CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar Sindir Jokowi Bersyukur Tak Lockdown: Kasus RI Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6003443df4d69563f91d86d4/pakar-sindir-jokowi-bersyukur-tak-lockdown-kasus-ri-tinggi

Pakar Sindir Jokowi Bersyukur Tak Lockdown: Kasus RI Tinggi

Pakar Sindir Jokowi Bersyukur Tak Lockdown: Kasus RI Tinggi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pernyataan Presiden Joko Widodo yang bersyukur karena Indonesia tidak perlu menerapkan lockdown atau karantina wilayah sejak pandemi Covid-19 dikritik.
Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menilai ucapan syukur itu tidak tepat. Pasalnya, kondisi pandemi di Indonesia tak kunjung membaik.

"Apa yang harus kita syukuri kalau kita jadi hotspot terbesar di Asia Tenggara? Artinya, jumlah kasus paling tinggi, kematian paling tinggi. Dari sisi kesehatan, saya belum melihat kita punya prestasi baik," kata dia, kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/1).


Lihat juga: Jokowi soal Pandemi: Masih Beruntung Tidak Sampai Lockdown
Indonesia telah mencatat 836.718 kasus positif Covid-19 hingga Senin (11/1). Situs Worldometers menyebut Indonesia berada di urutan ke-20 dalam daftar negara dengan kasus positif Covid-19 terbanyak.

Indonesia juga mencatat 24.343 kematian akibat Covid-19. Jumlah itu menempatkan Indonesia sebagai negara nomor tiga di Asia dengan tingkat kematian akibat Covid-19 tertinggi.

Kasus aktif pun mencapai 123.636 orang. Situs worldometers menempatkan Indonesia di urutan ke-21 dunia dan ke-3 di Asia dalam daftar negara dengan kasus aktif terbanyak.

Masdalina menyampaikan sebenarnya Indonesia bisa menekan laju kasus dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total. Namun, ia menilai saat ini tidak efektif.

Lihat juga: PPKM Jawa-Bali, Main-main Istilah saat Gamang Lockdown
"Kalau kita mau bicara PSBB total itu lockdown sebenarnya. Cuma masalahnya, kita seolah-olah PSBB, tapi tidak PSBB sebenarnya," ujar dia.

"Tidak usah pakai terlalu banyak jargon. Jadi, ikuti saja pedoman pengendalian dengan baik, testing yang cukup, tracing yang baik, langsung isolasi dan karantina," imbuh Masdalina.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengucap syukur Indonesia tidak melakukan lockdown karena warga masih bisa beraktivitas. Ia merujuk kondisi sejumlah negara yang menerapkan lockdown, seperti Inggris, Jepang, dan Thailand.

"Alhamdulillah masih beruntung tidak sampai lockdown. Kalau negara lain di Eropa lockdown enggak sebulan-dua bulan, sampai tiga bulan," ucap dia, dalam acara Pemberian Bantuan Modal Kerja di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (8/1).

Lihat juga: Jokowi: Tidak Perlu Sok-sokan, Lockdown Korbankan Masyarakat
Ia pun menyoroti kegiatan ekonomi yang terdampak Covid-19 serta optimismenya terkait vaksin.

Senada dengannya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut kesejahteraan rakyat akan turun semakin dalam bila aktivitas masyarakat terus berhenti.

"Selama kurun waktu 10 bulan berada dalam pandemi Covid-19, serta hari-hari ke depan yang juga belum menunjukan pandemi akan berakhir, telah membawa kesadaran kepada kita semua bahwa apabila aktivitas masyarakat terus berhenti maka akan berdampak pada penurunan kesejahteraan rakyat yang semakin dalam," kata dia, dalam Rapat Paripurna pembukaan Masa Sidang III Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (11/1).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...asus-ri-tinggi

Protokol makin di abaikan kasus makin meningkat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Patut disyukuri lah. Masih ada 19 negara yg lebih banyak kasusnya kok. Ada usa, belanda, itali, uk, prancis dll
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
numpang sendal dulu, mudah2an rame.
Mw berapa kali lock down? Mw berapa lama lock down? Itu malaysia dah 2x lock down.. Indonesia lebih besar..
jadi presiden modal muka melas ya begini

apa harapanmu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chandra398 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jahemerah127
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pasukan kodokkkk.....attackkkkkkemoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lsenseyel dan 3 lainnya memberi reputasi
Rakyat nya ngeyel sih, pada ke acara emoticon-Malu emoticon-Big Grin
profile-picture
konodioda memberi reputasi
Diubah oleh dunnyri
dah makan nasi kucing belum gan?harvard itu kampus manane cileunsi gan?akreditasnya A po B?😑
profile-picture
mbia memberi reputasi
Mau lockdown pun....
Ane yakin pandemi tetap akan ada di semua negara!
to late sekarang hanya berharap heard imunity
Pengamat juga harusnya nyadar, Lockdown bakalan susah diterapkan, tuh kalau gk salah kemarin ada satu daerah yg menerapkan lockdown sampai 3 bulan dan skrng gimana hasilnya?

Yg berbahaya itu OTG dan menginfeksi orang yg memiliki imun yg lemah,blum lg sifat masyarakat kita yg senang berkerumun serta banyak yg sdh jenuh dgn situasi yg belum menemui ujungnya.
profile-picture
pejuang17 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Larang orang aktifitas untuk cari nafkah itu sulit, karena menyangkut kebutuhan hidup mereka...

Tapi Melarang sebagian orang lagi untuk pergi ke Rumah Ibadah ternyata juga lebih sulit, karena ini menyangkut ego mereka....

Jujur aja, rakyat Indonesia itu susah d atur, merasa pinter sendiri...

Tapi yg menetang lockdown bukan cuma rakyat sini aja koq, itu di Eropa sampe rusuh menjelang penetapan lockdown dari pemerintahnya...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lock down hanya bisa di lakukan kalo masyarakat nya ngedukung, lah ini masyarakatnya seenak perut nya dewe semua. ya percuma lockdown lagian emang enak lockdown ya?

ane kebetulan udah ngerasain lockdown dari awal pandemi sampe bulan september baru kembali ke tanah air, keluar dari rumah aja gak bisa tapi apakah hilang? yang ada negara yang di lockdown sekarang sengsara sekali ekonomi ancur seancur2nya. padahal warga nya tertib dan benar2 nerapin 3M.

ente kira warga kita bisa di terapin seperti itu sehari hanya 1 orang boleh keluar dan tidak di perbolehkan lewat dari 10km dan diberlakukan jam malam. ente beli rokok aja ke warung harus scan suhu dan scan aplikasi ataupun catet nomer hp n nama lengkap, ketahuan ngibul sembarangan catat tiba2 bisa ada pemeriksaan bakalan di cek ama petugas bisa masuk bui.

gak mikir dampak ekonomi nya seperti apa, lockdown selesai belum tentu pandemi kelar. udah benar semi lockdown seperti skrg ini jadi perekonomian masih bisa berjalan walaupun menurun bgt tapi gak sampe ancur seancur2nya masuk jurang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Tinggal nggu kolaps, yg warga susah dbilang in & patuh prokes kyk ud mau ngapain ak; yg pemerintah bkin aturan autopilot, ga ad yg awasin plus terkdg bkin aturan saling bentrok
Kasus di Negara barat jauh lebih tinggi dari Indonesia
balik lagi ke kesadaran pribadi2nya. bukan urusan mudah lakukan lockdown karena ekonomi jadi pertaruhan. kalau lockdown, biaya2 dari mana? kegiatan ekonomi stop berarti nggak ada pajak. rakyat kelas bawah pun nggak hidup karena mereka penghasilan harian. paling tepat itu pengawasan 3M ketat + rekayasa teknik. saya lagi tunggu kapan kewajiban pasang sistem HVAC cegah covid di tempat2 umum, kantor & transpor publik yang tetap beroperasi selama masa wabah. sampai sekarang nggak ada, baru industri penerbangan yang lakukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Goxen dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kadrun dongo lockdown mandiri aja. Kalau perlu selamanya....


emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh nataliupigai.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Inggris dah berapa kali lokdon juga tetep naek. Toh mo PSBB kek lokdon kek, emang masyarakat peduli. Dulu lebaran di ketatin nggak boleh mudik, tetep ajah nyolong 2 mudik, ampe mobilnya dimasukin truk segala.
Kemarin tahun baru disuruh nggak kemana 2 tetep aja keluyuran pada pulang kampung ngasih oleh 2 virus ke orang2 di kampung.
Epidemiolog bisanya cuma nyuruh lokdon nggak ada ide yg lain apa?
Noh negara 2 Eropa yg lokdon ketat ampe sekarang juga kasus tetap naik.
profile-picture
Goxen memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu diteriaki karena rakyat suka keluyuran skrng di puja karena masih beraktivitas. molah malih cangkeme presiden satu ini
profile-picture
profile-picture
Goxen dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
praktikum dan resikonya tak semudah berteori dengan lidah.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Yang terinfeksi, dibahas...
Yang meninggal, dibahas...
Yang sembuh, mingkem...
Recovery pasca sembuh, bisu...
Besar APBN untuk proses penyembuhan dan pemakaman, buta...
Besar APBN untuk recovery ekonomi, tuli...


B.A.C.O.T
profile-picture
profile-picture
Goxen dan nataliupigai. memberi reputasi
Diubah oleh Storm Shadow
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di