CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffc2e1909b5ca38813e6f53/sealand-negara-paling-kecil-di-dunia-luasnya-hanya-550m-loh

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!

Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista sekalian, bagaimana kabarnya? Sehat bukan? Harus sehat dongemoticon-Blue Guy Peace

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!

Jika Agan dan Sista diberikan pertanyaan tentang Negara apakah yang terkecil di dunia? Pasti sebagian dari kalian menjawab Vatikan bukan? Ya, Vatikan juga memanglah sebuah negara kecil yang hanya memiliki luas sebesar 0,44 Km². Tapi, tahukah Agan dan Sista kalau ada negara lain di dunia ini yang luasnya jauh lebih kecil dibandingkan Vatikan? Kalau belum tahu, silahkan simak dibawah ini ya.

Negara paling kecil di dunia yang bahkan jauh lebih kecil dari Vatikan merupakan Principality of Sealand. Seperti namanya, Sealand terletak di tengah Lautan, dimana negara ini berada 12 Km dari Pantai Suffolk (Inggris). Seperti yang ane katakan tadi, luas dari Sealand jauh lebih kecil dibandingkan dengan Vatikan, dimana Sealand hanya memiliki luas sebesar 550 m². Mungkin jika dibandingkan, luas negara ini hanya sebesar rumah mewah milik artis-artis.

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!

Ada perbedaan besar yang memisahkan status Sealand dengan negara-negara lainnya seperti Vatikan, yaitu kedaulatan atau pengakuan kedaulatan sebagai suatu negara. Yaps, Sealand sampai saat ini belum diakui oleh dunia sebagai suatu negara, namun Sealand tetap berdiri sampai saat ini. Untuk kasus ini, Sealand lebih cocok disebut sebagai Micronation, yaitu sebuah komunitas atau entitas kecil yang mengakui dirinya sebagai sebuah negara, tapi tidak diakui oleh negara berdaulat manapun sebagai sebuah negara.

Dengan ukuran yang hanya 550 m² dan bentuk yang lebih mirip seperti kilang minyak di tengah laut, ternyata Sealand dulunya adalah sebuah benteng pertahanan Inggris pada PD II yang disebut Fort Roughs. Asal-usul mengapa Sealand menjadi negara terjadi pada tahun 1967, dimana saat itu ada seorang pensiunan tentara Inggris bernama Roy Bates yang datang ke Fort Roughs dan mendeklarasikan tempat tersebut sebagai sebuah negara. Hmm, hebat ya bisa klaim sendiri.

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!Bendera Sealand

Sejak tahun 1967 lah Fort Roughs beralihfungsi dari Benteng Pertahanan menjadi sebuah Negara. Dan sebagai sebuah negara, tentu Sealand memiliki bendera sendiri. Tak hanya itu, Sealand juga memiliki lagu kebangsaan, mata uang, perangko dan juga sistem pemerintahannya sendiri. Untuk saat ini, Sistem Pemerintahan Sealand adalah Monarki, dimana yang berada dibangku kekuasaan Sealand adalah Keluarga Roy Bates.

Ukuran suatu wilayah tentu sangat mempengaruhi jumlah penduduk, itulah yang terjadi di Sealand. Dengan ukuran 550 m², sealand tercatat hanya ditinggali oleh 22 warga. Terlalu sedikit untuk sebuah negara, bahkan jumlah warga di RT ane aja lebih banyak dsri Sealand ini. Tapi meskipun begitu, dengan jumlah 22 warga saja Sealand memiliki Tim Sepakbola loh, keren bukan?

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!

Jadi, untuk negara terkecil di dunia yang diakui kedaulatannya tetaplah Vatikan. Sedangkan Sealand merupakan negara terkecil di dunia yang keberadaannya masih belum diakui negara berdaulat lain, termasuk PBB.

Kira-kira seperti itulah penjelasan tentang Sealand yang bisa ane jelaskan kepada Agan dan Sista sekalian. Bagaimana menurut Agan Sista? Apakah kalian mengakui keberadaan Sealand sebagai suatu Negara?

Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!
Roy Bates (Pendiri Sealand) dan Istrinya

Sumber referensi : Tulisan Pribadi, dari sini dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5

Mampir Ke Thread Ane Yang Lain Juga Ya Gan Sist!

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan samsol... memberi reputasi
Diubah oleh batzforum
Ane pengen liburan ke situ nih...
Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!
Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wohhhhh ane baru tau ey ada ini wilayah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YarXpert dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
berarti dari 22 itu ada 11 orang yg bisa main bola ya. blm sama pemain cadangannya
profile-picture
batzforum memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mudah2an jd py ane
profile-picture
profile-picture
kreator.9.ES dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Nice info & nice thread agan TS. Semoga jadi HT emoticon-2 Jempol

22 warga negara, kalau ada pemilu, bakal sangat mudah tuh, paling hitungan menit emoticon-Ngakak

Quote:

Ane juga gan emoticon-Big Grin

Quote:

Betul, maksimal cuma 2 tim tanpa cadangan emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Wah agan mau invasi? emoticon-Takut emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
limandut dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Itu klo kesamber badai langsung ilang tuh smua warna negaranya 😀
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa ngga bosan ya, hampir seumur hidup menyaksikan pemandangan yg sama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itsmoll12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
berita jaman kapan ini emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mohexbro dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa harus jd negara,ama warga RT ane aja msh banyakan warga RT ane..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang ane bingung mereka dapet bahan makanan dari mana ya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
repot ngurusin apa-apanya sendiri semua, di klaim sendiri, demo sendiri..
gak seru hahahahaha
Sealand, Negara Paling Kecil Di Dunia! Luasnya Hanya 550m² Loh!
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Disini mah di sebut, Bedeng Tukang Mancing emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lontongpecell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Parkir motor mesin hidup selama sebulan penuh juga pasti aman nih di negara ini...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menarik sekali untuk hal ini gan, negara terkecil dan barangkali ada yang sudah ke sana. Silahkan untuk terus menjadikan pulau itu sebagai tempat yang bagus tanpa dirusak.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
biar apa sih? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nama negaranya kok 'sialan'?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keliling negara cuma perlu beberapa menit aja 😅
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
22 orang itu ga ada yg selek kan emoticon-Ngakak..
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana kalau kita jajah emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan batzforum memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di