CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffd97767414f5452a274273/bahaya-aquaplaning-di-jalan-kering-bagi-pengendara-emang-ada

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

[ HT# 688 HT#689 ]

Selama ini kita mengenal istilah Aquaplaning atau Hydroplaning di jalan yang basah karena memberikan dampak yang merugikan bagi pengendara yang mengalaminya. Efek ini membuat roda kendaraan tidak menapak tepat pada permukaan aspal tapi terjadi 'gap'  antara aspal dimana gap itu berisi air.

Akibatnya ban tidak mampu melakukan traksi pengereman, yang ada kendaraan seperti meluncur bebas, liar, sulit di kendalikan karena seolah rem tidak berfungsi lagi.

Tapi sadarkah kamu kalau selama ini ternyata ada juga efek Aquaplaning atau Hydroplaning ini di jalan kering? Jawabannya adalah bisa!

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Efek Aquaplaning atau Hydroplaning yang terjadi pada jalan kering kurang lebih sama, yakni pengereman tidak berfungsi maksimal, ban sedikit mencengkram permukaan aspal. Jika pegemudi tidak siap maka kendaraan pun ikut meluncur, berjalan liar seolah tanpa kendali.

Aquaplaning atau Hydroplaning di jalan kering biasanya terjadi pada permukaan jalan yang berpasir atau kerikil halus yang banyak. Hal ini terjadi bisa karena tumpahan pasir pada truk atau jalan yang sudah amat rusak tapi tidak segera diperbaiki.

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Pastinya kita sudah bisa membayangkan atau pernah mengalami ban selip ketika kita mencoba mengerem di permukaan jalan yang berpasir, bukan?

Ya, itulah kejadian mirip seperti Aquaplaning atau Hydroplaning, tapi di versi jalan kering. Jadi mulai sekarang pengendara melihat ada jalan basah menggenang ataupun berpasir sekalipun efeknya akan sama, merugikan pengendara yang tidak siap dengan kondisi jalan.

Untuk itu setiap pengendara yang berpengalaman biasanya akan selalu waspada membaca situasi dan kondisi jalan, cepat mengambil keputusan yang tepat, dan mampu mengendarai dan menguasai kendaraannya dengan benar.

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Cara menghindari efek Aquaplaning atau Hydroplaning bagi pemotor saat di jalan kering berpasir ini langkah pertama adalah melambatkan kendaraan sehalus mungkin, jangan langsung mengerem spontan (hard braking) apalagi dengan rem depan akan membuat motor jadi mudah terjatuh.

Pegang stang dengan kuat, posisikan badan dengan keseimbangan yang baik, jangan panik, lakukan pengereman secara halus yang diawali dengan pengereman ban belakang secara bertahap baru kemudian setelah kendaraan sudah benar-benar melambat variasikan rem depan secara halus berbarengan dengan rem belakang.

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Sedangkan bagi kendaraan roda empat manual teknik pengereman yang baik saat jalan berpasir ini adalah dengan melakukan pelambatan laju kendaraan, melakukan teknik Engine Brake sambil menurunkan posisi gigi ke gigi terendah secara berurutan, setelah kendaraan sudah benar-benar pelan bisa di variasikan pengereman secara halus saja, posisikan tangan pada stir dengan kuat sambil terus mengarahkan ke jalan yang aman.

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Sedang untuk kendaraan roda empat berjenis matic maka tempatkan tuas perseneling di posisi Overdrive Off atau Sport yang tujuannya masuk ke rasio gigi lebih rendah.

Tapi jika dua fitur ini tidak ada maka driver bisa menurunkan gigi rendah secara bertahap sambil menginjak rem, pidahkan tuas dari posisi D ke 3, 2, dan bahkan 1 atau L lalu teus injak rem secara tipis sampai ditemukan laju yang stabil sambil arahkan stir ke jalan yang aman.

Nah, itulah istilah Aquaplaning atau Hydroplaning di jalan kering dimana orang sering kali lupa bahaya jalan berpasir ini efeknya negatifnya nyaris sama dengan Aquaplaning atau Hydroplaning.

TAPI, hal tak kalah penting lainnya adalah pastikan kondisi pengereman, kelayakan ban, kendaraan sehat, dan terawat selalu, ya.

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan pengalamanmu di kolom komentar jika memiliki pengalaman tentang istilah Aquaplaning atau Hydroplaning di jalan kering ini. Terimakasih.

Referensi. TKPeh1, TKPeh2, TKPeh3
Img.google img

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?

Copyright © 2016 - 2021 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
ngepot emoticon-Smilie
Pening emoticon-Amazed
Katanya bisa dikurangi dengan antilock braking system.. tapi belom tau juga sih karena nggak punya kendaraan pake system ini.. motor ane pernah ngepot, ban belakang ngunci karena udah gundul.. nyaris aja ndlosor. Bener nih penting merawat kendaraan agar senantiasa prima.
emoticon-Ngacir2
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sip.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Resiko paling gede ya pas naik motor emoticon-Takut
Sudah berapa kali kegelincir tapi syukur gk jatuh efek hydroplaning emoticon-Takut apalagi pake perseneling turbo dengan hydrodinamic emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jazzcoustic memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gua hampir pernah jatuh keseret karena hal ini dulu pas gua masih liar (dalam arti baik lo ya) emoticon-Ngakak

Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Buat motor asal stang tetep lurus ga jatuh.
Ane dah coba waktu latihan emergency brake. Motor tetep jalan walo ban ga muter, istilahnya apa ya... Lupa ane.

Yg paling bahaya waktu di tikungan aspal berpasir atau banyak kerikil halus jgn coba2 akselerasi ban bakalan slip + motor miring + stang belok sebuah combo yg sempurna.

Yg suka off road udah ga kaget. Karena ada tekniknya. Apa lagi yg suka rally, nge-drift deh
emoticon-Malu
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh AirFie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pake mobil awd + abs ez dilakukan wkwkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu ane pake battlax 39 aja nyerah klo ketemu kaya gini, harus tenang sii dan pake engine break

Btw nice share TSemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh dilute_31
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jalan berpasir ya gan emoticon-Malu
Bahaya Aquaplaning Di 'Jalan Kering' Bagi Pengendara, Emang Ada?
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
Bahaya juga ini meski di jalanan yang kering emoticon-Matabelo
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Saya pernah di Tol mau ke Jakarta, parah emang, jadi kayak melayang gitu
Bener, hati hati aja kalo posisi ngebut, ada genangan
parah bener ya
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di