CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600121b5af7e935e2727301e/waduh-phk-tanpa-pesangon-eks-karyawan-gugat-mnc-group

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
Foto: MNC (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) 

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah mantan karyawan PT MNC Aladin Indonesia, pengelola situs penjual tiket Mister Aladin, mengajukan gugatan melalui Pengadilan Hubungan Industri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 19/Pdt.Sus-PHI/2021/PN Jkt.Pst.

Gugatan ini diajukan pada Rabu 13 Januari 2021, dengan klasifikasi perkara, Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak.

Penggugat yakni Panca Adi Putra dkk, dengan tergugat MNC Aladin Indonesia

Dalam petitum disebutkan:

Mengabulkan Gugatan Para Penggugat untuk seluruhnya, dan menghukum Tergugat untuk membayar ganti rugi berupa sisa upah/sisa kontrak kepada Para Penggugat sebesar (tabel):

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
Foto: Petitum Gugatan
Petitum Gugatan 


Selain itu, menyatakan kewajiban Tergugat untuk menerbitkan surat keterangan kerja kepada Para Penggugat sebagai akibat pengakhiran hubungan kerja dan menghukum Tergugat untuk membayar uang paksa (Dwaangsom) sebesar Rp. 500.000 per hari apabila Tergugat lalai memenuhi putusan ini.

Lainnya yakni menyatakan putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu walaupun terdapat verzet, banding maupun kasasi (seketika setelah putusan ini di bacakan) (uitvoerbaar bij vorraad) dan Menghukum Tergugat untuk membayar segala biaya yang timbul dalam perkara ini.

Sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 27 Januari 2021, berdasarkan keterangan yang dimuat dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang diakses Jumat ini (15/1).

"Saya selaku mantan karyawan dari salah satu perusahaan Holding MNC Group mengalami pemutusan hubungan kerja secara sepihak Perusahaan MNC Group melakukan PHK sebelum berakhirnya kontrak kerja yang disepakati oleh Karyawan dengan Perusahaan," kata salah satu penggugat, Ahmad Mora Saputra, dalam keterangannya.

"Perusahaan beralasan melakukan PHK terhadap karyawan karena terdampak pandemi Covid-19. Saya selaku mantan karyawan sangat menyayangkan PHK yang dilakukan oleh Perusahaan.

Apalagi sesuai arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan PHK seharusnya dijadikan sebagai pilihan terakhir namun di sini perusahaan malah melakukan pilihan sebaliknya, perusahaan mengambil kebijakan pertama dengan melakukan pemutusan kerja kepada lebih dari 30% karyawan yang ada di MNC Aladin Indonesia," tulisnya.

Dia mengatakan, PHK yang dilakukan oleh perusahaan tanpa memperhatikan hak-hak yang seharusnya diterima oleh karyawan.

"Saya selaku mantan karyawan tidak mendapatkan konpensasi atau Pessangon dari Perusahaan atas PHK yang saya alami."

Pihaknya, bersama rekan kerja lainnya yang mengalami PHK ini telah melakukan musyawarah dengan pihak MNC Group.

Namun pihak perusahaan tetap kepada keputusannya untuk melakukan PPHK tanpa ada konpensasi atau pesangon yang diberikan kepada karyawan.

"Permasalahan PHK inipun telah ditangani oleh pihak Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta dan telah mengeluarkan anjuran kepada perusahaan agar Memperhatikan hak dari karyawan sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan agar Perusahaan Membayarkan Konpensasi sesuai dengan sisa kontrak kerja yang masih ada."

Dia mengatakan, dalam hal ini MNC Group telah mengabaikan anjuran dari Dinas Tenaga Kerja DKI jakarta, sehingga pihaknya bersama karyawan lainnya telah mengajukan gugatan tersebut.


Sumur


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 34 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Munarpan and latscar family .. kira2 brani gak demoo MNC groupps ..




Kalau berani gua kasih honda beat ..

Ngoahaha emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indrae9
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Zis Azis.... tolong didampingi. Free ya Zis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak
Ngoahahah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Apalagi sesuai arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan PHK seharusnya dijadikan sebagai pilihan terakhir namun di sini perusahaan malah melakukan pilihan sebaliknya, perusahaan mengambil kebijakan pertama dengan melakukan pemutusan kerja kepada lebih dari 30% karyawan yang ada di MNC Aladin Indonesia," tulisnya.

Kalo alasannya itu kenapa mintanya kompensasi bkn minta dipekerjakan kembali?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh titoa.ja
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Sekelas Anak Perusahaan MNC ngga sanggup bayar pesangon emoticon-Malu
Padahal ekspansi MNC ke sono-sini emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Duitnya Haji Tanoe dah mau abis kayaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Sebelum nya juga pernah begitu MNC..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 11 lainnya memberi reputasi
gimana nih hary tanoe

duitnya harusnya makin banyak soalnya udah gabung ama penguasa n anaknya jd wamen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kasihan ya mister aladin, pegi pegi.
Bikin iklan banyak untuk bisnis baru tapi malah ada pandemi.

Gw cek terakhir make traveloka itu di bulan februari 2020 .Booking hotel di bandung.

Sekarang traveloka paling juga kesulitan.

Gw rasa bergantung kepada pariwisata itu bukan ide yg sustain.

Joko dari periode pertama mengembor2kan pariwisatan dan ekonomi kreatif juga gak jalan2.

Menlen aja jadi kaya bukan karena pariwisata.. tapi industri.
Begitu juga jepang, korea, amerika dan eropa.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ga peduli duit bnyak , ekspan sana sini... Tau ndiri lah cino cino mau nya untung terus minimalkan kerugian 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Quote:


Quote:



si KH Tanoe itu skrg menderita gara2 goblok milih si aibon emoticon-Big Grin
bahkan jd bohir 212 emoticon-Stick Out Tongue
begitu aibon naik ngarepnya nilap anggaran APBD 90T
eh si gabut goblok ga bs ngurus anggaran APBD turun jauh 50T jdny skrg
malah buat banjir dipotong , formula E diurus ya makin kacau
mana bisa digarong
bisnis dia sunset lg ,televisi

dia mo join jokowi kan diancam kasus dulu br pindah
dan krn dia pindah bukan gara2 emg mau dukung jokowi dan partai dia kecil ga lulus treshold
susah dia garong APBN emoticon-Stick Out Tongue

bener sperti kata seseorang "Satu per satu akan dipermalukan"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo status pegawai kontrak diberhentikan sebelum kontrak habis dapet pesangon emang ya?
profile-picture
selldomba memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Setahu ane pesangon itu buat yg udh gawe lama trus di kali masa kerja gitu kali ya gan , ato ane salah emoticon-Malumalu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
diphk karena apa?

emoticon-Matabelo
Sejak kapan karyawan kontrak ada pesangon? Sisa upah mungkin iya ada. Misalkan kontrak 12 bulan. 9 bulan lu diputus kontrak. Sisa 3 bulan upah wajib dibayarkan jika pekerja tidak melakukan pelanggaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Belum pakai UU Cipta Kerja ni ya?
profile-picture
profile-picture
selldomba dan galuhsuda memberi reputasi
mana tuh serikat buruh said iqbal, bantuin dong!!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mister Aladin gak selaku tiket.com atau traveloka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 2 lainnya memberi reputasi
Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group


Hidup Jokowi!

emoticon-Ultahemoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan fr33uhi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Judul ga nyambung..sisa upah kok jd pesangon
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di