Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gojira1998Avatar border
TS
Gojira1998
Traktat Versailles 1919 : Awal Mula Bencana Kedua Eropa
Hai Selamat Datang di Thread ane!


emoticon-Hai


(Source : Google Image)

Berhubung setelah hasil pemilu kemarin untuk pemilihan tema besar berikutnya diadakan, dan hasilnya banyak yang memilih Eropa Pada Masa Antarbellum (Pasca Perang Dunia I Sampai Menjelang Perang Dunia II) dengan jumlah voting mencapai 20.69% (12 Votes). Maka sekarang kita memasuki tema besar Eropa Pada Masa Antarbellum (Pasca Perang Dunia I Sampai Menjelang Perang Dunia II).

Ketika perang saudara Rusia berlangsung pada tahun 1918 dan berhasil dimenangkan oleh kaum komunis Bolshevik, maka praktis Rusia sudah meninggalkan kancah peperangan di front timur. Absennya Rusia semakin dipertegas dengan adanya perjanjian damai Brest - Litovsk antara Kelompok Sentral (Jerman, Austria - Hungaria, dan Turki) dengan pemerintahan Soviet Rusia. Peperangan di front timur sudah tidak ada lagi dan dengan begitu Jerman bisa fokus untuk mengerahkan seluruh pasukannya ke front barat menghadapi pasukan sekutu. Tapi kedatangan pasukan tambahan Jerman ke front barat ternyata bersamaan juga dengan datangnya pasukan Amerika ke Prancis untuk membantu pasukan sekutu, sehingga pertempuran - pertempuran besar pun tidak dapat dihindarkan dan tetap terus berlanjut. Pucuk militer Jerman melihat bahwa perang ini tidak ada habisnya dan disatu sisi pasukan Jerman sudah mulai lelah untuk bertempur, ditambah blokade angkatan laut Inggris di laut yang membuat Jerman mengalami kelangkaan pangan dan obat di negaranya. Maka keadaan ini membuat Jerman mau tidak mau menyatakan gencatan senjata dan kalah terhadap sekutu, dan sekutu menyambut baik kekalahan Jerman itu dengan mempersiapkan suatu naskah perjanjian damai yang nantinya dikenal sebagai Traktat Versailles. Traktat ini menjadi bukti terjadinya perdamaian bagi sekutu, tapi tidak bagi warga Jerman karena isi dari perjanjian ini sudah mencoreng harga diri mereka, tidak sesuai dengan apa yang disebut sebagai perdamaian. Traktat perjanjian inilah nantinya akan menjadi awal dari bencana kedua di Eropa. Bagaimana bisa perjanjian damai menjadi sebuah awal bencana? mari kita lihat penjelasannya, cekidot gan! 

Spoiler for Jatuhnya Monarki dan Lahirnya Republik Jerman:



Spoiler for Konferensi Damai Paris 1919 dan Traktat Versailles:


 

Spoiler for Penolakan Terhadap Traktat Versailles:



Spoiler for Pasukan Prancis Menguasai Wilayah Rhineland:




Banyak dari warga sekutu yang menganggap bahwa Traktat Versailles menjadi sebuah awal baru perdamaian, ditambah dengan dibentuknya Liga Bangsa - Bangsa semakin menambah harapan akan dunia yang penuh perdamaian di masa mendatang. Mereka tidak melihat menjeritnya warga Jerman karena harga diri yang sudah tercoreng, selain itu perampasan wilayah Jerman membuat banyak warga Jerman mempunyai dendam tersendiri kepada sekutu. Traktat Versailles inilah yang nantinya akan dipakai oleh kaum ekstrimis nasionalis seperti Adolf Hitler sebagai propaganda perampokan besar - besaran sekutu terhadap wilayah Jerman, makanya tidak heran Traktat Versailles ini bukan perjanjian damai melainkan sebuah naskah balas dendam dan awal bencana bagi Eropa pada 20 tahun mendatang. 


Itu tadi thread ane yang berjudul Traktat Versailles 1919 : Awal Mula Bencana Kedua Eropa, jika agan/aganwati suka thread ini silahkan komen dan kasih cendolnyaemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) tapi jangan dibataemoticon-Bata (S) please. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan pada thread, sampai ketemu lagi di thread selanjutnya. Danke und Auf Wiedersehen! 


Spoiler for Sumber:

 


Spoiler for Silahkan Mampir Ke Thread ane yang Lain ya Gan!:



EasyPulsaAvatar border
FalianAriduaAvatar border
sposoloAvatar border
sposolo dan 51 lainnya memberi reputasi
52
7.4K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan