CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Nyuci Mobil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff86a09facb9511f412b9fd/pantangan-yang-gak-boleh-dilakukan-ketika-nyuci-mobil

Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Nyuci Mobil


Sekilas terlihat kalau nyuci mobil itu cukup gampang, tinggal disiram, disabun, dibilas, kemudian dilap hingga kering. Memang terlihat sederhana sih GanSis, dan step by step nya udah jelas. Tapi, ternyata gak sesimpel dan sesederhana itu GanSis. Ada beberapa hal yang gak boleh dilakukan ketika mencuci mobil:

Nyuci mobil dibawah terik matahari

 Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Nyuci Mobil

Mungkin gak sedikit dari pengguna mobil yang beranggapan kalau mencuci mobil di bawah terik matahari sah – sah saja, karena mobil bisa lebih cepat kering. Padahal tidak demikian adanya, mencuci mobil dibawah terik matahari bisa menimbulkan water spot atau bercak air pada bodi yang akan sulit dibersihkan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencuci mobil pada pagi hari, atau di tempat yang gak kena matahari langsung.

No spons

 Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Nyuci Mobil

Penggunaan spons untuk mencuci mobil tidak disarankan GanSis. Alat tersebut memang mampu menghasilkan busa yang banyak, namun juga bisa membuat mobil baret. Sebab, bentuk spons bukanlah padat tapi berongga. Nah, di rongga ini berpotensi masuknya kerikil atau benda kecil lainnya. Inilah yang bikin mobil baret ketik di gosok. Sangat disarankan untuk menggunakan kain lap berbahan soft untuk mencuci mobil.

Jangan cuci mobil dengan sabun colek

Sebenarnya gak salah juga mencuci mobil dengan sabun colek. Tapi, jangan gunakan sabun colek untuk mencuci seluruh bagian pada mobil. Sabun colek hanya digunakan untuk membersihkan kaki-kaki atau ban, bagian bawah atau bagian mesin saja. Nah, kalau untuk bagian bodi mobil, alangkah baiknya jika dibersihkan menggunakan sampo khusus bodi mobil, karena sabun colek bisa menyebabkan sifat abrasif yang kuat. Sabun colek juga dapat membuat cat pada mobil luntur dan menjadikan cat mobil cepat pudar.

Menyemprot bagian mesin dengan air

 Pantangan yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Nyuci Mobil

Jangan pernah mencoba-coba gunakan semprotan air untuk membersihkan bagian mesin ya. Soalnya di bagian mesin terdapat beberapa komponen sensitif dan penting, seperti bagian kelistrikan yang sama sekali tidak boleh terkena air, dan bisa menyebabkan korslet pada bagian kelistrikan mobil kamu. Untuk itu, bersihkan bagian ini cukup dengan kain lap.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Wah, ane suka cuci pake sabun colek padahal.. nice info Gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mynaidra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
kalo nyucinya pake sabun cuci motor boleh gak? adanya itu di rumah, lom beli yg untuk mobil emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
wah ane malah pake spons, jadi penggantinya apa dong?
profile-picture
profile-picture
pein666 dan aman_shihab2003 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ane banget nih .. Klo ke steam mobil pasti bilang "Bang, itu kap mesin buka ya. Crot2in dikit mesinnya biar bersih".. Bodo amat rusak, yg penting bersih. TITIK.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cikklancang dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh StrToHex
mencuci memakai kain lembut malah berpotensi baret karena pasir akan 'terjebak'. yang benar tetap memakai spon berongga dan sediakan 2 ember (metoda ini disebut two bucket) - 1 berisi air sabun dan 1 berisi air untuk membilas agar melepaskan pasir yang menempel di spon (jika ada dana lebih di bagian bawah ember bilasan diberi semacam jaring untuk lebih memperangkap pasir agar tidak ikut keaduk ke atas - bisa dari bekas kipas angin atau pakai jaring2 di toko bangunan).
dijamin baret laba2 (swirl) akan berkurang banyak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan nyuci mobil di bawah ujan gan, nanti pilek.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan aman_shihab2003 memberi reputasi
joknya ga sekalian dicuci kah gan pake sabun warna biru sayap 2 ?
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Informasi berguna banget
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Okay tengkyuu tipsnya nih gan
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Wah salah ternyata aku selama ini
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Waduh kaga boleh pake spons emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
iskrim dan aman_shihab2003 memberi reputasi
Kalo pake spons tapi kita siram dlu mobilnya gmn tuh? Kan kerikil n benda2 lainnya udh turun semua?
profile-picture
profile-picture
jlamp dan aman_shihab2003 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang paling masalah itu menyemprot bagian mesin dengan air, banyak kejadian bahkan disemprotnya pake kompressor dengan tekanan tinggi. Bayangin aja tuh mobil modern bisa rontok sensor dan kelistrikannya disemprot dengan tekanan air tinggi kek gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lunar1980 dan 5 lainnya memberi reputasi
mau nyuci mobil

tapi mobilnya mobil siapa emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HeartStar dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kalo perihal mesin ane gak berani kalo nyuci sendiri. Kalo ke carwash biasanya biasa mereka uda pada tau cara bersihinnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Purbopriyono dan 2 lainnya memberi reputasi
_𝚆𝚊𝚑...𝚊𝚗𝚎 𝚙𝚊𝚔𝚎 𝚜𝚙𝚘𝚗 𝚐𝚊𝚗...
𝙽𝚒𝙲𝚎𝚛...
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Gak boleh nyuci mobil sambil makan rengginang
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Kalo gue sih beli alat semprot cuci mobil yang kayak tukang cuci mobil. Trus semprot dulu seluruh bagian. Biar pasir pada turun dulu semua.
Baru sabunin. Bilas. Selesai emoticon-Big Grin

Kalo masalah ruang mesin memang gak boleh disemprot. Soalnya kelistrikan bisa kontak. Mending ke salon mobil kalo mau bersihin ruang mesin. Lebih ok. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
klo nyuci mobil di tukang cuci mobil tp ga bayar itu juga pantangan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iskrim dan aman_shihab2003 memberi reputasi
wah nais inpo gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
aman_shihab2003 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di