CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setelah Pencak Silat Kini Pantun Juga Resmi Menjadi Warisan Tak Benda Milik Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffee4aa10d2951080686f2e/setelah-pencak-silat-kini-pantun-juga-resmi-menjadi-warisan-tak-benda-milik-indonesia

Setelah Pencak Silat Kini Pantun Juga Resmi Menjadi Warisan Tak Benda Milik Indonesia

Buah kelapa buah srikaya
Jangan lupa kasih jonii cendol yaa

Haloo Apa kabar gansis? Sehat semua kan? Jonii harap semuanya selalu sehat dan tetap dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esaemoticon-Maaf Agan

Kenapa jonii awali dengan pantun?
Karena kali ini jonii mau kasih sedikit info mengenai PANTUN niihemoticon-Big Grin

Pantun merupakan suatu ungkapan yang mengandung suatu makna didalamnya dan hendak disampaikan dengan dikemas dan diiringi oleh nada, pantun berasal dari kehidupan kerakyatan.

Quote:



Sejarah pantun sendiri berasal dari rakyat melayu yang berada di riau pada waktu yang sudah lampau. Awal pembukuan pantun dilakukan oleh seorang sastrawan terkenal yang berasal dari riau yaitu Haji Ibrahim Datuk Kaya Muda Riau. Sebelum dibukukan oleh Haji Ibrahim, pantun hanya disampaikan dari mulut kemulut atau hanya secara lisan sampai akhirnya dibukukan sampai sekarang. Asal mula penamaan pantun pun cukup beragam dan berbeda - beda disetiap daerah, seperti dari bahasa minangkabau mereka menyebutnya patun yang berarti petuntun. Kemudian dari bahasa jawa parikan yang artinya peribahasa, dan contoh lagi dari bahasa batak umpasa.

Seiring perkembangan zaman, pantun semakin digemari dan sudah menjadi budaya tradisional dinegara kita. Bahkan sudah sangat tidak asing jika kita mendengarnya dikehidupan sehari - hari, tak tua maupun muda semua patut dan cocok kalau dalam bergaul kemudian mengungkapkan melalui pantun. Sampai sekarang pun pantun tak akan kedengaran aneh, malah akan menjadi suatu hal yang wah apabila kemajuan zaman kita barengi dengan kebudayaan asli milik negeri kita. Pantun lah yang kemudian akan menjadi identitas bangsa dengan bungkusan zaman penuh teknologi seperti saat ini.

Quote:



Tak sedikit usaha dari para pendiri bangsa untuk menjaga warisan bangsa ini dengan tujuan agar selalu ada, terjaga dan terlestarikan, demi tidak hilang bahkan dicuri oleh bangsa dan negara lain.

Kemudian usaha para pendiri bangsa pun membuahkan hasil karena pada 17 desember 2020 lalu, Secara resmi UNESCO menetapkan pantun sebagai warisan budaya tak benda milik indonesia dan malaysia. Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia dan malaysia merupakan suatu bangsa yang serumpun yaitu melayu. Tak menjadi masalah, yang penting pantun merupakan budaya bangsa yang sudah mendunia dan cukup andil dalam dikenalnya identitas bangsa indonesia dikancah internasional. Setelah terakhir pada tahun 2019 lalu budaya indonesia Pencan Silat sudah terinclude oleh UNESCO, sekarang bertambah warisan kita yang diakui oleh dunia yaitu pantun. Merupakan suatu kabar gembira dan sangat membanggakan bagi bangsa kita ini.

Quote:



Semoga dimasa mendatang, para generasi muda yang menjadi penerus bangsa mau dan mampu untuk selalu menjaga dan melestarikan sekian banyaknya warisan budaya indonesia termasuk pantun

Sambal tomat dicocol kubis napa
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa
emoticon-Hai

Referensi dari SINI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Jonii bangga menjadi generasi yang telah mengenal PANTUNemoticon-Cool
profile-picture
tom1988 memberi reputasi
Gmna pendapat kalian gan sis?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karoke bareng kris jon
Oke jon
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ikan hiu di dalam lemari...
Ikan teri di dalam belanga...
Setelah Pencak Silat Kini Pantun Juga Resmi Menjadi Warisan Tak Benda Milik Indonesia
Setelah Pencak Silat Kini Pantun Juga Resmi Menjadi Warisan Tak Benda Milik Indonesia
profile-picture
profile-picture
mabuhaybetty dan Si.jonii memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

pantun bukan nih gan ?

jalan lurus tak selalu mulus
maling-maling naik mersi
berdampingan terus dengan virus
penting tuk jaga kebersihan diri
emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
utiulele dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xelouw
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Budaya Indonesia. Tapi lebih terkenal berkat si Jarjit. Sedangkan Nussa? Gak penting ah. Yg penting ceramah dulu.

Jalan jalan ke kota padang
Jangan lupa membeli rendang
Apa itu dibalik kutang
Lunak lunak tak bertulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anan234 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mat.piere
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jaka sembung, bawa golok
emoticon-Ngakak
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Makan padang di RS Sari Bundo
Lauknya banyak tidak pelit
Pantun memang milik Indo
Tapi memang lebih terkenal karena Jarjit
profile-picture
profile-picture
Si.jonii dan mubafirs memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bang haji bawa botol....
Lanjutin gan
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sebelum di klaim negeri tetangga...
tapi di negara tetangga pantun juga membudaya...

edit:
eh iya dibagi adil warisan budaya Indonesia-Malaysia oleh UNESCO...
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Diubah oleh lanank.jagad
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jalan jalan ke pasar malam
Jangan lupa cari perawan

Ane bingung ini malam
mending mejeng di pekiwan emoticon-Traveller emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makan bakwan
sambil ngerem

pekiwan
emang keren

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan Si.jonii memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Empat kali empat sama dengan enambelas emoticon-Cool
Zempat nggak zempat harap dibalas emoticon-Cool
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Melayu sama betawi nih jagonya..kearifan lokal mereka
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hmmmm ga gitu suka pantun, lebih senang sarkasme emoticon-Hammer2


banyak-banyak belajar
supaya makin pintar
ilmu tambah banyak
makin bijak dalam bertindak

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
james.gordon dan 3 lainnya memberi reputasi
wah jadi inget jaman sekolah pas pelajaran bahasa indonesia disuruh bikin pantun emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Si.jonii dan utiulele memberi reputasi
Diubah oleh dhinyzfrn
Sebelum diembat oleh malaysia jd langsung diresmikan emoticon-Betty
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Dua tiga tutup botol
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gimana mau dilestarikan, kalo ngomongnya pake ana, antum, ukhti.
profile-picture
Si.jonii memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di