CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffce57d9a972e084615c460/warga-tolak-vaksin-sinovac-dari-china-bisa-dipenjara-1-tahun

Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun

Jakarta, CNN Indonesia -- Rangkaian vaksinasi covid-19 akan dilakukan pemerintah pada esok, Rabu (13/1). Vaksin Sinovac telah mendapat restu BPOM untuk digunakan secara darurat, dengan tingkat efikasi 65,3 persen. MUI telah menerbitkan fatwa halal terhadap vaksin asal China tersebut.
Semua warga Indonesia diwajibkan turut serta dalam program vaksinasi. Pemerintah menegaskan akan memberikan sanksi pidana bagi masyarakat yang menolak. Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej menilai vaksinasi Corona bersifat wajib bagi warga Indonesia.

"Jika ada warga negara tidak mau divaksin bisa kena sanksi pidana. Bisa denda, bisa penjara, bisa juga kedua-duanya," ucap Edward dalam sebuah webinar, Sabtu (8/1) lalu.

Edward merinci sanksi pidana dapat diterapkan bagi warga melanggar, baik berupa sanksi denda hingga penjara, atau bahkan keduanya sekaligus, mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Pasal 93 UU Kekarantinaan Kesehatan menjelaskan bahwa setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan bisa dipidana dengan penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp100 juta.

Edward mengatakan hukuman pidana akan menjadi alternatif paling akhir untuk diterapkan. Artinya, hal itu bisa dilakukan setelah instrumen penegakan hukum lain tak berfungsi.

"Artinya sosialisasi dari dokter, tenaga medis, itu penting untuk menciptakan kesadaran masyarakat," kata Edward.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut menerapkan instrumen hukum bagi warganya yang menolak untuk divaksin.

Terdapat perbedaan pandangan dari Persatuan Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Zubairi Djoerban menilai pemerintah tidak bisa memaksakan seluruh warga untuk disuntik vaksin corona.

Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut setiap orang yang dengan sengaja menolak vaksin akan dipidana dengan pidana denda paling banyak sebesar Rp5 juta. Meski demikian, lingkup pemberlakuan Perda tersebut hanya terbatas pada wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Zubairi merinci warga/pasien boleh memilih untuk disuntik vaksin atau tidak setelah diberikan penjelasan oleh pihak yang memiliki kewenangan. Dengan kata lain program vaksinasi harus dengan persetujuan warga atau pasien.

"Biasanya di kedokteran ada istilah konfidensialitas dan konsen. Konsen artinya setelah diberi penjelasan, maka pasien boleh memilih, mau disuntik atau tidak, mau disuntik atau tidak mau obat ini atau tidak," kata Zubairi Sabtu (19/12) lalu.

Zubairi menilai pihak-pihak yang menolak diberikan vaksin Corona bisa berpotensi menimbulkan masalah baru dalam penanggulangan pandem di Indonesia. Meski demikian, ia meyakini jika mereka yang menolak dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai pentingnya vaksin di tengah pandemi.

Zubairi meminta pemerintah mencari cara efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya vaksin.

"Saya lebih cenderung beri edukasi yang lebih baik dan benar oleh orang yang berwenang dan dihormati oleh yang bersangkutan," ujarnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin virus covid 19, Senin (11/1).

Kepala BPOM Penny Lukito merilis hasil evaluasi dari laporan uji klinis sementara atau interim tahap III Vaksin Sinovac sebesar 65,3 persen.

Angka tersebut sudah sesuai dengan standar atau ambang batas efikasi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni minimal 50 persen. Dengan demikian, berdasarkan evaluasi tersebut, BPOM kemudian mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin covid-19 produksi Sinovac di Indonesia.

Menindaklanjuti rekomendasi BPOM, Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi menetapkan fatwa halal untuk vaksin Sinovac. Vaksin tersebut kini boleh digunakan oleh umat Islam.

"Memutuskan, menetapkan fatwa ketentuan hukumnya vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences China dan Bio Farma hukumnya suci dan halal," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/1).

(rzr/ain)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...enjara-1-tahun



Pilih suntik atau penjara?? emoticon-Ngakak


Makin idiot tinggal di negeri ini gara2 pemimpinnya emoticon-Ngakak



Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun



Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun


udah di vaksin duluan pun masih nuduh warga negara orang emoticon-Gila


Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun


sebelumnya yg dipenjara dibebaskan karena takut penyebaran covid, skrg yg sehat gak mau suntik vaksin diancam penjara,, terus yg udah dipenjara gak mau suntik vaksin apa ditambah hukumannya?? emoticon-Ngakak





Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selldomba dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sniper2777
Halaman 1 dari 2
Masih menunggu komentar kaskuser sinophobia pemuja bule barat yang iri dengan kemajuan China

Hahahaha
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan areszzjay memberi reputasi
kalo menolak sinovac tp milih pfizer gimana?
apa dipenjara?
kenapa memaksa skali mesti pake cina ?
ada apa dengan sinovac cina ?
dibayar berapa sama cina ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otce dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otce dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mesir, Turki, UAE jg pake Sinovac, kagak pake ribut2 kek kadrun dimari emoticon-Wakaka
ya ude sono lu minum kencing onta atau ramuan antah berantah ustadz adi hidayat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 4 lainnya memberi reputasi
stupid, dipenjara itu yg kaga mau divaksin.
mau pake merk apapun pokoknya tervaksin.
berlaku jg pada vaksin wajib laen. gratis pula
peraturan yg sama di seluruh dunia, gegara antivaxxer k0nt0l

PS: judulnya menyesatkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 7 lainnya memberi reputasi
Media indo emang paling pinter bikin judul berita yg bikin rame emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan itilnjepat memberi reputasi
Bener-bener udah kek film zombie sumpah. Saat inilah waktunya komnas HAM bekerja. Urusannya jelas, soal hak kemanusiaan. Bukan semata SARA. Cari penanggungjawabnya tentang hak yang akan didapatkan ketika terjadi kontraindikasi terhadap pasien. Jangan asal suntik terus diudahin gitu aja.

Bukan antivaxer tapi ngeri kali untuk vaksin yang satu ini, cuy.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jalanancur dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Warga Tolak Vaksin Sinovac dari China Bisa Dipenjara 1 Tahun



bagaimana klo kita hanya ingin menggunakan vaksin yg direkomendasikan WHO?? emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan itilnjepat memberi reputasi
Cuma di negara ini yg latah sama koronak dan fucksin emoticon-babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
ya pada milih penjara aja sono..
kan cuman setaun...
makan minum geratiss..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bukannya ini bertentangan dengan UU yg menjamin hak pasien untuk menolak tindakan medis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jalanancur dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo gak begini yang ada opunk yang bisa dipenjara sama sino mengleng
Atas alasan politik, kedunguan kadrun .asih mau dilanjutkan???

Sekalipun presebtasi ga mencapai 100%

Ikhtiar buat memvaksin seluruh warga negara RI itu udah luar biasa...

Ini republik dgn penduduk ratusan juta dgn sebaran yang luas....

Kalo ga mau d vaksin Sinovac, ya cari solusi sendiri, misal ke luar negri yang udah komersial vaksin pfizer atau yg lain....

Sementara ratusan juta penduduk yg lain yg ga punya kesempatan yg sama jgn lu provokasi buat nolak vaksin atas nama sentimen pribadi (Ras Agama Politik)...

Hukuman penjara kayaknya ga bakal bikin efek jera buat orang orang ini...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan areszzjay memberi reputasi
Ane disuntik crystal meth aja
profile-picture
KurohinaM1911 memberi reputasi
Kalau edukasinya baik dan benar, ngak akan ada protes dan penolakan, dan ngak akan muncul ancaman hukuman dari pemerintah
profile-picture
KurohinaM1911 memberi reputasi

At the event, government ministers repeatedly referred to the first vaccine as either Pfizer's or BioNTech’s.

"We have an in-principle agreement with Pfizer," Lam said on Dec. 11 while explaining the logistics of distributing the vaccine.

But later that night, the government's language changed. It issued a statement clarifying that it had ordered the doses through Chinese pharmaceutical giant Fosun Pharma, BioNTech’s COVID-19 partner in China. Fosun Pharma, the statement said, would control the "sales and marketing" of the vaccine in Hong Kong, meaning the doses will carry Fosun's name. The statement also specified that the doses would be manufactured in Europe, not in China.

The backlash was swift, as critics called out the government for what they saw as an attempt to gloss over the involvement of Fosun, a firm based in mainland China. Mary Ma, a local newspaper columnist in Hong Kong, argued that the government's effort to brand the vaccine as Pfizer's at the press conference, without mentioning that it would be sold by a Chinese company, was a public relations flub that could "backfire" by undermining public trust in the vaccine.

To be sure, the vials of the BioNTech vaccine headed for Hong Kong contain the same immunizing cocktail that hospitals in the U.S., Canada, and the U.K. have received. But Fosun marketing and distributing the doses is unique to mainland China, Hong Kong, Taiwan and Macau, and its role could complicate distribution of the vaccine since some people in the region are skeptical of any company associated with mainland China.


haiyaaa ciilaaka luuwa weelas waaa

Malang nian Indonesiaku!!!!

Oowlang Cina yg mampu ajee gak mau jd "babi percobaan" waaa!!!! emoticon-Ngakak (S)

Padahal Vaksin nyeee bikinan Eropa cuman DISTRIBUTOR nyeee Perusahaan Cina waaa!!!!

Cuman negara2 Korup yg pake Vaksin Cina waaa?????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .haiyaa
Cuman jakarta aja bikin aturan dongo kayak gitu..

Wan cuan lagi nyari duit buat nyapres
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
jgn coba2 kritik vaksin dari cina..bisa runyam urusanya kaya brasil n turki dilarang produknya masuk cina..makanya pada ngalah lah...demi kepentingan bersama...
profile-picture
profile-picture
abigorgrind dan KurohinaM1911 memberi reputasi
judulnya menyesatkan, kenapa harus ada kata "dari china"?? yg dipenjara itu yg menolak vaksin dari semua merk dan negara..sikadal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 2 lainnya memberi reputasi
kuda troya nih, kalo ngirim tki full covid,
pasti porak poranda
profile-picture
KurohinaM1911 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di