CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Benar Kita Dibungkam Rezim?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff2e76d2525c329783fe6f0/apakah-benar-kita-dibungkam-rezim

Apakah Benar Kita Dibungkam Rezim?

Apakah Benar Kita Dibungkam Rezim?
Sumber : wartakota.tribunnews.com

Berdasarkan apa yang saya pantengin di media sosial (medsos) akhir-akhir ini, saya seringkali baca postingan dari netizenyang katanya kita ini dibungkam oleh rezim. Ungkapan tersebut (katanya) diperkuat lagi dengan dibubarkannya organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI) pada Rabu (30/12) kemarin. 

OK, kita gak akan bahas kenapa FPI bubar dan balik lagi ke masalah benar enggaknya kita dibungkam oleh rezim. Sering sekali saya nemu komentar di Twitter yang bilang “kita ini sekarang sudah dibungkam rezim”, terus ada juga yang bilang “berpendapat di Indonesia makin susah aja lama-lama”, "sekarang kita hidup di era otoriter", dan masih banyak lagi tentunya ucapan-ucapan yang sejenis dengan itu.

Berkaca pada beberapa komentar di atas, kira-kira bener gak sih kita ini telah dibungkam oleh rezim?

Jawaban

Apakah Benar Kita Dibungkam Rezim?
Sumber : twitter.com/mashary71

Well, kalo menurut saya, pernyataan “kita sekarang dibungkam rezim” dan sejenisnya itu cukup ngaco sih. Kenapa? Karena selama saya mengkritik beberapa keblunderan pemerintah di media sosial, keesokan harinya saya baik-baik aja tuh. Gak ada tuh kejadian saya langsung didatengin polisi, intel nyaru tukang bakso, dan sejenisnya pasca mengkritik.

Disamping itu, saya melihat netizen-netizenyang ngomong “kita ini sekarang sudah dibungkam rezim”, keesokan harinya pun dia tetep aman-aman aja tuh alias gak ada rasa tertekan sama sekali karena omongannya saban hari itu, bahkan beberapa dari mereka malah ketagihan tuh bikin cuitan ngata-ngatain pemerintah lagi, wkwkwk.

Ya lucu aja sih, ngomong “kita ini sekarang sudah dibungkam rezim”, tapi ngomongnya di media sosial yang notabenenya dipake juga oleh lembaga-lembaga pemerintah dan aparat penegak hukum.

Apakah Benar Kita Dibungkam Rezim?
Sumber : regional.kompas.com

Kalopun ada yang bilang “Tapi bang, di media-media, kita sering lho nemu kabar orang yang ditangkep polisi cuma karena ngata-ngatain pemerintah doang”. Well, kalo menurut saya sih, itu cuma bisa terjadi kalo ada salah satu pihak yang ngelaporin si orang yang ngata-ngatain itu. 

Seperti yang kita tau, pasal pencemaran nama baik yang berlaku di Indonesia tuh sifatnya delik aduan alias cuma bisa diproses jika ada aduan dari pihak yang merasa tersakiti. Kalo si pihak yang merasa tersakiti itu gak ngelaporin polisi, ya orang itu gak bakalan ditangkep dan dipenjara juga sampe kapanpun.

Pada intinya mah, kita gak usah lah takut berekspresi di media sosial. Selama apa yang kita sampaikan itu benar dan tak menyinggung pribadi, buat apa juga kita takut? Iya gak?

profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Diubah oleh tim2one
Iseng iseng ane cari di KBBI online

Pranala (link): https://kbbi.web.id/rezim.html

re·zim /rézim/ n tata pemerintah negara; pemerintahan yang berkuasa: diberitahukan bahwa -- lama sudah jatuh;
-- militer sistem pengelola pemerintahan yang dijalankan oleh militer
wahh ane g bisa panjang lebar soal ginian, takut salah emoticon-Ngakak
Quote:


Ya pastinya ente aman2 aja karena:
1. Tidak viral
2. Karena ga viral, ga ada yg ngelaporin.

Coba kalau viral... Bisa jadi situasijya berbeda...


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di