CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Investigasi KNKT Sebut Mesin Sriwijaya Air Masih Hidup Ketika Jatuh, Artinya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffdc19028c9913f1c7b02a1/investigasi-knkt-sebut-mesin-sriwijaya-air-masih-hidup-ketika-jatuh-artinya

Investigasi KNKT Sebut Mesin Sriwijaya Air Masih Hidup Ketika Jatuh, Artinya?

Investigasi KNKT Sebut Mesin Sriwijaya Air Masih Hidup Ketika Jatuh, Artinya?TEMPO.CO, Jakarta -Komite Nasional Keselamatan Transportasi disingkat KNKT mengumumkan hasil investigasi sementara pihaknya terhadap jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, pada Sabtu lalu.

Hasilnya, terungkap bahwa mesin pesawat tidak mengalami mati mesin saat terjatuh dan menghantam air.

"Di ketinggian 250 kaki, sistem pesawat masih berfungsi dan mampu mengirim data. Dari data ini kami menduga bahwa mesin dalam kondisi hidup sebelum pesawat membentur air," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Januari 2021.

Lebih lanjut, Soerjanto mengatakan hasil investigasi itu merupakan hasil pengumpulan dari data radar (ADS-B) dari Perum LPPNPI (Airnav Indonesia). Dari data tersebut, tercatat pesawat mengudara pada pukul 14.36 WIB, terbang menuju arah barat laut dan pada pukul 14.40 WIB pesawat mencapai ketinggian 10.900 kaki.

Pada ketinggian itu, pesawat tercatat mulai turun hingga sebelum hilang kontak pada ketinggian 250 kaki. Selain itu, data lapangan lain yang didapat KNKT dan KRI Rigel adalah sebaran wreckage memiliki besaran dengan lebar 100 meter dan panjang 300 - 400 meter.

"Luas sebaran ini konsisten dengan dugaan bahwa pesawat tidak mengalami ledakan sebelum membentur air," kata Soerjanto.

Yang semakin menguatkan dugaan bahwa mesin pesawat dalam keadaan hidup saat jatuh,yakni saat Basarnas menemukan turbine disc dengan fan blade yang mengalami kerusakan. Jenis kerusakan pada fan blade itu, kata Soerjanto, menunjukan bahwa kondisi mesin masih bekerja saat mengalami benturan.

Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari pukul 14.40 WIB dan jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 14.36 WIB. Jadwal itu mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.

Berdasarkan data manifest, pesawat yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Mereka adalah 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra.

https://metro.tempo.co/amp/1422626/i...mpression=true

Apakah pesawat terhantam petir dan membuat awak pesawat mengalami pingsan seketika...

Ah elah pikiran ane kog berasa eror yaak emoticon-Hammer2

Opini yg bagus emoticon-Malu

Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Oechup dan 64 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 6
Bukannya pesawat Ada penangkal petirnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
margaery dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
ratusan tahun kedepan bakal begini terus tebak2an kalo ga pernah ada rekaman cctv nya, kan harusnya possible, roket terbang ke atmosfir aja ada yang bisa dipantau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintameong dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
TS mending ganti gambarnya, soal gambar pesawatnya salah.
Itu bukan Boeing 737-500 tipe yg jatoh kmrn.
737-500 ga ada wing tip melengkung nya


Eh...koreksi ding -500 upgrade udah ada wing tip nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gendhu89 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lpk02
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 69 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 69 balasan
Hmmm pikiran liar bermain kesana kemari.
Tapi mohon buat bray2 di mari tahan dulu kalo ada pendapat yg di luar dari dunia penerbangan, gimanapun juga untuk sekarang kita doakan dulu aja semua korban. Untuk pastinya kita tunggu hasil investigasi dari pihak yg berwenang emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yxgk
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Kalau mau suicide harusnya tabrakin ke gedung tinggi, atau tabrakin ke gedung bandara tujuan, biar lebih greget emoticon-Malu






































emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Susah nih, tau sendiri lah indonesia ini, banyak big player yg atur, kayak insiden adam air gk diumumkan hasil penyelidikannya, singa bolak-balik bermasalah masih boleh beroperasi.

Apa yg ini bisa transparan hasilnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
youdontsee dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mewtwo68d
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Jadi kemungkinan lain dari oesawat jatuh, apa?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan itilnjepat memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Rudder issue di boeing sudah sering terjadi (khusus boeing seri lama)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintameong dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jims.bon007
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apapun itu semua, turut berduka cita untuk para korban emoticon-Berduka (S)
Dan keluarga korban dapat mengikhlaskan emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecintameong dan 9 lainnya memberi reputasi
Ane ikut sedih aja dlu dah, krna tau rasanya di tinggal sma anggota kluarga kandung emoticon-Mewekemoticon-Turut Berduka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
kalau menurut gw penyebanya kombinasi antara faktor cuaca dengan kondisi pesawat, mesin masih hidup dan body utuh tidak menjamin bebas gangguan saat terbang. Sudah ada berita juga kalau oesawat ini sempat diparkir sembilan bulan sebelum digunakan lagi bulan Desember.
Kalau lihat kasus sebelumnya, Lion air misalnya setelah diselidik ternyata karena software mcas yg terinstall mengarahkan pesawat ke bawah, air asia (2014) karena kerusakan pada ekor pesawat, terus adam air karena kerusakan alat navigasi yang berakibat kekeliruan pilot mengambil keputusan.

soal kenapa pesawat tetap kebawah padahal mesin masih hidup sudah ada yang bahas, kalau pesawat yang kehilangan ketinggian tiba tiba seperti ini dari 10,000ft dalam waktu kurang dari semenit akan berakibat fatal buat tubuh seluruh penumpang dimana sebelum menyentuh laut para penumpang sudah pada pingsan dan atau meninggal di tempat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akirayamagashi dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Vikutorika
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Intinya hanya sebatas opini dari tingkat kerusakan bangkai pesawat. Kejadian penuh hanya bisa diungkap dari kotak hitam dan kotak rekaman suara.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Gailham memberi reputasi
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
knoopy dan extreme78 memberi reputasi
Kalo liat puingnya gak mungkin itu gak meledak, paling logis ya meledak di dalam air
Jadi kata nelayan yg ngira denger suara ledakan dr bawah laut mungkin bener

Mungkin pas jatuh emang uda pada pingsan, jadi ya gak sempet ngapa2in walau mesin masih hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gw bayanginnya mobil ferrari lagi ngebut gitu di cuaca badai, tiba2 mesinnya mati....gitu sih...itu pesawat tentu aja lebih kenceng daripada ferrari ya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan gh20 memberi reputasi
semoga entar bisa terungkap setelah blackbox (FDC dan CVR) dibuka datanya emoticon-Toast
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
iya, gue rasa ada malfungsi pada sistem kendali.
Sehingga, pesawatnya out of control.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
baca komen para ahli kaskus sambil maem gorengan

GIF
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mo bukaa jd tkt (sending pray for SJ 182)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di