CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff135f4c8393a0a230575c2/pakar-sebut-perubahan-nama-fpi-tetap-bertentangan-dengan-uu

Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU


Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU

Pakar Hukum Pidana Universitas Indonesia, Indriyanto Seno Adji menilai perubahan nama organisasi Front Pembela Islam (FPI) tanpa menghendaki pendaftaran atas perubahan nama tersebut bertentangan dengan undang-undang dan tidak sah.

"Perubahan nama FPI tanpa menghendaki pendaftaran atas perubahan nama tersebut, adalah tetap bertentangan dengan perundang-undangan yakni UU Ormas dan KUHP, dan tidak sah," ujar Indriyanto dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (2/1).

Menurut dia, perubahan nama dan bentuk baru organisasi terlarang yang tetap berbasis negara khilafah islamiyah adalah bentuk pembangkangan terhadap kekuasan negara dan konstitusi yang sah dan karenanya melanggar hukum yang harus ditindak secara tegas.

"Perubahan nama dan bentuk organisasi baru tanpa melalui prosedur hukum yang berlaku, menjadi dasar bagi pemerintah untuk lakukan keputusan untuk pembubaran dan pelarangan kegiatan dan aktivitas organisasi masyarakat yang baru tersebut," kata dia.

Indriyanto mengatakan pelarangan kegiatan FPI tidak perlu menjadi polemik, sebab keputusan pemerintah melalui surat keputusan bersama (SKB) memiliki legalitas yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, sehingga patut diapresiasi dan didukung oleh semua komponen bangsa.

"Dari penelitian oleh Kementerian Dalam Negeri ini, AD/ART FPI ini bertentangan dengan UU Ormas sebagaimana telah ditegaskan pada Pasal 1 UU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas, dan Kementerian Dalam Negeri sampai sekarang tidak menerbitkan surat keterangan terdaftar bagi FPI," kata Indriyanto.

Pengajar ilmu hukum UI ini berpandangan bahwa dari sisi hukum, identitas FPI layak dianggap sebagai organisasi tanpa bentuk yang bersifat ilegal, terlebih bila aktivitas dan kegiatannya ditemukan substansi penerapan Islam secara kafah di bawah naungan khilafah islamiyah dan memunculkan nama dan kata "NKRI Bersyariah".

Pelarangan kegiatan dan aktivitas FPI, lanjut dia, haruslah diartikan terhadap segala bentuk organ dan perubahan baik langsung atau tidak langsung, dengan segala atribut maupun lambang organ dan perubahannya.

"Oleh karenanya pelanggaran terhadap larangan ini sebagai bentuk pelanggaran hukum yang baru, apalagi dengan visi misi yang tetap tidak mengakui Pancasila, UUD 1945 dan NKRI," ucap Indriyanto.

Diketahui, sejumlah tokoh eks pentolan FPI langsung mendeklarasikan Front Persatuan Islam setelah Front Pembela Islam dinyatakan sebagai organisasi terlarang.

sumber

Penegakan Khilafah dan Indonesia bersyariah ini yang sampai saat ini pemerintah masih malu-malu jadikan salah satu alasan pembubaran FPI yang sudah terang-terangan dan sistematis mempersiapkan, memperjuangkan bahkan sudah dikaderkan dengan pendirian pesantren mereka di bogor
(bisa diliat di situs markazsyariah.com)

Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU

susunan kaderisasi khilafah fpi

Sampai kapan api dalam sekam ini dipelihara dan dikesampingkan?
Mau menunggu sampai perang saudara?
Jika memang ada komponen negara ada yang ingin Indonesia jadi negara islam silahkan adakan referendum apakah rakyat yang tidak setuju mau bergabung/tidak dengan Indonesia syariah.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh counter.jihad
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 10 lainnya memberi reputasi
memang sebaiknya referendum aja.
mencla-mencle nggak ada ujungnya.emoticon-Blue Guy Smile (S)
dia lagi dia lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ketua Bidang Jihad
Ketua Bidang Penegakan miaKhalifah

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apawaal dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orang-orangnya masih sama. ideologi dan tujuannya pasti sama lah. cuma ganti nama dan baju.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan galuhsuda memberi reputasi
Harusnya proses semua mulai dari kepala sampai ekor, sampai mau berhenti total. Malah katanya gpp.

Ibarat ular, mau ganti kulit berapa kalipun tetap dia adalah ular, dan warnanya pun tidak berubah.
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 4616616716 memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mau kek apapun bentuknya yg nama nya tai tetep tai emoticon-Leh Uga





Batain ae bray emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 4 lainnya memberi reputasi
Pakar tolol emoticon-Blue Guy Smile (S)

Fpi itu gak terikat hukum manusia, fpi cuma taat hukum allah emoticon-Metal
























































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Pokoknya sekali demo, gebuk.. Trus ganti nama lagi, ceramah uda ga bisa ngumpat2
Yah bagaimnapun uda ga seindah dulu buat fpi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU

Pakar Sebut Perubahan Nama FPI Tetap Bertentangan dengan UU
profile-picture
baikl memberi reputasi
Kalau FPI singkatan dari Fugitive Porn Indonesia gak bertentangan dengan UU
Sampah ini masih dibahas????
duh mau diganti namanya kayak apa juga
kalo format, pola dan tujuan organisasinya aja sama ya tetep aja samaaaa
Kalau orang2nya dan AD/ART nya tetep sama ya masih sama2 FRONT PEMUJA ISIS emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan snoopze memberi reputasi
tinggal diliat adrt nya aja gan, jika masih bertentangan dgn pancasila ya gak akan jadi ormas resmi hehe
ya mau ganti nama suka2 mereka, soal diizinin dan diresmikan penggantian namanya? itu urusan lain lagi bosque emoticon-Big Grin
Tenang aja.
Ntar jg ada saatnya berburu / razia fpi emoticon-Big Grin
Macam berburu pki / di-tii
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan konodioda memberi reputasi
Ga usah triak2 referendum dulu..

Itu yg triak-triak referendum di timur aja dicuekin.

emoticon-Hammer2
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kebanyakan nonton acara bukan 4 mata nih kyy nya......
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di