CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Story / ... / Poetry /
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fd8512728c9915a88640695/aksara-rasa-----------------mencurahkan-rasa-lewat-rangkaian-aksara

Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)

Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)


Diksi Terindah

Sejak mengenalmu ....
Aku lupa caranya berpuisi
Aku kehilangan cara mendeskripsikan keindahan
Sebab segala keindahan itu kini menjadi tentangmu

Dear ....
Kau adalah alasan mentari tetap menghangat dalam hatiku
Memberi jeda pada hujan
Menelantarkan gaung ketidakberdayaan
Juga mengabaikan cemas yang berserakan di pelataran kenangan

Aku tidak pernah berani seberharap ini
Pada perasaan
Tersebab lilin yang berhasil kau nyalakan
Dalam relung hati
Bersalju


Dimana Nurani?

Saat kau berjibaku dengan keju
Mandi susu
Rebutan style terbaru
Dengan rekening gendut hasil perasan keringat bawahanmu

Di bawah naungan kardus bekas
Beratap tambalan karung beras
Beberapa belulang teronggok lemas
Masih bernapas
Tetapi kehidupannya telah lama lepas
Angin malam melintas
Mengantarkan tempias
Sekedar empati dari langit
Untuk penduduk bumi yang menjerit
Dijepit kehidupan yang morat-marit


Mereka Saudara Kita

Lihatlah mereka wahai saudaraku!
Mereka juga saudaramu
Persaudaraan yang dieratkan oleh Tuhan

Lihatlah! Lihat saudara-saudaramu
Yang meringkuk di bawah desingan peluru
Yang dipaksa bermimpi di tengah raung kematian
Tapi mereka tak mati
Mereka belajar di bawah naungan api yang berkobar
Dentuman meriam adalah penyemangat
Meski terkadang mereka tidak selamat

Pikirkan! Tolong pikirkan mereka sejenak saja
Saat kumpulan debu bagimu adalah kematian
Sedang bagi mereka adalah sumber kehidupan
Lalu, dimana senandung cinta yang kerap kau gaungkan?

Dengar! Dengarlah suara hatimu duhai saudaraku
Karena saudaramu telah membisu
Mereka tidak suka mengumbar sengsara
Sebab Tuhan telah mengabarkan padamu
Lalu, dimana nurani?

Aku Ada, Ada Aku

Aku ada dengan luka menganga
Kau datang dengan luka yang sama
Kita sama-sama terluka

Aku datang dengan hati yang koyak
Kamu ada dengan hati yang semarak
Kita sama-sama retak

Saat kamu datang dengan hati bernanah
Aku ada dengan hati telah terpanah
Kita sama-sama lemah
Dalam naungan cinta nan megah
Di bawah ridho Allah
Insya Allah








Bsd, 15-12-2020



Penulis : Ceuhetty
Ilustrasi : Ceuhetty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Dear aku telah kehilangan kata kata
Setelah engkau pergi sajakku bisu
Penaku lesu
Entah akankah kusanggup menyemai sendiri tanpamu
Atau memang diri ini yang terjebak kalbu terbelasah rindu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrerain5 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tidak ada yang bisa menghalau rasa
Ketika patahan kalbu retak tak bertepi
Mengharap setiap rasa kelabu ini sirna
Tergantikan oleh kedatangan pelangi

Lelah hati menguatkan cinta yang tereksploitasi
Sayatan dan guratan hanya menyisakan nanah
Tak jua mengering terus mengalir
Bagai hujan yang membasahi kelopak mata

Senista apa diri ini?
Hingga tak henti kutukan menghampiri
Masih adakah Tuhan menuliskan rasa yang lain?
Rasa yang berbeda dari sekian pilu yang kurasa
profile-picture
profile-picture
andrerain5 dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Aku pernah hafal jalan pulang, sebelum kau hapus dengan kepergian.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi baper nih gue
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abysou dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jomblo trossss, sista yg jomblo ada gak nihhemoticon-Turut Berduka
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

*Bintang

Aku pernah membuat langit kehilangan bintang. Malam gulita dan rinai memaksa menyentuh bumi. Aku berharap bintang menemukan tempat ternyaman hingga bisa melupakan malam.

Ternyata aku salah. Malam butuh bintang untuk membuatnya tetap bersinar. Dan bintang ditakdirkan untuk melengkapi malam. Tidak akan ada yang bisa mengubahnya.

Malam ini, langit penuh bintang ketika api membakar setitik rasa yang semakin berkobar. Rasa yang kuhindari dan tidak pernah kuimpikan. Namun, semakin mengakar dalam.
Ane baca puisi kayak baca komik asal lewat ga dipahami emoticon-Ngakak jadi kagak paham
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Izin repost gan di blog ane nnti ane cantumin sumbernya kok. Btw keren kata2 nya hehe
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Hening

Di atas hening ....
Kutasbihkan pilu
Melangitkan sendu
Tentang senandika luka yang tak kunjung menemui ujung

Aku adalah keheningan di atas jerit nestapa yang Cumiakkan
Aku adalah luka di atas keheningan suka cita
Aku ....

Sendu
Pilu
Hening

Hanya Kau

Aku adalah kawah yang menggelegak
Dalam jiwa yang meledak-ledak

Aku adalah gunung salju
Membeku dalam kidung sendu
Senandung rindu

Aku tersembunyi dalam raga kaku
Lebih dalam dari palung Mariana
Tidak tersentuh

Aku adalah ombak yang bergemuruh
Hanya luluh saat kau rengkuh

Hanya kau

Surga

Setiap diksi rumit adalah rahasia hebat sang pujangga.
Misteri dari sesuatu yang tidak ternilai harganya.
Dan hanya yang tercerahkan yang bisa memecahkan sandinya.

Kebanyakan manusia buta karena penglihatannya
Atau karena nafsu yang mengikat surga
Sejatinya, sesuatu yang berharga akan disembunyikan dalam sesuatu yang bernilai sebaiknya.

Dan memang, diperuntukkan untuk yang terpilih saja

Boneka

Perlakukan mereka selayaknya
Jangan menyembah untuk memuaskan nafsu
Atau kau akan kehilangan segalanya
Dengan cara yang sama persis kau mendapatkannya

Tidur sejenak dan rapalkan
Kehilangan segalanya dan kau tetap menjadi boneka
Atau kehilangan noda surga dan menjadi Raja

Percayalah, waktumu tidak lebih dari detak jam pasir

Kosong

Kenapa harus jatuh hati, kalau berakhir sakit hati
Kenapa mesti jatuh cinta, jika hanya berbuah nestapa

Percayalah
Dunia ini hanya lelucon
Omong kosong

Tidak ada yang benar-benar indah
Tidak ada yang benar-benar terang
Tidak ada yang benar-benar manis
Tidak ada yang benar-benar bisa dipercaya

Sudah benar dengan hatiku yang tetap kosong

Tentangmu

Sisa purnama membulat sempurna
Pesonanya memanjakan manik netra mayapada
Aku menyunggingkan senyum mencoba menyapa sang mutiara cakrawala
Halus ku sepuh rasa dalam balut sastra rasa
Berharap angin tak memberi suara
Tentang harum yang menyeruak menguar indera
Pada genta yang mengobar api dalam kepala
Aku diam dalam temaram yang mencekam
Benarkan gulita membunuh binar
Menikam jutaan denyut yang menggelinyar
Tak ku izinkan lagi hati mengalahkan nalar

*Al-safa, 28-11-2018
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
Aksara Rasa (Mencurahkan Rasa Lewat Rangkaian Aksara)
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di