CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff3fe47337f93039122474c/dulu-gurun-sahara-pernah-jadi-hutan-lebat-kenapa-bisa-berubah

Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?

Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai Gurun terluas dan terbesar didunia. Menurut beberapa ilmuan bahwa Gurun Sahara ternyata dulunya adalah sebuah hutan yang lebar. Kalau penasaran langsung aja kita bahas.


Sahara adalah gurun di benua Afrika. Dengan luas 9.200.000 kilometer persegi (3.600.000 mil persegi), ini adalah gurun panas terbesar di dunia dan gurun terbesar ketiga secara keseluruhan, lebih kecil hanya dari gurun Antartika dan Arktik. Bagian Gurun Sahara sebagian besar mencakup beberapa negara yaitu Aljazair, Cad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sahara Barat, Sudan dan Tunisia. Ini mencakup 9 juta kilometer persegi ( 3.500.000 mil persegi ), sebesar 31% dari Afrika. Jika semua area dengan curah hujan tahunan rata-rata kurang dari 250 mm dimasukkan, Sahara akan menjadi 11 juta kilometer persegi ( 4.200.000 mil persegi ). Ini adalah salah satu dari tiga provinsi fisiografi  berbeda dari divisi fisiografi masif Afrika.


Sedikitnya 6.000 tahun yang lalu, Gurun Sahara yang luas ditutupi dengan padang rumput yang menerima banyak curah hujan, tetapi perubahan pola cuaca dunia secara tiba-tiba mengubah wilayah yang bervegetasi menjadi beberapa tanah terkering di Bumi. 

Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?

Ilmuan percaya bahwa gurun Sahara dulunya adalah hutan hujan yang lebat mungkin bisa dibayangkan seperti hutan Amazon sekarang. Tapi seiring berjalannya waktu Sahara telah  mengalami serangan kelembaban dan kekeringan secara berkala. Fluktuasi ini disebabkan oleh sedikit goyangan pada kemiringan sumbu orbit bumi, yang pada gilirannya mengubah sudut di mana radiasi matahari menembus atmosfer. Pada interval yang berulang sepanjang sejarah Bumi  ada lebih banyak energi yang mengalir dari matahari selama musim hujan Afrika Barat, dan selama masa itu  yang dikenal sebagai Periode Lembab Afrika lebih banyak hujan turun di Afrika utara.

Dengan lebih banyak hujan, wilayah ini menjadi lebih hijau dan sungai serta danau. Semua ini telah diketahui selama beberapa dekade. Namun antara 8.000 dan 4.500 tahun yang lalu, sesuatu yang aneh terjadi peralihan dari lembab ke kering terjadi jauh lebih cepat di beberapa daerah daripada yang dapat dijelaskan dengan presesi orbit saja, menghasilkan Gurun Sahara seperti yang kita kenal sekarang.

Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?

Meskipun pergeseran antara Sahara hijau dan gurun memang merupakan salah satu jenis perubahan iklim, penting untuk dipahami bahwa mekanismenya berbeda dari apa yang kita anggap sebagai perubahan iklim antropogenik (buatan manusia) saat ini, yang sebagian besar didorong oleh peningkatan tingkat perubahan iklim. CO2 dan gas rumah kaca lainnya. Namun, itu tidak berarti penelitian ini tidak dapat membantu kita memahami dampak manusia terhadap lingkungan sekarang.

Gimana menurutagan semua apakah ini ulah manusia atau memang peristiwa alam yang tidak dapat dipresiksi? Kalau saja gurun Sahara masih berupa hutan lebat mungkin saja Gurun Sahara dapat menjadi penyalur oksigen terbesar didunia. Sekian dulu thread kali ini semoga bermanfaat serta menghibur agan semua.

Sumber Referensi : Pribadi Dan Disini
Sumber Gambar : Google Image
emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Udah berumur Gan... Makanya botak si Sahara...
emoticon-Matabelo
Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wuihh
Akibat pemanasan global tuh gan makanya jadi gurun
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan limandut memberi reputasi
Itu udah ada bukti ilmiahnya kh gan ??

Btw ane malah penasaran pengen tau seberapa tebal pasir disana....
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh m.nasruddin
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
mungkin bisa jadi dulunya ntu lautan, who knows emoticon-Big Grin ekh btw, tu gurun pasir begitu nyampe bawah2nya pasir aja terus ya ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan patrio80 memberi reputasi
Saharaaaaaaa kasihkuuu, syahara ya bukan sahara
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
ane jd penasaran, selebat apakah sahara pada dahulu kala emoticon-Matabelo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waktu telah berlalu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
mungkin hutan di kalimantan 6000 tahun lagi senasib sama sahara emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kebalikannya, jazirah Arab malah sukses menghijaukan gurun emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:



emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Penyalur Oksigen terbesar di muka bumi itu bukan Hutan tapi Lautan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kayanya emang peristiwa alam alami sih ya gan.
Dan kita ke depannya gatau apakah sahara bisa turun salju kaya apa yg dikata sama mbak anggun
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
perubahannya drastis banget ya emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
beberapa tahun terakhir justru sebaliknya gan. Googling deh berita terakhir tentang gurun sahara. Laporan data terakhir curah hujan di sana cenderung meningkat dan banyak ahli yang percaya kedepan sahara bakal semakin hijau.

kalo ane sih mikirnya usia bumi diperkirakan 4.5 milyar tahun, dan bumi selalu dinamis, jadi memang selalu berubah. Dengan atau tanpa ada manusia yang diperkirakan baru 6 juta tahun mendiami bumi....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 5 lainnya memberi reputasi
planet bumi ini terus berubah sejalan waktu dan semua adalah proses yang selalu seimbang, dan proses itu dikata baik atau buruk hanya dari sudut pandang manusia. semoga segala perubahan memberikan manfaat saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang namanya alam semesta termasuk bumi dan makhluknya itu berevolusi, sekarang juga sedang berjalan, minimal ribuan tahun atau paling lamanya jutaan tahun bakal berubah itu kalo secara alamiah, yg manjadi ancaman nyata dibumi yaitu akibat ulah manusia sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cuangcoetz
Quote:


Quote:

Salah satunya memang begitu gan emoticon-Traveller

Quote:

Quote:

Nah ini juga menarik, berapa ketebalan pasir gurun Sahara? emoticon-cystg

Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

Dan masih berlalu emoticon-Ngacir2

Quote:

& mungkin sebagian Kalimantan, tepi-tepi pantainya tenggelam ke lautan

Quote:

Ane juga lupa-lupa ingat pernah baca tentang ini :S

Quote:

Nice inpo gan emoticon-2 Jempol

Quote:

Quote:

Begitulah, perubahan itu pasti emoticon-Ngacir2

Quote:

Selama ribuan tahun jadi drastis gan emoticon-Ngacir2

profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh kreator.9.ES
Wahhh keren banget nih informasinya ya mengenai gurun sahara yang ternyata dulunya terdapat rumput hijau sebelum seperti sekarang ini
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
Kutub bergeser. Alam akan mencapai titik keseimbangan yang baru
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
Ane jadi bayangin. Kalau pasirnya dibuka gitu mungkin nemi fosil-fosil di dalamnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
aman_shihab2003 dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di