CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Ayam Songkem Ala Rumahan, Pedasnya Nampol Abis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff03143a72768577a5a8dd7/ayam-songkem-ala-rumahan-pedasnya-nampol-abis

Ayam Songkem Ala Rumahan, Pedasnya Nampol Abis!



Ayam Songkem Ala Rumahan, Pedasnya Nampol Abis!

Ngidam atau rasa ingin makan ini atau itu pasti pernah dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Mungkin karena tubuh memerlukan banyak energi jadi sering lapar dan perubahan hormon pada wanita yang hamil membuatnya kadang ingin memakan menu-menu tertentu.

Itu juga yang beberapa hari lalu aku rasakan, waktu itu aku ngidam menu bebek songkem. Sebelum mengutarakan ngidamnya saja rasa pedas dari bebek songkem itu seperti sudah ada di ujung lidah.

Akan tetapi, bebek songkem yang aku inginkan itu ada di kota, sedangkan aku ada di desa. Kondisinya sangat tidak memungkinkan untuk pergi ke kota, bukan hanya karena jaraknya yang harus ditempuh beberapa jam, tapi juga karena pandemi virus Covid-19 sekarang ini.

Apalagi wanita hamil kesehatan sangat rentan, jadi semua yang aku minta nganterin gak ada yang mau.

Akhirnya, aku berinisiatif untuk bikin sendiri, yang lebih pedas dari biasanya. Tapi, bahan utamanya gak ada di pasar, gak ada satupun pedagang yang jual bebek, bibiku dapatnya cuma ayam potong. Kecewa pastinya padahal sudah terbayang nikmatnya.

Karena bahannya cuma ada ayam dan kebetulan juga ada sedikit kelapa parut di kulkas, jadi bukan lagi bikin bebek songkem, tapi bikin ayam songkem dengan bahan seadanya.

Ayam Songkem Ala Rumahan, Pedasnya Nampol Abis!
daun jeruk lupa belum dimasukkan, dah keburu difoto

Quote:


Ayam Songkem Ala Rumahan, Pedasnya Nampol Abis!

Cara masaknya:

~ Cuci ayam di air mengalir sampai bersih, tiriskan lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.

~ halusnya bahan bumbu kecuali daun jeruk.

~ siapkan wadah untuk parutan kelapa.

~ masukkan bumbu halus dan irisan daun jeruk ke parutan kelapa, aduk rata.

~ Kemudian masukkan potongan ayam, aduk lagi sampai rata.

~ tes rasa.

~ diamkan sebentar sembari menyiapkan daun dan tusuk gigi.

~ ambil selembar daun pisang, beri adonan kelapa dan ayam, lalu lipat seperti membungkus rujak dan sematkan dengan tusuk gigi.

~ Kukus sekitar 45 menit dan hidangkan selagi hangat akan lebih nikmat.


Rasa pedas dan gurihnya nampol banget, daging ayamnya pun lebih empuk, tapi aku lupa ngefoto hasil di dalamnya, keburu dimakan. ☺️

Misalnya gak habis pun bisa digoreng dan jadi ayam serundeng kelapa, jadi praktis sih menurutku.

Oke, itulah resep dadakan dari bumil yang lagi doyan makan emoticon-Malu

Semoga bermanfaat. emoticon-terimakasih


@istijabah
Referensi: Ide sendiri
Sumber gambar: dokumen pribadi



profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Yang asam lambung jangan terlalu pedas
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Keknya enak ini. Jadi kek pelas kalo di sini.
profile-picture
profile-picture
istijabah dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
waw kayaknya sedep ini emoticon-Matabelo boleh lah dicoba resepnya. tengkyu bumil, semoga sehat selalu sampai lahiran emoticon-Peluk
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sis kalo di tenpat ane ini namanya botok iya bokok kukus oake daun pisang.rasanya jangn tanya ya sis mantull endolll markendol karena memnag khas sekali parutan kelapa mudanya
profile-picture
mamabraddox memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu pedas ga bagus buat kesehatan
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Namanya unik ya ayam soengkem....wah rasanya gimana ya???
profile-picture
profile-picture
UriNami dan istijabah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
botok bukan? botok udang, ampela, sampai botok tahu ane pernah makan

enak apalagi makannya pake sayur asem / sayur bayam emoticon-Jempol
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Wihhh makasih banyak nih resepnya, bakalan ane coba deh segera. Besok belanja bahan bahannya dulu deh ya hehehehe
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan istijabah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
bacanya kaya ayam yang lagi sungkeman sama orang tua gitu gan haha
profile-picture
profile-picture
UriNami dan istijabah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waah baru tau ada resep bebek/ayam pakai resep kelapa muda parut gini. Pengen cobain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wah....tmbah menu lauk bru nih. Mksih gan resepny, bsa segari dieksekusi
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Waahh.... Lumayan nih buat ide makan siang
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Rasanya pedas gurih kalo tapi aku lebih suka setelah dikukus itu digoreng.

Songkem itu bahasa Madura kalo diartikan ke bahasa Indonesia jadi kukus (ayam kukus)

Quote:


Hampir sama sih dengan botok, cuma kalo bebek/ayam songkem itu dikukusnya tidak pakai air tapi pakai pelepah pisang dengan api supeeeer kecil. Jadi harus pakai tempat/kukusan khusus.

Quote:


Sama-sama
Diubah oleh istijabah
Quote:


Songkem itu bahasa Madura, jika diartikan bahasa Indonesia itu artinya kukus.

Quote:


Monggo, semoga suka

Quote:


Semoga suka



Quote:


Keburu tutup pasarnya, gan 😁
Ngidam atau rasa ingin makan ini atau itu pasti pernah dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Mungkin karena tubuh memerlukan banyak energi jadi sering lapar
beda nama aje yeee tp ternyata botoxxx. kl kaga ade ayaam diganti tahu jg enakk siss maknyuzzz. ada jg yg suka dipakein kencurrr but aq kurang sukak
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Songkem ini serupa seperti botok atau buntil ya kayaknya..memang beda daerah beda nama..tapi mirip2 jenis makanannya.
Mirip botok, cuma baru tahu kalau ada yg pakai daging.

Itu perbungkus ada berapa cabe? Kalau minimal ada 4 cabe rawit menurutku sudah cukup pedas.
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane lagi bingung bosen makan ayam yang gitu gitu aja, akhirnya dapet resep ini. thankyou! nice thread!
profile-picture
UriNami memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di