CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60050f25f4ae2f0fb9396171/tenaga-kesehatan-di-solo-ngeluh-efek-samping-vaksin-sinovac

Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac

Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, menerima laporan adanya dua orang tenaga kesehatandi Solo yang merasakan efek samping usai disuntik vaksinasi Sinovac. Namun demikian, efek samping tersebut hanya bersifat ringan tidak sampai berat.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, membenarkan adanya laporan tersebut. Dari tiga daerah yang mendapatkan giliran pertama vaksin Sinovac, yakni Kota Solo, Kota Semarang, dan Kabupaten Semarang pada Kamis (14/1), hanya nakes di Solo yang ada laporan efek samping.

"Laporan kami ada dua nakes di Solo merasakan efek samping ringan. Itu wajar tidak bermasalah dari segi kesehatan," ujar Yulianto, Minggu (17/1).

Dikatakannya, gejala ringan tersebut berupa pegal pada bagian lengan dan pusing setelah disuntik vaksin COVID-19 pada Kamis kemarin. Gejala tersebut disebut dikategorikan sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kedua nakes tersebut mengeluh pegal dan pusing saat masa tunggu 30 menit pasca disuntik vaksin Sinovac," kata dia.

Nakes yang mengalami pusing, lanjut dia, setelah disuntik vaksin ternyata mempunyai riwayat penyakit vertigo. Gejala ringan tersebut bersifat subjektif dan individual.

"Kami pastikan jika kedua nakes tersebut saat ini sudah kembali normal kondisinya," kata dia.

Ia mengatakan vaksinasi di tiga daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah saat ini masih berlangsung. Vaksinasi dilakukan secara bertahap sampai Februari karena banyaknya nakes yang mendapatkan vaksin.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu khawatir disuntik vaksin Sinovac. Gejala ringan seperti pegal dan pusing usai disuntik adalah gejala umum," kata dia.

Ketua Tim KIPI Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo, Agus Joko Susanto mengatakan, tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Solo menjadikan RSUD dr Moewardi sebagai tempat perawatan jika ada nakes merasakan efek samping berat usai disuntik vaksin Sinovac. Pihaknya menunjuk RSUD dr Moewardi karena fasilitas kesehatannya sangat lengkap.

"Jika sampai ada reaksi berat usai disuntik Vaksin Sinovac langsung ke RSUD dr Moewardi. Sejauh ini belum ada nakes rasakan efek samping berat," tutup Agus.


Sumber: Link
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Reaksi wajar sih itu menurut ane. Pegal pusing dan demam asal gak terlalu parah masih bisa ditolerir lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Vaksin DPT habis disuntik, esoknya langsung panas,
itu kenapa program vaksin dpt disertai obat penurun panas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
3 inci?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
berpikir jernih gan.
tanggulangi covid dg vaksin yg ada dan taati prokes
jangan cari gara2 dg covid gan

mampir ke trit ane gan

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan 7 lainnya memberi reputasi
awalnya doang pusing pegel nanti mulai memanjang untuk yg cwk emoticon-Wowcantik emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonbayu dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Hanya 2 nakes yang mengeluhkan efek samping
itu pun ringan

wartawan bikin judulnya:
"Tenaga Kesehatan di Solo Ngeluh Efek Samping Vaksin Sinovac"


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Kaya bayi aja mewek abis imunisasi, jangan lupa minum tempr*
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan bontakkun memberi reputasi
Rasanya hampir semua vaksin ada efek samping... Dulu kan ada di pelajaran biologi kalo gak salah...
profile-picture
anjoro memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
emoticon-DP

Kami terbiasa pegal dan pusing setelah minum arak obat cap orang tua biasa aja
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
judulnya kilik bait
Judulnya agak gimana gitu, berita terindikasi ..... Yagitu deh emoticon-Ngakak
Judul berita model ginian yang jadi bahan hoax kadrun goblok

Ah, elah

Ngoahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
meoomiuu memberi reputasi
Judul berita bombastis banget...wartawannya sengaja cari gara gara?

padahal :
Nakes yang mengalami pusing, lanjut dia, setelah disuntik vaksin ternyata mempunyai riwayat penyakit vertigo. Gejala ringan tersebut bersifat subjektif dan individual.

..........
Paok, Kalo koit seperti vaksin pfizer baru deh dijadikan berita. emoticon-Ngakak
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Segera suntik kedua kali mereka emoticon-Belgia
wajar2 aja efek samping, org beda2...


masalah berikutnya yaitu kemanjurannya
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Orang pegal dan pusing jadi berita ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
gw pernah d daerah thn 2000an. trus gw sakit . pas pergi ke dokter gw d minta lepas celana buat d suntik .....

anjing pikir gw , jaman dah canggih masih suntik d bokong. emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

pas d suntik asli pegel banget , jalan kudu pelan . emang orang klo d suntik efeknya pegel
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalau gejala itu sih dianggap ringan, karena ada penyakit bawaan
kalau gejala itu sih nggak perlu dibesar-besarkan
kalau gejala itu sih masih wajar sih
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di