CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600288f07e3a72712407aad7/mobil-listrik-benarkah-sebuah-solusi-untuk-mengurangi-polusi-udara

Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?


Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?




Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?


Apa kabar Agan Sista semua di seluruh Nusantara, semoga hari ini tetap dalam keadaan sehat.
Akhir-akhir ini ramai pembahasan mengenai mobil listrik, dengan segala kebaikan yang ditawarkan, sudah siapkah Indonesia menerima segala perubahan yang tentu saja ada baik dan buruknya itu sudah pasti.

Berbicara mengenai Mobil Listrik (Electrik Vehicle) dengan tanpa adanya emisi gas buang akankah meminimalisir terhadap tingginya polusi udara terutama dikota-kota besar ini merupakan angin segar, apalagi bagi orang-orang yang berkantong tebal, kelompok para Sultan misalnya. Bila terjadi pengalihan dari kendaraan konvensional ke Mobil listrik (Electik Vehicle) mungkin salah satunya mengurangi emisi gas buang karena tingginya pencemaran udara. Tetapi akankah masyarakat Indonesia bisa beralih begitu saja mengingat harga kendaraan mobil listrik (EV) yang relatif mahal, mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya, itu sudah pasti dan rakyat jelata hanya bisa menjadi penonton saja.

Disamping itu apakah Indonesia sudah siap untuk membangun infastruktur pendukung kebutuhan dengan hadirnya mobil listrik ini. Mungkin salahsatunya stasiun-stasiun pengisian listrik untuk kebutuhan pengguna mobil listrik (EV). Karena segala sesuatunya harus difikirkan juga matang-matang bagaimana dampaknya

Bila suatu waktu terjadi pelonjakan pengguna mobil listrik ini kemungkinan harga mobil listrik terjadi penurunan dan terjangkau oleh masyarakat pada umumnya, mengingat pengisian listrik atau mencarge sebuah mobil listrik di stasiun pengisian listik membutuhkan waktu yang tidak sebentar menurut saya 2 sampai 3 jam itu waktu yang sangat lama dibandingkan dengan pengisian bahan bakar bensin dan sejenisnya. Apakah kita harus menunggu waktu begitu lama sedangkan kalau mengisi bahan bakar biasa cuma beberapa menit. Bahkan tak terbayang ngantrinya di setiap stasiun pengisian listrik bila masyarakat Indonesia beralih semuanya ke mobil listrik, apakah mungkin tidak memerlukan waktu dua kali lipat untuk sampai pada tujuan? Tapi dengan harga mobil yang begitu mahal apa mungkin beralih semuanya. Rasa-rasanya nggak mungkin.


Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?
SPLU untuk mobil listrik di Jakarta (Foto: Luthfi Anshori)

Misalkan kita bisa mengisi dirumah bila yang memiliki kapasitas listrik yang memadai sih okey, don't worry, nggak jadi beban dan masalah, mungkin saja ini bisa untuk mempersingkat waktu disetiap stasiun pengisian listrik hanya menukar baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi penuh, tetapi ini juga membutuhkan jenis dan kapasitas baterai yang sama dari setiap mobil listrik yang digunakan. Kira-kira siap nggak ya dengan semuanya itu? Memang segala sesuatunya perlu dipikirkan matang-matang Gan Sis, karena pastilah ada baik dan buruknya juga.

Masyarakat tak akan khawatir bila dengan banyaknya Fasilitas pendukung mobil listrik yang tersedia, masyarakat yang akan bepergian jauh dengan menggunakan EV misalnya keluar kota mengingat dengan kapasitas baterai sebuah mobil listrik memiliki jarak tempuh sekitar 200km sampai 300km. Pemerintah membangun infra struktur untuk kebutuhan mendukung kehadiran mobil listrik di Indonesia ini sampai ke daerah tidak hanya di kota-kota besar saja, ini bisa menjadi sebuah solusi. Jadi penggunaan mobil listrik ini bisa merata.

Quote:



Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?
sumber gambar ini


Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?
sumber gambar ini

Jadi untuk beralih ke mobil listrik ini masih perlu dipikirkan lagi, mungkin untuk yang berdomisili di kota sih oke-oke saja, tapi bagi orang yang berada di desa, untuk memiliki mobil ini masih perlu dipikirkan lagi. Lagian udara di desa tidak begitu tercemar oleh polusi, karena tidak banyak kendaraan juga, jadi udaranya masih cukup bersih. Tapi bila menggunakan mobil ini lebih irit dari segi finansial mungkin masih bisa dipertimbangkan, ya nggak Gan Sis? Seperti dulu peralihan dari minyak tanah ke gas, yang juga menuai kontroversi, tapi akhirnya beralih ke gas juga, karena harganya juga masih terjangkau, bahkan ada subsidi untuk orang miskin. Mungkin saja ini realisasinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena segala sesuatunya pastilah butuh proses.

Okey deh Gan Sis, sampai di sini Thread dari Ane, semoga ada solusi yang terbaik. Sampai jumpa di Thread selanjutnya. Jangan lupa bahagia bye ... bye ...



Penulis Trifatoyah
Sumber gambar dan referensi
ini
ini
ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 6 lainnya memberi reputasi
Mungkin bisa mengurangi polusi udara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
memang masih jauh ya dari bayangan real. sepeda listrik aja antara biaya pembelian dan biaya perawatan.. lebih mahal perawatan dan usia pakai juga lebih pendek.. 😌😌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Cocok untuk warga yang masuk kelompok sultan, kalau mau tidak rempong bisa ke mana-mana bawa batrei cadangan yang sudah terisi full.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Harga sebuah mobil listrik yg termurah utk saat ini,bisa berkali2 lipat harganya dari mobil konvensional...sekitar 600 jtan...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Kalau mau mudik menggunakan mobil listrik dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, jangan lupa bawa powerbank ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Makin keren, dan berguna jalan tolnya. Ehe! emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Pas dibawa jalan eeh malah mogok karena kehabisan batrei, untung kalau tempat casnya deket, kalau jauh? Kasian kalau sampai pake acara dorong-dorong mobilemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
juragan minyak tak tinggal diam!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Quote:


Bisa kok akak, ramah lingkungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalau dikombinasikan dengan panel surya mungkin lebih besar mengurangi polusi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
klo menurut ane itu soal kebiasaan aja,smua ada kekurangan kelebihan
hal baru memang banyak perubahan itu wajar aja
seperti sekarang beli apa aja bisa online langsung diantar kerumah tapi ada kekurangan harus tunggu beberapa hari ,kelebihanya tinggal goyang kaki dirumah barang dianterin
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan deeazz memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Negara lain bikin mobil listrik... Giliran kita mikirin buat power bank nya. 😂😂😂😂🤣🤣🤣
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh funhc
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Terus ngapain coba
Quote:

Bisa aja
Quote:


Mungkin juga Gan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Polusi udara sangat berkurang pake mobil elektrik, polusi suara juga, mobil gerak dibelakang agan, cuman kedengeran suara ban ke jalan aja, atau ga sama sekali.

Masalah mobil listrik utama masih di teknologi batrenya, tapi teknologi batre bergerak signifikan dalam 10 tau terakhir, kapasitas makin gede, dan pengecasan makin cepet.Ga lama lagi ngecas ama kapasitas dibanding harga bakalan deket, bikin mobil listrik lebih terjangkau, secara komponen mobil listrik lebih dikit, banyak penyakit kendaraan bakalan ilang pas pake mobil ini.

Di inggris sendiri siap ga siap, taun 2030 dah dilarang jual kendaraan bensin baru, cuman boleh jual kendaraan listrik, mobil atau motor.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tetapi akankah masyarakat Indonesia bisa beralih begitu saja mengingat harga kendaraan mobil listrik (EV) yang relatif mahal, mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya, itu sudah pasti dan rakyat jelata hanya bisa menjadi penonton saja.

Selagi negara juga masih bisa memproduksi minyak dirasa yang namanya kendaraan berbahan bakar bensin sulit dihilangkan begitu saja.demikian pula pihak pengimpor mobil bensin juga mesti keberatan.apakah pabrik dengan komponen lokal macam Toyota dan Daihatsu juga bakalan ditutup.tidak semudah itu.demikian juga hingga jaringan purna jual dan retail asesori serta spare part yang pelaku usaha juga sudah bergumul selama hidup atau bahkan turun temurun semisal.beralih ke bisnis baru bukan hal mudah

Disamping itu apakah Indonesia sudah siap untuk membangun infastruktur pendukung kebutuhan dengan hadirnya mobil listrik ini. Mungkin salahsatunya stasiun-stasiun pengisian listrik untuk kebutuhan pengguna mobil listrik (EV). Karena segala sesuatunya harus difikirkan juga matang-matang bagaimana dampaknya

Indonesia kabarnya punya skenario besar terkait pembangunan pabrik batere kendaraan listrik.dengar dari media begitu.bahan baku batere listrik salah satunya adalah Nikel dimana negeri ini punya pasar ekspor konon mencapai sekitar 23 persen di  dunia.dan belum lama diutak atik oleh negara negara Uni Eropa perihal kebijakannya.untuk infrastruktur seperti stasiun pengisian listrik sendiri baru efektif jalan di kota besar macam ibukota dalam jumlah juga masih terbatas setahu sendiri

Jalan tengah soal penyesuaian dengan era kendaraan listrik di dalam negeri dirasa ada pada pengadaan kendaraan roda dua.sudah cukup marak pula di kota kecil dan di desa terutama di lingkungan perumahaan.harga motor listrik umumnya lebih murah dari motor berbahan bakar bensin.untuk kategori sepeda listrik bahkan bisa kurang dari setengahnya.namun tetap saja butuh proses panjang untuk bisa lebih adaptif dengan pergantian jaman

profile-picture
profile-picture
indrag057 dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perlu diperhatikan juga sumber pembangkit listriknya. Kalau mayoritas masih pake sumber daya fosil macam batu bara dan diesel ya sama aja bohong.
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan trifatoyah memberi reputasi
Semoga yaa jadi solusi yang terbaik...
Walaupun pasti ada kekurangan dam kelebihan masing-masing
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan trifatoyah memberi reputasi
kalo pembangkit listriknya masi pake bahan bakar fosil yaa keliatannya sama aja..

Mobil Listrik Benarkah Sebuah Solusi Untuk Mengurangi Polusi Udara?
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menunggu wuling mini ev masuk dan semoga harganya ga jauh dari aslinya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di