CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kecewa Gugatannya Ditolak, Rizal Ramli: MK Lebih Mendengar Suara Kekuasaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600440fb8d9b1771ef240098/kecewa-gugatannya-ditolak-rizal-ramli-mk-lebih-mendengar-suara-kekuasaan

Kecewa Gugatannya Ditolak, Rizal Ramli: MK Lebih Mendengar Suara Kekuasaan

Kecewa Gugatannya Ditolak, Rizal Ramli: MK Lebih Mendengar Suara KekuasaanTEMPO.CO, Jakarta - Rizal Ramli mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatannya soal ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

“Kami sangat kecewa dengan putusan MK yang tidak memiliki argumen hukum yang kuat. MK lebih mendengarkan suara kekuasaan,” kata Rizal lewat keterangan tertulis, Ahad, 17 Januari 2020.

Rizal mengatakan sistem ambang batas presiden 20 persen merupakan legalisasi dari sistem politik uang dan kriminal yang merusak kehidupan bernegara dan merugikan kepentingan sosial ekonomi masyarakat.

Di seluruh dunia, kata dia, ada 48 negara yang menggunakan sistem pemilihan dua tahap seperti di Indonesia, tetapi tidak ada pembatasan semacam presidential threshold. Dia mengatakan di Ukraina yang bahkan memiliki 39 calon presiden, dengan 18 orang dicalonkan parpol yang berbeda dan 21 orang dicalonkan independen.

“Itulah esensi demokrasi yang sesungguhnya, rakyat yang menyortir dan memilih calon presiden. Bukannya malah parpol yang melakukan sortir dan pre-seleksi calon presiden berdasarkan kriteria kekuatan finansial,” kata dia.

Menurut Rizal, akibat sistem presidential threshold, kekuatan uang menjadi sangat menentukan bagi pemilihan pemimpin di Indonesia. Kelompok utama yang mendukung sistem itu, kata dia, adalah bandar dan cukong.

“Para hakim MK yang menolak pembahasan masalah yang sangat prinsipil ini menunjukkan kelemahan pemahaman mereka terhadap sistem demokrasi dan tanda dari gejala kepicikan dan kecupetan berpikir,” kata dia.

Rizal Ramli mengatakan tengah mempertimbangkan opsi selanjutnya setelah MK menolak gugatannya. Dia mengatakan hal itu untuk mendorong pembahasan yang berbobot dan ilmiah tentang buruknya sistem presidential threshold.

https://nasional.tempo.co/read/14240...n/full?view=ok

PT merupakan standar yg baik bagi seseorang yang ingin menjadi Presiden agar tidak terjadi perselisihan dan kegaduhan yang memakan waktu lama hingga bisa terjadi kekosongan kekuasaan.
Bayangkan yang kmaren 2 paslon aja udah bikin gaduh dua tahun lebih.
Apalagi sampai 18 calon dan 16 calon merasa di curangi dan tidak percaya KPU lagi.
Lebih baik ajukan JR tentang penurunan dari 20%.
Sayangnya rajawali ngepet ini tidak punya parpol makanya ingin di hapuskan dan gagal maning.
emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
profile-picture
primawidhie dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kalo 2 calon janjian yg kalah jadi Mentri gmn mending di kocok saja hehe.. biar ga banyak biaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 3 lainnya memberi reputasi
Pupus sudah harapan sang rajawali kepret...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Next pemilu 2 calon lagi..
Puan vs Anies
Atau
Ganjar vs RK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jgn kecewa, msh bs ajukan gugatan lg ke tuhan

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 6 lainnya memberi reputasi
ya emang beginilah cerminan demokrasi d indonesia.
mentok gara2 parpol, apalagi sekarang dikomandoi oleh parpol terkorup d indonesia dan diikuti oleh parpol2 penjilat yang satu visi saling memperkaya partai dan golongan masing2. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 15 lainnya memberi reputasi
Kasihan ambisi jd plesiden gk kesampaian tuh wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Kalau pupus di toilet lah, bre.. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Serba salah jg sih, kalo jalur independent kg punya power di parlemen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Hasilnya bakal sama dengan yang hanya dua calon. Orang yang kalah di pemilihan pertama pada saling Koalisi di pemilihan yang ke dua, malah nanti tambah ribet soalnya masing masing yang punya masa bakal minta jatah. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:



Dia sendiri yang picik, harusnya terima dengan lapang dada kalau gugatan kalah.Bawa nama rakyat demi nafsu politik sampai jelekin pemerintah emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gembaladomba666
Yang hujat si RR ini hanya karena melihat RR kan
Bukan melihat esensi dari gugatannya
Bila gugatan si RR ini diterima, bisa jadi 2024 PSI akan mencalonkan ahok jadi RI 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ambisi pribadi tapi rakyat jadi tameng, politisi busuk emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
mbah satu ini kok ga mau liat manfaat dari sebuah aturan ya?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Klo hanya cari presiden, uang negara habis2an lalu kerja apa presidennya. Goblok tuh RR
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Yg masalah itu bukan persentase PT nya tp bagaimana mekanisme partai menentukan bakal calon presiden. Masyarakat hanya bisa pasrah.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
RR kalopun bisa nyalon ya ga bakal kepilih kok
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan kakekane.cell memberi reputasi
tukang ngepret kena kepret
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kecewa Gugatannya Ditolak, Rizal Ramli: MK Lebih Mendengar Suara Kekuasaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
gk usah terlalu idealis pak.. apa gak makin kisruh kalo calonnya terlalu banyak.. walopun ada benernya juga kalo sistem yg sekarang ini siapa yg punya duit paling banyak itulah yg berpeluang besar.. tp mau gimana lagi, namanya dunia perpolitikan gak ada yg bisa bener bener memuaskan semua pihak
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan kakekane.cell memberi reputasi
Tipical mahasiswa bego kemarin waktu gugat omnibus law tapi ditanya buktinya malah suruh hakim cari sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di