CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gak Sampe Setahun Hidup! Inilah Kisah Penerima Jantung Buatan Pertama Didunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600543bf5cf6c4111436e1a2/gak-sampe-setahun-hidup-inilah-kisah-penerima-jantung-buatan-pertama-didunia

Gak Sampe Setahun Hidup! Inilah Kisah Penerima Jantung Buatan Pertama Didunia

Gak Sampe Setahun Hidup! Inilah Kisah Penerima Jantung Buatan Pertama Didunia
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semuanya kali ini kita bakal bahas mengenai dunia pembedahan. Hal kita akan bahas adalah jantung buatan, yap sudah ada beberapa penerima jantung buatan ini dan apakan teknologi ini dapat menjadi jalan keluar untuk memperlambat kematian seseorang?

Jantung  Barney Clark terbuat dari plastik.Pensiunan dokter gigi berusia 61 tahun itu menderita penyakit kardiomiopati stadium lanjut, otot jantung yang melemah secara progresif, ketika ia menjadi penerima pertama jantung buatan permanen pada 2 Desember, pada tahun 1982.

Gak Sampe Setahun Hidup! Inilah Kisah Penerima Jantung Buatan Pertama Didunia

Transplantasi jantung sudah dilakukan untuk memperpanjang hidup, tetapi dengan cara yang terbatas dan terakhir. Ahli bedah menyelesaikan transplantasi manusia-ke-manusia pertama di Afrika Selatan pada tahun 1967, ketika seorang pria dengan kerusakan jantung parah menerima jantung seorang wanita berusia 25 tahun yang meninggal dalam kecelakaan mobil. Dia bertahan 18 hari. Pada tahun 1977, setelah obat imunosupresan baru secara dramatis meningkatkan kemungkinan bertahan hidup, penerima pertama transplantasi jantung di Pusat Medis Universitas Columbia salah satu dari tiga institusi di negara yang melakukan operasi pada saat itu bertahan hidup selama 14 bulan.

Tetapi Clark berusia 11 tahun terlalu tua untuk menjadi calon transplantasi jantung, sesuai dengan kriteria yang telah disetujui oleh ahli bedah AS. Satu-satunya kesempatannya untuk bertahan hidup adalah jantung bertenaga pneumatik. Jarvik 7, demikian sebutanjantung  buatan ini, terdiri dari dua pompa plastik yang digerakkan oleh udara terkompresi, yang mengharuskan pasien untuk selalu dihubungkan ke konsol penggulung seukuran dan berat lemari es. Jantung buatan dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan kecepatan 40 hingga 120 denyut per menit, tetapi menggantikan detak jantung yang ditandakan dengan bunyi klik lembut yang diikuti dengan desis.

Clarkmemenuhi syarat untuk operasi dengan memiliki kondisi jantung yang fatal, tanpa alternatif pengobatan lain, serta kemauan yang kuat untuk hidup. Pada saat operasi, dia sudah hampir mati jantungnya memompa satu liter darah per menit, atau seperlima dari kecepatan normal.

Operasi itu dianggap sukses, karena Clark terus hidup 112 hari lagi. Seorang ahli bedah memberi tahu bahwa warnanya telah berubah dari biru menjadi merah muda, setelah lebih banyak oksigen masuk ke darahnya. Namun, ada halangan Seminggu setelah operasi, dia menderita serangkaian kejang yang dituduhkan dokter karena ketidakseimbangan cairan dan garam. Setelah kejang, dia sering mengalami disorientasi.

Dia tidak pernah meninggalkan rumah sakit setelah transplantasi, dan akhirnya meninggal karena gangguan sirkulasi dan kegagalan sistem multi-organ sekunder yang dipicu oleh infeksi yang kemungkinan besar disebabkan oleh transfusi darah.

Gak Sampe Setahun Hidup! Inilah Kisah Penerima Jantung Buatan Pertama Didunia

Penerima selanjutnya bernasib lebih baik dengan Jarvik 7. William Schroeder menjalani rekor 620 hari dengan satu , meskipun kualitas hidupnya buruk setelah dia menderita stroke serius dalam tiga minggu pertama. Penerima lainnya, Leif Stenberg, membuat kemajuan luar biasa dengan jantung barunya, dan hidup 229 hari sebelum menderita stroke yang fatal.

Nah, itulah beberapa penerima teknologi jantung buatan dan hal dia alami selama memakai jantung buatan itu. Gimana menurut agan semua apakah teknologi yang satu ini dapat berguna bagi umat manusia dimasa depan? Sekian thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 

Kek pilm crank
emoticon-Shakehand2
hmmm...
jantung buatan, kira2 sekarang udah sempurna belum.
bukan tidak mungkin kedepanya lebih baik dari jantung asli manusia
emoticon-2 Jempol
bagaimana dengan jantung buatan sekarang emoticon-Bingung (S):
jadi keinget sama salah 1 film yg itu emoticon-Matabelo
semga saja bisa lebih baik lagi dengan seiring perkembangan teknologiemoticon-Cool


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di