CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff7c58f10d29577d9387bb2/suku-peramal-kiamat-inilah-sejarah-terbentuknya-suku-maya

Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya

Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai salah satu suku yang cukup menarik untuk diketahui. Kali ini gue bakalan bahas mengenai suku Maya. So daripada penasaran langsung saja kita bahas.

Peradaban Maya adalah salah satu masyarakat asli Mesoamerika yang paling dominan. Tidak seperti penduduk asli Mesoamerika lainnya yang tersebar, Maya terpusat di satu blok geografis yang mencakup semua Semenanjung Yucatan dan Guatemala modern Belize dan sebagian negara bagian Tabasco,  bagian barat Honduras dan El Salvador.

Kerajaan Maya, yang berpusat di dataran rendah tropis yang sekarang Guatemala, mencapai puncak kekuatan dan pengaruhnya sekitar abad keenam M. Maya sangat ahli dalam pertanian, tembikar, tulisan hieroglif, pembuatan kalender dan matematika, dan meninggalkan sesuatu yang menakjubkan jumlah arsitektur yang mengesankan dan karya seni simbolik. 

Zaman Maya awal  1800 SM sampai 250 M.

Permukiman Maya paling awal berasal dari sekitar 1800 SM, atau awal dari apa yang disebut Periode Preklasik atau Formatif. Maya paling awal bertani, bercocok tanam seperti jagung (jagung), kacang-kacangan, labu, dan singkong (ubi kayu). Selama Periode Preklasik Tengah, yang berlangsung hingga sekitar 300 SM, para petani Maya mulai memperluas keberadaan mereka baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Periode Praklasik Pertengahan juga menyaksikan kebangkitan peradaban Mesoamerika besar pertama, Olmec. Seperti masyarakat Mesamerika lainnya, seperti Zapotec, Totonac, Teotihuacán dan Aztec, Maya memperoleh sejumlah ciri agama dan budaya  serta sistem bilangan dan kalender terkenal mereka  dari Olmec.

Selain pertanian, Maya Preklasik juga menampilkan ciri-ciri budaya yang lebih maju seperti pembangunan piramida, pembangunan kota, dan pembuatan monumen batu.

Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya

Zaman Maya Klasik 250-900 M.

Periode Klasik, yang dimulai sekitar 250 M adalah zaman keemasan Kerajaan Maya. Peradaban Maya klasik berkembang menjadi sekitar 40 kota, termasuk Tikal, Uaxactun, Copan, Bonampak, Dos Pilas, Calakmul, Palenque dan Rio Bec.  Pada puncaknya, populasi Maya mungkin telah mencapai 2.000.000.

Suku maya dikenal sangat religius dengan menyembah berbagai dewa yang berhubungan dengan alam contohnya dewa matahari, bulan, hujan, dan jagung. Pemimpin masyarakat Maya adalah seorang raja atau kuhul ajaw yang berarti raja suci. Mereka dianggap sebagai perantara antara para dewa dan manusia di bumi dan melakukan upacara dan ritual keagamaan yang rumit yang sangat penting bagi budaya Maya.

Kebudayaan suku Maya 

Suku Maya Klasik membangun banyak kuil dan istana mereka dalam bentuk piramida berundak, mendekorasi mereka dengan relief dan prasasti yang rumit. Bangunan-bangunan ini membuat Maya mendapat reputasi sebagai seniman besar Mesoamerika. Dipandu oleh ritual keagamaan mereka, Maya juga membuat kemajuan signifikan dalam Matematika dan astronomi, termasuk penggunaan nol dan pengembangan sistem kalender kompleks seperti Putaran Kalender, berdasarkan 365 hari dan Kalender Hitung Panjang yang dirancang bertahan lebih dari 5.000 tahun.

Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya

Penjelajahan serius situs Maya Klasik dimulai pada tahun 1830-an. Pada awal hingga pertengahan abad ke-20 sebagian kecil dari sistem tulisan hieroglif mereka telah diuraikan.  Suku Maya juga membuat kertas dari kulit pohon dan menulis di buku yang terbuat dari kertas ini, yang dikenal sebagai naskah kuno, empat dari naskah ini diketahui masih ada.  

Apakah suku Maya masih ada sekarang?

Keturunan Maya masih tinggal di Amerika Tengah di Belize, Guatemala, Honduras, El Salvador, dan sebagian Meksiko modern. Mayoritas dari mereka tinggal di Guatemala, yang merupakan rumah bagi Taman Nasional Tikal, situs reruntuhan kota kuno Tikal.  Sekitar 40%  orang Guatemala adalah keturunan Maya. 

Gimana menurut agan semua, apakah suku Maya bisa dibilang suku yang maju karena pengetahuan mereka dibidang matematika dan astronomi. Sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur.

Sumber referensi : Pribadi dan Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Waaah... Ane baru tauk nih tentang suku Maya...
emoticon-Matabelo

Ane tauknya cuman Maya Estianty... emoticon-Belo
Suku Peramal Kiamat, Inilah Sejarah Terbentuknya Suku Maya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kutip..
Suku maya dikenal sangat religius dengan menyembah berbagai dewa yang berhubungan dengan alam contohnya dewa matahari, bulan, hujan, dan jagung.

Mereka juga menyembah jagung Gan...
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
demen ane baca trit tentang ginian emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Salah satu suku yg misterinya sangat byk

Spoiler for teknologi gelombang otak:


Jangan Lupa untuk di rumah saja ya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
jlamp dan AyahElmyra memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
jadi inget 2012
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gaada yg tau kapan kiamat akan tiba, bisa besok, bisa lusa, atau tahun depan, tugas kita perbanyak amal baik selama hidup di dunia emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HEARTFREAK dan 2 lainnya memberi reputasi
Masih mending ramalannya Mbak You emoticon-Malu (S)
Nmbah ilmu tntang sjrah.tpi sya jdi heran dan bngung.msak ada dewa jagung segala.tpi mksih gan threadnya.emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
suku yg gagal menemukan tuhan itu Esa emoticon-Turut Berduka
profile-picture
ninja.rangers memberi reputasi
suku yg ngeramal kiamat tahun 2012 kemaren itu yaa? hehehe.. hebat bener.. sedunia kena prank ama mereka wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane tau nya suku ROROMBEHEUN gan
profile-picture
profile-picture
HEARTFREAK dan AyahElmyra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
forgiveme dan kornn memberi reputasi
Kayanya emang tiap2 suku punya ramalan ttg dunia, cuma beda2 aja dan inj yg paling terkenal
profile-picture
profile-picture
HEARTFREAK dan bdgkotakembang memberi reputasi
Si mbak you ini kayaknya turunan suku maya yang gak diakui emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
HEARTFREAK dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ini sodara sama aztec ya?emoticon-Matabelo
profile-picture
samsisio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Denger suku maya jadi keinget prank 2012
Seperti apa y kira2 penampakan gadis2 suku Maya ini gan ...emoticon-Sundul Up
Film pertama yang ane tonton, 2012 wkwk. Kena prank
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di