Kaskus

Entertainment

iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
Cara Mudah Bikin "Job Desk" untuk Rekrut Karyawan Baru

Cara Mudah Bikin "Job Desk" untuk Rekrut Karyawan Baru

Sewaktu masih menjadi seorang job hunter, kita semua tentu tidak asing dengan rincian yang terdapat dalam lowongan pekerjaan. Dengan saksama, biasanya kita baca hal tersebut secara detail. Mulai dari posisi yang ditawarkan, kualifikasi yang dibutuhkan, hingga ruang lingkup (scope) dan tanggung jawab pekerjaan. Untuk apa? Pastinya sebagai panduan agar kita tidak salah memilih pekerjaan, serta tahu apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan pembuka lowongan. 

Cara Mudah Bikin "Job Desk" untuk Rekrut Karyawan Baru

Quote:


Sekarang kenyataannya kita balik. Kamu sudah dapat kerja bahkan sudah menempati posisi manajerial. Suatu waktu departemenmu membutuhkan kandidat baru, dan kamulah yang beruntung mendapatkan tugas perekrutan sampai menulis deskripsi pekerjaan supaya mendapat karyawan yang tepat. Apa yang semestinya kamu lakukan? Membuat dan menulis job description! 

Cara Mudah Bikin "Job Desk" untuk Rekrut Karyawan Baru

Definisi job description (job desk) adalah rangkuman yang menjelaskan tanggung jawab, tugas, kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk suatu posisi pekerjaan. Umumnya, job desk merupakan pekerjaan divisi sumber daya manusia (HR) bagian rekrutmen. Namun, buat kamu yang tidak bergelut di sana pun, keterampilan ini tetap penting untuk manajemen kinerja. Seperti dalam upaya mencari karyawan yang tepat sesuai kualifikasi dan visi serta misi perusahaan. Jadi, bagaimana langkah-langkah membuat job desk untuk rekrutmen karyawan baru? 

Pahami Kebutuhan Tim

Kalau kamu seorang manajer di luar HR, sangat wajib memahami apa yang tim atau divisimu butuhkan. Untuk apa merekrut karyawan baru? Kriteria seperti apa yang diinginkan? Posisi apa yang diperlukan? Adalah beberapa petanyaan yang harus dijawab terlebih dulu. Kalau sudah terjawab, komunikasikan hal tersebut ke bagian HR. Pasalnya, bagian HR biasanya bisa memberikan rekomendasi karena mereka punya “gudang data” pelamar yang mungkin saja sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan. Selain itu, bagian HR juga dapat memberikan arahan bagaimana membuat job deks untuk menarik kandidat baru.

Cara Mudah Bikin "Job Desk" untuk Rekrut Karyawan Baru

Buat Struktur Job Desk yang Runut

Agar pelamar tertarik dan mereka mudah mencerna posisi pekerjaan yang ditawarkan, kamu bisa membuat struktur job desk dengan urutan sebagai berikut.

Spoiler for Urutan Job Desk yang Tepat:

 

Sertakan Lokasi dan Posisi Spesifik

Kalau kamu hendak mengunggah lowongan pekerjaan beserta job desk-nya secara daring, sertakan lokasi pekerjaan lengkap dengan kata kunci untuk lowongan tersebut. Misalnya, kamu sedang membutuhkan seorang content specialist berpengalaman. Kamu bisa tulis headline “Lowongan Kerja: Content Specialist”. Setelah itu, buat ringkasan pekerjaan yang kuat dan dapat menarik perhatian. Contoh: 

Quote:

Itu salah satu contoh. Kamu dapat membuatnya sesuai dengan gaya serta posisi yang dibutuhkan. 

Tidak sulit bukan membuat job desk untuk rekrutmen karyawan baru, Gan-Sist Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah indari mencantumkan setiap persyaratan yang dicari. Sebab mencantumkan terlalu banyak kualifikasi dan keterampilan dapat menghalangi kandidat potensial. 

Sumur image: Talenta.co, Ekrut.com, Bussiner Insider 


akunkubaikAvatar border
akunkubaik memberi reputasi
1
395
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan