CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Bantuan untuk Korban Gempa Dirampas, Mensos: Itu Bukan Penjarahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6002c7e17414f5236607e29d/viral-bantuan-untuk-korban-gempa-dirampas-mensos-itu-bukan-penjarahan

Viral Bantuan untuk Korban Gempa Dirampas, Mensos: Itu Bukan Penjarahan

Viral Bantuan untuk Korban Gempa Dirampas, Mensos: Itu Bukan Penjarahan

SuaraJatim.id - Beredar luasnya video bantuan untuk pengungsi korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) yang dicegat dan dirampas warga di Malunda membuat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos) Tri Rismaharini angkat bicara. Mantan Wali Kota Surabaya ini menegaskan, bahwa yang terjadi bukan penjarahan.

Risma menjelaskan, hal tersebut terbilang wajar atau lumrah terjadi. Lantaran, kondisi korban bencana yang mengungsi sangat kekurangan bahan makanan. Selain itu, kendala akses distribusi bantuan juga disebut Risma menjadi salah satu penyebabnya.

"Sekali lagi, itu (video yang beredar) bukan penjarahan. Kalau nggak salah itu (video kejadiannya) di Majene," ujar Risma saat ditemui di Ria Galeria Surabaya, Jatim seperti dilansir Ayobandung.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (16/1/2021).

Risma mengaku telah menyaksikan video yang dimaksud. Ia menegaskan kembali, hal tersebut bukanlah penjarahan.

"Tadi juga sempat lihat videonya. Jangan sampai terkesan seolah itu ada yang salah," lanjutnya.

Dia menuturkan, usai gempa yang mengguncang Sulbar merontokkan sejumlah bangunan, terutama di Mamuju, warga yang terdampak mengungsi ke atas gunung.

Penyebabnya, masyarakat khawatir akan adanya tsunami dan gempa susulan. Selain itu, sejumlah pasar dan toko tutup sehingga mengakibatkan warga tak dapat membeli bahan kebutuhan pokok.

Sebelumnya, bencana alam gempa bumi meluluh lantakan beberapa daerah di Sulawesi Barat. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu menimbulkan banyak korban jiwa.

Hingga saat ini, jumlah korban gempa Sulbar yang meninggal dunia menjadi 42 orang dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 orang di Kabupaten Majane.

Sejumlah personel gabungan dari Tagana, Polisi, TNI, Basarnas, hingga sejumlah instansi terkait turut dikerahkan menyisir korban jiwa dan luka-luka di lokasi terjadinya gempa tersebut.

sumber

********
Kasian dengan masyarakat yg bener-bener membutuhkan bantuan tsb, malah kena rampas di jalan emoticon-Berduka (S)

seharusnya dikawal polisi biar bantuannya tepat sasaran emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
gpp, nanti segera diganti oleh kemensos.
sama2 utk dikonsumsi masy korban bencana alam,
hanya beda lokasinya aja.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
komen TS ga sinkron dengan beritanya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Utamakan ASI & pendidikan ya bund...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh odoel
Seharusnya ada pengawalan, tapi klo ada pengawalan pasti bakal digoreng juga emoticon-Embarrassment

Gak ada pengawalan jadi dijarah, klo ada pengawalan jadinya pemerintah tebang pilih emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saoyuan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seharusnya dikawal TNI/POLRI jika bawa bantuan ke korban bencana alam
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
GPP...

Bantuan memang untuk mereka..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh True.s4m1ns
Denial atau bukan?
profile-picture
profile-picture
selldomba dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Mau jalan pintas mereka yg ngejarah
Jangan membiarkan hal yang salah
Nanti jadi kebiasaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi

Hati2 lgsg statemnt sebelum kroscek laporan lgsg di lapangan loh emoticon-Embarrassment

Kalo diliat risma ini 11 12 sama mahfud kalo berhadapan sama media, agak sedikit latah emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
selldomba dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bukan penjarahan..

give away kan maksudnya BU??

emoticon-Bingung

luar biasa mensos rasa gubernur Indonesia emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
selldomba dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Uda mental Indon sih
Yg kemaren di Palu Donggala juga gitu sampai tv pun diangkut sama santa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
Gak boleh kayak gitu, walaupun mereka juga membutuhkan, tp pengiriman bantuan ada schedule dan perencanaan, bisa berantakan semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini nanti bisa kayak omongan blunder si tjahyo dulu pas waktu gempa palu yg suruh njarah toko minimarket emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebenernya warga ga salah juga

Kasus waktu gempa jogja
Orang, ormas, lembaga dan pemerintah terlalu fokus bantu orang jogja. Padahal dampak gempanya sangat luas sampe kota solo.

Kebetulan semua bantuan turun di bandara adi sumarmo, dan langsung pake truk dibawa ke jogja melewati daerah klaten. Orang klaten yang juga terkena dampak, merasa tidak diperhatikan, merasa tidak mendapat bantuan, sehingga waktu itu juga terjadi penjarahan.

Kasusnya sama kok dengan yang sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 4 lainnya memberi reputasi
Every man for himself
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
ya mau ga mau mesti dikawal itu sama tentara.....sama pastiin daerah tujuan bantuan emang prioritas alias yang paling membutuhkan emoticon-Ngacir
profile-picture
selldomba memberi reputasi
Sama aja mak itu di jarah

Gw misalnya bawa sembako

Ada aja kalo lagi susah pasti ngejarah, udah biasa lah bar barnya +62

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga diberi kemudahan dalam menghadapi bencana..
kalo itu penjarahan, tinggal tunggu kabar aja ada yg ngelaporin engga.. kalo gak ada, berarti ya bukan penjarahan.. emang dasarnya mereka orang yg sama berdampak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di