CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Antam Dihukum Bayar 1,1 Ton Emas ke Warga Surabaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600405428d94d01d5c121401/antam-dihukum-bayar-11-ton-emas-ke-warga-surabaya

Antam Dihukum Bayar 1,1 Ton Emas ke Warga Surabaya

Antam Dihukum Bayar 1,1 Ton Emas ke Warga Surabaya


Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan gugatan Budi Said terhadap PT Aneka Tambang (Antam) Persero Tbk. Antam dijatuhi hukuman membayar kerugian senilai Rp 817,4 miliar atau setara 1,1 ton emas kepada Budi Said.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), gugatan dengan nomor perkara 158/Pdt.G/2020/PN Sby diajukan pada 7 Februari 2020. Pembacaan putusan dilakukan pada 13 Januari 2021.

"Sehubungan dengan putusan Pengadilan Negeri Surabaya terhadap kasus gugatan Budi Said terkait pembelian emas di butik Surabaya pada 13 Januari 2021, ANTAM melalui kuasa hukum akan menempuh upaya hukum dengan mengajukan banding," kata SVP Corporate Secretary Kunto Hendrapawoko kepada detikcom, Minggu (17/1/2021).

Berdasarkan petitum, Budi Said meminta PN Surabaya mengabulkan gugatannya, yakni Antam harus membayar kerugian kepada penggugat sebesar Rp 817.465.600.000, sebagai nilai kerugian setara dengan nilai harga emas batangan Antam Lokasi Butik Emas LM-Surabaya Pemuda seberat 1.136 kilogram atau setara 1,136 ton.

Lebih lanjut, nantinya nilai ganti rugi tersebut disesuaikan lagi dengan fluktuasi nilai emas dari pengumuman website resmi Antam (incasu Tergugat I) melalui situs www.logammulia.com pada saat Tergugat I seketika dan sekaligus membayar seluruh kerugian yang diderita oleh Penggugat.

Budi Said juga meminta Antam membayar kerugian immateriil sebesar Rp 500 miliar secara seketika dan sekaligus sejak perkara a quo memiliki putusan berkekuatan hukum tetap.

Budi Said juga meminta Antam membayar uang paksa (dwangsom) senilai Rp 100 juta untuk setiap hari keterlambatan Antam memenuhi pembayaran ganti rugi menurut isi putusan dalam perkara ini.

https://finance.detik.com/berita-eko...957.1545060481


Gilee.... 1,1 TON Emas emoticon-Wow emoticon-Wkwkwk


profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Benter benter, duduk perkaranya apa? Wartawannya kok ndak nulis kronologi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 59 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 59 balasan
Kayaknya tuh orang korban penpuan..emoticon-Big Grin
Gue heran kenapa ga solusi kekeluargaan saja lebih murah..emoticon-Ngakak (S)
Kayak begini yang rugi antam sendiri reputasi remuk itu mahal sekali..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
masih bisa banding
banyak yang kaya mendadak di saham antam nih
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
1,1 ton mas emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 4 lainnya memberi reputasi
kronologisnya gimana tuh? apakah emas palsu,

trus mesti beli emas dimana neh? gue langganan di butik emas, itu punya antam langsung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hafanz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wew banyak duit kerukin rame rame...
petingginya banyak kecipratan neh

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Bisa menang...berarti punya bukti kuat yang nuntut.....kronologi ga jelas sih...emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Antam akan ajukan banding terhadap putusan PN Surabaya soal gugatan 1,1 ton emas
Sabtu, 16 Januari 2021 | 21:16 WIB Reporter: Hikma Dirgantara
Antam akan ajukan banding terhadap putusan PN Surabaya soal gugatan 1,1 ton emas

ILUSTRASI. Palu hakim. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Spt/16.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) akhirnya dijatuhi hukuman untuk membayar kerugian senilai Rp 817,4 miliar atau setara 1,1 ton emas kepada Budi Said, seorang pengusaha asal Surabaya.

Hal itu terjadi setelah majelis hakim yang diketuai Martin Ginting mengabulkan gugatan Budi Said pada perkara perdata dengan nomor perkara 158/Pdt.G/2020/PN Sby di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada Jumat (15/1).

Mendapati keputusan tersebut, SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko menegaskan bahwa Antam akan mengajukan banding. Kunto mengatakan, Antam sesungguhnya berada pada posisi yang tidak bersalah atas gugatan yang diajukan Budi Said tersebut.

“Sehubungan dengan putusan PN Surabaya terhadap kasus gugatan Budi Said terkait pembelian emas di butik Surabaya, ANTAM melalui kuasa hukum akan menempuh upaya hukum dengan mengajukan banding,” kata Kunto kepada Kontan.co.id, Sabtu (16/1).

Lebih lanjut, Kunto menyebut Antam telah menyerahkan semua barang sesuai dengan kuantitas yang dibayar oleh Budi Said kepada pihak yang diberi kuasa oleh Budi Said yang mengacu pada harga resmi. Kunto pun bilang, bahwa Budi Said sendiri telah mengakui menerima barang tersebut.

Kunto membeberkan, dalam tuntutannya di Pengadilan Negeri Surabaya, Budi Said meminta ANTAM memberikan tambahan logam mulia dengan mengacu pada harga diskon yang dijanjikan oleh pihak yang tidak berwenang. Ia pun menegaskan bahwa ANTAM tidak pernah menerapkan harga diskon dan hanya bertransaksi dengan harga yang dikeluarkan secara resmi oleh Perusahaan.

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun jadi Rp 948.000 per gram, Sabtu (16/1)

“Antam menganggap gugatan ini tidak masuk akal dan tidak berdasar. Oknum-oknum yang terlibat dalam kasus ini juga telah dijatuhi hukuman pidana. Antam pun merasa dirugikan dengan kasus yang dilakukan segelintir oknum terhadap Butik Surabaya dan telah mengajukan gugatan kepada Budi Said atas pencemaran nama baik serta menuntut ganti rugi,” tegas Kunto.

Kasus ini sendiri bermula dari Budi Said yang mengaku melakukan pembelian emas sebanyak 7 ton di Butik Emas Logam Mulia (BELM) Surabaya I Antam pada 2018 silam. Pada transaksi tersebut, Budi Said mengklaim membeli emas Antam melalui seorang broker bernama Eksi Anggraeni yang mengaku-ngaku sebagai marketing Antam dengan menawarkan emas harga diskon.

Namun, setelah membayar uang sejumlah kurang lebih Rp3,5 triliun, Budi Said mengaku hanya menerima 5,935 ton. Padahal, yang dijanjikan Eksi Anggraeni adalah 7 ton. Ternyata, emas yang 5,935 ton itu pun harga emasnya bukan harga diskon, tapi sesuai dengan uang yang dibayarkan Budi Said dengan mengacu harga resmi yang berlaku di Antam. Tak terima dan merasa dirugikan, Budi Said pun melaporkan Antam telah berbuat melawan hukum atas hilangnya 1.136 kg atau 1,1 ton emas yang ia beli

Kemudian, Budi Said juga melaporkan Eksi Anggraeni dan 3 orang oknum karyawan Antam atas tindak pidana penipuan dan keempatnya telah divonis oleh Pengadilan Negeri Surabaya pada tahun 2019 sebagaimana putusan Nomor 2576/Pid.B/2019/PN.Sby dan Putusan Nomor 2658/Pid.B/2019/PN.Sby.

Kunto pun mengingatkan dalam menjalankan bisnis logam mulia, ANTAM melakukan sistem direct selling atau transaksi langsung kepada pelanggan atau kuasa pelanggan dan tidak pernah melalui pihak lain.

Ia pun menghimbau masyarakat agar waspada terhadap penawaran oknum yang memberikan harga atau skema penjualan logam mulia ANTAM yang tidak wajar. Dalam melakukan penjualan, Antam selalu menjual logam mulia dengan harga resmi sebagaimana tercantum di situs www.logammulia.com yang selalu diperbaharui secara rutin.

https://regional.kontan.co.id/news/a...an-11-ton-emas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 42 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 42 balasan
wkkwkwkw sementara itu saham ANTM dipompom trusssss
besok nangis rame2 sama seperti saham farmasi

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Hilangnya 1,1 ton emas itu bermula ketika Budi berniat membeli emas di BELM Surabaya I Antam di Jalan Pemuda pada 2018 setelah mendengar adanya diskon. Dia dilayani Eksi yang mengaku sebagai marketing di kantor tersebut. Budi sebelumnya dikenalkan Endang dan Misdianto kepada Eksi saat datang.

Eksi membenarkan adanya diskon. Harga emas batangan menjadi Rp 530 juta per kg. Lebih murah daripada harga pasaran saat itu. Endang yang ikut dalam pertemuan tersebut mengiyakan dan Misdianto mengaku bahwa emas baru bisa dikirim setelah 12 hari kerja sejak uang diterima.

Eksi juga mengaku emas itu dibeli secara legal. Jumlahnya terbatas. Meski ada uang, belum tentu ada barang. Uangnya juga langsung ditransfer ke rekening PT Antam dan fakturnya atas nama PT Antam. Budi tertarik dan percaya karena yang menjelaskan adalah pegawai PT Antam. Setelah Budi pulang, Eksi menawarkan diri secara pribadi untuk menjadi kuasa pembeli agar Budi tidak sulit mengurus administrasi pembelian. Dia minta fee Rp 10 juta untuk setiap pembelian 1 kg emas. Budi pun sepakat.

Baca juga: Ini Penyebab Perburuan Kilau Emas Memudar

Pada 20 Maret 2018 Eksi menelepon Budi bahwa ada stok emas. Budi tertarik membelinya. Dia membeli 20 kg emas dengan harga diskon yang ditawarkan Eksi senilai Rp 530 juta per kg. Budi mentransfer Rp 10,6 miliar.

Belum sempat menerima emas yang dipesan, Budi kembali ditawari emas dengan harga diskon oleh Eksi. Dia memesannya lagi dan mentransfer sampai 73 kali ke rekening PT Antam dengan harga Rp 505 juta sampai Rp 525 juta per kg. Total uang yang sudah ditransfer mencapai Rp 3,59 triliun. Budi seharusnya mendapatkan 7 ton emas, tetapi yang diterimanya hanya 5,9 ton. Sebanyak 1,1 ton emas tidak diterimanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
untuk kerugian gugat sebesar 800m keatas untuk kerugian sebelumnya gugat sebenarnya berapa y ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Emas berton-ton
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan kaiharis memberi reputasi
akibat tergiur emas murah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gile beli emas sampai trilyunan. Pasti kl mau beli pizza berloyang2 ga perlu mikir2 kayak ane emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Beli emas kayak beli kacang emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Emas berapa karat gan? emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
buset emas segitu mau buat bikin Sarkofagus? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sopo Pak Budi ini, banyak amat duite, transfer 73 x 10M guampang amat emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kasus kelar.... Giliran dipanggil pajak....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winehsuka dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Emas segitu bisa bikin Eldorado emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di