CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffc683082d49577aa2312bd/cara-membuat-sate-kere-khas-cembengan-jogja

Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

Assalamualaikum

Hai, agan sista, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya? Aamiin.

Agan sista, musim dingin gini enaknya makan apa ya? Kalau ane sih lagi pengen banget makan makanan khas Jogja yang banyak dijumpai di acara-acara tertentu. Semisal cembengan atau yang kita kenal dengan nama pasar malam. Hayo, agan sista ada yang tahu?
Quote:

Yes! Sate kere.

Ada yang belum tahu apa itu sate kere?

Gini, Gansiat, sate kere sebenarnya ada banyak macamnya. Ada sate kere yang berbahan dasar gembus. Agan tahu gembus, kan? Gembus itu terbuat dari ampas tahu. Nah, kalau yang dari Jogja dan khas Cembengan adalah sate kere yang berbahan dasar gajih (lemak sapi). Wew, lemak sapi dijadikan sate? Emang bisa? Bisa dong, Gansist.

Biasanya lemak sapi digunakan untuk campuran kuah bakso ya kan? Nah, di Jogja lemak sapi bisa dijadikan sate, loh. Kreatif banget, kan?

Sate kere ini favorit ane, Gansist. Teksturnya yang kenyal dan manis gurih, bikin lidah bergoyang. Tapi, Gansist, tidak semua orang menyukai sate ini. Di keluarga ane saja, cuma ane yang suka, lainnya nggak ada yang suka.

Nah kali ini ane mau ngebagiin resep cara membuat sate kere. Kali aja, agan sista ada yang penasaran bagaimana rasa dari sate kere ini. Sekuy, simak baik-baik ya.

Bahan-bahan
250 lemak sapi
2sdm gula jawa

Bumbu halus.
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari
1 sdt tumbar
1 sdt gula jawa
Garam dan penyedap rasa

Langkah-langkahnya
1. Rebus lemak
Quote:

2. Tumis bumbu halua sampai wangi, tambahkan air tunggu hingga mendidih, lalu masukkan lwmak dan gula merah. Masak sampai air menyusut
3. Angkat dan potong-potong lwmak, lalu tusuk
4. Bakar di atas bara
Quote:

5. Sate siap dimakan.

Gimana, mudah, kan Gansist cara membuat sate kere ini. Bahan mudah didapat dan murah meriah, udah gitu cara membuatnya juga gak ribet.

Sekedar informasi, ya, Gansist, sate kere ini enaknya disantap saat sate masih panas atau hangat-hangat kuku. Karena jika sudah dingin lemaknya bakal nempel di lidah dan langit-langit mulut. Selain itu, setelah memakan sate kere lemak khas Jogja ini, agan sista jangan langsung meminum minuman es, karena lemaknya akan menempel di mulut. Minum yang anget-anget.

Selamat mencoba!

Tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lintangayudy
Halaman 1 dari 2
Kayane enak ya. Tapi kolestrol mengancam🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
b4perman dan lintangayudy memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Daging apa aja?
profile-picture
profile-picture
b4perman dan lintangayudy memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah, bisa bikin gemuk ini. Ayo, yg tubuhnya kerempeng silakan merapat. 🤭
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Wahhh baru tau nih ane tentang sate kere. Kapan kapan pengen nyobain deh penasaran banget rasanya kaya apa hehehe
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makan sate kere yang lemak sate itu 1-2 tusuk aja udah cukup kenyang dan eneg emoticon-Ngakak lebih dari itu dah gak nikmat
profile-picture
profile-picture
antokoplak dan b4perman memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wow enak banget ya......jadi pingin makan sate nih....dikasih nasi hangat ...mantap.
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lemak aja, kyak enak tp takut ntar bikin gendut
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Apa ini kere kere
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bikin laper ae nih emoticon-Cape d...
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gajih enak si tapi jangan kebanyakan emoticon-Big Grin
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wahhh bikin laper nih thread hehe, bisa nih dicoba resepnya, biasanya kalo nyate sendiri sih pake bumbu asal-asalan yang penting ada rasa wkwk
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan b4perman memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pilih yg campur aja gan, jadinya satu porsi cuma beberapa tusuknya aja yg lemak selebihnya yg tempe gembusnya. Ane pernah nyobain sih cuma serem jg lemaknya bikin kolesterol wkwk. Lagian klo dimakan udah dingin lemaknya susah dimakan
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Diubah oleh siangpenat
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
wahhh ane suka banget deh beli sate kereeeeee
dipojokan pasar beringharjooo ituu
dan NIKMAT banget dehh
btwww, thanks yaaa sharing infonyaaaaa menarikkk
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener, makannya enak pas anget2 atau baru mateng. rasanya meleleh di mulut emoticon-Big Grin
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
iniiiiii sama gk siiiiyy sama sate jando yang ada di kota bandung ituuu?? apa bedaaa??
Wuis......mantabs bnget gan. Jd pengen makan sate nih. Nikmatny euy.....
Wahh sepertinya enak nihh, kalau ane emang demen sate kere yang dari tahu gembus itu sihh
Sate kere memang makanan tradisional dari jaman dulu sampai sekarang masih aja dikenal namun dengan berkembangnya jaman maka sate kere sekarang sedikit peminatnya..namun kalau rasa sudah pastii jooosss mantaafff dehh
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane kira sate kere tuh khasnya cuma di soloraya aja gan, ternyata daerah di jogja juga ada ya
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Caranya biar gak bau gimana gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di