajar sih bun
Pokoknya asal ga berlebihan aja deh. Karena yg berlebihan pasti gabaik akhirnyaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cemburu boleh asal ga berlebihan.. Malah jadi bumbu2 di rumah tangga hehe
Cemburu berlebihan tuh yg ga enak, apa2 diawasi, ditanya, cenderung punya sifat posesive akhirnya, ga suka punya pasangan tipe ginian...akhiri saja, drpd lanjut,makan hati..
ihhh yg parah2 tuh yg suka ngechat cewek2 dr kerjaannya ditanya ini ituu apalg kl profesinya gojek segala macemm busetdahhh woiii kaga segitunya jg cemburu
Asal gak berlebihan .....dan terukur saja. kalu cemburu buta ya...sama saja mencari masalah.
ya pokoknya yang berlebihan itu gak baik sih, jadi kalo cemburu ya sewajarnya aja..
doi malah suka kalo gua cemburu
yap.. cemburu itu penting dalam suatu hubungan, tapi jangan berlebihan 😉
kalo udah berlebihan bakalan jadi destruktif bener banget tuh.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di