CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Musabab Ali Jaber Dipanggil Syekh, Bukan Habib
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600407e968cc955b1825d32c/musabab-ali-jaber-dipanggil-syekh-bukan-habib

Musabab Ali Jaber Dipanggil Syekh, Bukan Habib

Musabab Ali Jaber Dipanggil Syekh, Bukan Habib

Jakarta - Sebagian orang awam biasa menyapa orang-orang keturunan Arab dengan Habib. Tapi terhadap hafiz quran dan penceramah Ali Saleh Mohammed Ali Jaber yang nota bene lahir dan besar di Medinah, Arab Saudi justru menyapanya 'Syekh' bukan 'Habib'. Kenapa?

Ali Jaber mengaku sapaan 'Syekh' kepada dirinya sudah disematkan sejak masih di bangku Sekolah Dasar. Selain karena dirinya sudah dikenal menjadi salah seorang hafiz atau penghapal quran, almarhum pamannya adalah Imam Besar Masjidil Haram.

"Di lingkungan keluarga besar, para guru, kepala sekolah memanggil saya Syekh Ali. Itu bukan sesuatu yang diharapkan apalagi diminta, tapi diberikan begitu saja sebagai penghormatan," tuturnya dalam Blak-blakan yang tayang di detik.com, Senin (21/9/2020).

Sapaan 'habib' yang selama ini dialamatkan masyarakat di Indonesia lebih ditujukan kepada mereka yang punya garis keturunan langsung dengan Nabi Muhammad SAW. Tapi di dunia Arab sapaan kepada mereka yang punya garis keturunan Nabi itu adalah Sayyid dan Sayiddah (dari cucu Nabi, Husein bin Ali) dan Syarif - Syarifah (dari garis keturunan Hasan bin Ali).

"Jadi, Syeikh itu adalah sapaan gelar. Jadi seorang habib bisa jadi juga syekh tapi belum tentu habib," ujar Ali Jaber.

Ia pribadi mengaku terkadang suka malu, apakah layak dipanggil dengan gelar Syekh. Apakah akhlaknya pantas dan berhak mendapat gelar ini tersebut.

Sewaktu pihak penerbit akan merilis buku karyanya, juga seorang teman membuatkan Instagram, Ali Jaber mengaku meminta mereka untuk tak mencantumkan gelar Syekh. "Tapi mereka berkeras mau menuliskan gelar itu, ya sudah lah saya jalani saja takdir Allah ini," ujarnya.

Ali Jaber kembali menegaskan pencantuman gelar itu sebetulnya menjadi beban tersendiri bagi dirinya. Hal itu juga sekaligus menjadi kontrol agar segala ucapan, sikap, dan perilakunya selalu bertanggung jawab seperti para Syekh dan ulama yang menjadi pendahulu, mereka yang telah membawa Islam rahamatan lil alamin

https://news.detik.com/berita/d-5181...kh-bukan-habib

Bisa d nilai dan bandingkan sendiri lah ya ma pemilik gelar2 d indo.. emoticon-Malu (S)

Semoga syekh ali jaber di ampuni segala dosanya dan d terima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.. aamiin.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 85 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Syekh itu kalau gak salah kan panggilan seorang guru, kalau di Indonesia ya semacam kyai lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
gue kira umurnya udah 60 ehh cuma beda 2 tahun ama gue, mana gue masih kayak abg giniemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kenzhytheraptor dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
Yg ini malu menyandang gelar syech,, krn merasa blm mumpuni

Yg satunya teriak2 cucu nabi dan minta diistimewakan dlm segala hal, tp disuruh test DNA utk membuktikan apakah bukan keturunan abal2 ga mau

Beda kelas bagai gajah dan semut emang antara alm.syech Ali Jaber dengan riziq

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 45 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Habib tu yang itu, dewa baliho cabul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HadesManes dan 7 lainnya memberi reputasi
Novel FPI: Saya Terlahir dengan Nama Habib
Fachrur RozieFachrur Rozie

04 Jan 2017, 19:22 WIB
Gara-gara Demo Tolak Ahok, 2 Pentolan FPI Divonis 7 Bulan Penjara
Perbesar

Musabab Ali Jaber Dipanggil Syekh, Bukan Habib
Habib Novel memberikan keterangan pers usai sidang vonis di PN Jakarta Pusat, Senin (6/4/2015). Habib Shahabuddin dan Habib Novel divonis hakim 7 bulan penjara. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad SAW, Rabithah Alawiyah menegaskan Novel Chaidir Hasan Bamukmin bukanlah seorang habib. Habib sendiri diartikan sebagai keturunan Rasulullah SAW.

Novel yang tak lain adalah Sekjen DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta mengaku sudah melihat pemberitaan tersebut. Dirinya pun tak mempermasalahkan pernyataan dari pihak Rabithah Alawiyah.

"Masalah itu bukan kapasitas saya. Yang jelas saya terlahir dengan nama Habib," ucap Novel ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (4/1/2017).

Dia mengaku, nama lengkap dirinya adalah Habib Novel Chaidir Hasan Bamukmin. "Terlepas dari benar atau tidak (keturunan langsung Nabi Muhammad SAW), itu bukan kapasitas saya," ujar Novel.

Dia juga mengaku heran masyarakat mempertanyakan perihal nama Habib yang sudah menempel di dalam dirinya. "Di sidang Ahok juga enggak ada permasalahan nasab (keturunan)," kata Novel.

Lagipula, selama ini dirinya tak pernah memberi pernyataan terkait dirinya adalah keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.

"Saya nggak pernah menyatakan itu. Sekarang saya nggak mau menanggapi. Saya enggak mau berkutat selain dari kasus Ahok," Novel menegaskan.

Dengan banyaknya pemberitaan dirinya di luar kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Novel merasa kini dirinya tengah mendapat serangan. Termasuk pemberitaan soal Fitsa Hats.

"Saya merasa diserang dengan kasus pribadi. Saya hanya mau dipertanyakan tentang kasus Ahok saja," Novel menandaskan.

https://www.liputan6.com/news/read/2736439/novel-fpi-saya-terlahir-dengan-nama-habib


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bodo amat.
Gw mah manggil nama, bukan gelar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junot 13 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Masih muda tapi ilmunya sudah mumpuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Itppt1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Sudah seharusnya manusia gak boleh gila gelar.
Karena gelar gak akan dibawa mati.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Ali Jaber kembali menegaskan pencantuman gelar itu sebetulnya menjadi beban tersendiri bagi dirinya. Hal itu juga sekaligus menjadi kontrol agar segala ucapan, sikap, dan perilakunya selalu bertanggung jawab seperti para Syekh dan ulama yang menjadi pendahulu, mereka yang telah membawa Islam rahamatan lil alamin

Beda ama Rizik ya yg ngaku Habib..
ucapan sama sikap & perilaku jauh banget...
kalo dakwah/ceramah isinya hujatan,kebencian,provokasi...

setiap dakwah/ceramah pasti ngajak MABOK
teriak TAKE BEER,TAKE BEER terus..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gelar habib itu cuma ada di Indonesia, di negara lain nggak dikenal. Oke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Khusnul khotimah almarhum...jadi sedih ane emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sedih jg pas tau Syekh ali meninggal, beliau ini ulama sebenarnya, beda sama yang koar-koar imam jumbo turunan nabi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paexada dan 3 lainnya memberi reputasi
syekh itu kalo di indonesia nama nya ULAMA
tapi kalo di arab, gak di panggil ULAMA, tapi SYEKH
gelar itu diberikan oleh publik kepadanya karena dianggap memiliki ilmu agama yg mumpuni, kayak profesor versi ulama gitu lah
karena jaber datang dari madina, makanya gelar syekh kebawa sampai indonesia
lain cerita kalo jaber lahir di indonesia, pasti gak akan pake gelar syekh, tapi akan dipanggil ulama oleh publik indonesia
begitu penjelasannya

sama kayak quraish shihab
dia itu keturunan Nabi, udah di konfirmasi langsung juga, sebenarnya ia berhak pake gelar HABIB sebenarnya
tapi quraish menolak memakai gelar itu dalam namanya, alasannya quraish masih rendah ilmu agama nya, masih banyak dosa
bayangin aja, orang sepakar dia aja masih merasa rendah, gimana kita ya?
menurut ane, quirash itu habib beneran, bukan habib abal2 kek yg biasa muncul di tv tv itu
habib beneran justru gak suka dikenali atau terkenal karena itu, habib beneran lebih suka orang menganggap dia habib cukup dari dalam hati masing2 aja, bukan di elu elukan kek petamburan itu.
jaman skarang, orang bisa ganti nama suka suka sesuai kepentingan nya. banyak yg mendadak habib sekarang, ati ati dech.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jual.parfum.ori
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Napa ya orang2 baik umurnya ga panjang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Berarti bisa juga Shit Riziek Sihab ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Syekh ama habib bedanya apa gan, ga paham
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan valkyr1 memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Secara tidak langsung, malah menelajangi kang obat ya bre

Ngoahaha emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryzkey2187 dan 3 lainnya memberi reputasi
Biar jelas, tidak semua orang Arab itu ahlulbait... dan sebagian yang beneran ahlulbait juga belum pantas digelari "habib".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan 3 lainnya memberi reputasi
syekh yg ini memang bukan habib tapi kelakuannya dapat jadi teladan gak kayak yg 'ono' ngaku habib tapi kelakuan brutal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 3 lainnya memberi reputasi
Syech is earned, not given. Kalau habib lain lagi. Mau idiot sekalipun kalau ada turunan ya disebut habib. Makanya yg model tanpa merit kek gini lebih baik gosah dipakai. Bahkan ada seseorang yg prestasi satu2nya dalam hidup adalah dilahirkan jadi habib.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di