CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani: Banyak Rakyat Anggap Pajak Bentuk Penjajahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc9d27fc8393a500927433f/sri-mulyani-banyak-rakyat-anggap-pajak-bentuk-penjajahan

Sri Mulyani: Banyak Rakyat Anggap Pajak Bentuk Penjajahan

SHARE  
Sri Mulyani: Banyak Rakyat Anggap Pajak Bentuk Penjajahan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai, banyak masyarakat di Indonesia yang memandang pajak bukan lah suatu kewajiban. Bahkan pajak dianggap sebagai bentuk penjajahan.


"Banyak yang menganggap pajak adalah bukan kewajiban, beban dari negara yang tidak dihubungkan dengan kehadiran negara itu sendiri. Bahkan masih ada sebagian masyarakat kita menganggap pajak itu identik dengan penjajahan," jelas Sri Mulyani saat menjadi pembicara di dalam acara yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Oleh karena itu, Sri Mulyani meminta kepada para pegawai yang bekerja di DJP untuk serius dalam memperluas basis pajak, untuk meningkatkan penerimaan negara melalui pajak.

Iklim berusaha di Indonesia, lanjut Sri Mulyani harus diperbaiki dan pajak merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan iklim berusaha di dalam negeri. Apalagi dalam rangka mendorong kesetaraan berusaha, yang saat ini marak dilakukan secara digital.

DJP diminta oleh Sri Mulyani untuk bisa mengenakan pajak kepada penyedia jasa usaha digital yang membuka usahanya di Indonesia, tanpa terkecuali.

"Transaksi yang menggunakan digital alat elektronik menjadi sangat penting, untuk menciptakan apa yang disebut playing field. Juga dalam hal para penyedia platform bisa diberikan kewenangan pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas nama negara, yang kemudian diserahkan kepada negara (Indonesia)," jelas Sri Mulyani.

"Juga pengenaan pajak kepada subjek pajak luar negeri atas transaksi elektronik di Indonesia. Ini semuanya bertujuan agar perpajakan di Indonesia tetap mengikuti perubahan yangs angat dinamis di dunia, baik adany dampak Covid-19 maupun adanya revolusi teknologi," kata Sri Mulyani melanjutkan.

Segala tantangan pemerintah dalam menarik pajak, menurut Sri Mulyani harus bisa ditangani dengan serius melalui DJP. Karena pada akhirnya, pajak bertujuan membangun Indonesia untuk memajukan kesejahteraan masyarakat secara luas.

"Saya berharap seluruh Direktorat Jenderal pajak ikut dalam berkontribusi mengedukasi, mensosialisasikan, dan bahkan dalam hal ini menularkan cara berpikir kritis, namun juga memiliki sistematika dari perpajakan, untuk secara betul-betul fundamental dapat dipertanggungjawabkan secara akademis dan politis," pungkas Sri Mulyani.

Seperti diketahui, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hingga Oktober 2020 mengalami defisit Rp764,9 triliun. Salah satu penyebabnya karena penerimaan pajak yang anjlok hingga 18,8%. Defisit tersebut setara dengan 4,67% dari produk domestik bruto (PDB). Angka ini masih di bawah batas maksimal, yaitu Rp1.039,2 triliun atau 6,34%.



https://www.cnbcindonesia.com/news/20201203183739-4-206704/sri-mulyani-banyak-rakyat-anggap-pajak-bentuk-penjajahan

Tak Hanya BPJS yang Naik, Ini Pajak yang Mulai Berlaku 1 Juli
1. BPJS Kesehatan
2. Pajak Belanja Online
3. Pajak Game

https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/01/103231465/tak-hanya-bpjs-yang-naik-ini-pajak-yang-mulai-berlaku-1-juli?page=all 




Empat Faktor Penyebab Penerimaan Pajak Bocor:
1. Masih tingginya underground economy atau ekonomi informal di Indonesia
2. Adanya kompetisi pajak antarnegara dalam mendatangkan investasi
3. Banyaknya warga negara Indonesia yang menyembunyikan harta dan penghasilan di luar negeri. Hal ini menyebabkan, harta-harta tersebut tidak dapat dikenakan pajak.
4. Kebocoran pajak berasal dari adanya praktik pengalihan laba yang menggerus penerimaan pajak.

PAJAK ITU BUKAN PALAK 

TAPI DIBAYAR SESUAI KONDISI DAN KEMAMPUAN RAKYATNYA

KALO TIAP TAHUN  HARUS NAIK BISA TEKOR BANDAR, RAKYAT LAGI SUSAH

APALAGI DISAAT CORONA BEGINI GAK REALISTIS PAJAK DINAIKAN

YANG ADA CHINAK PEMBAWA VIRUS CORONA HARUS GANTI KOMPENSASI BAGI YG TERDAMPAK (PHK, HILANG NAFKAH, USAHA TUTUP)





profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 6
Emang TS bayar pajak apaan sih
profile-picture
profile-picture
balnus2019 dan estilo.com memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Karena BUMN tempat ajang bagi bagi
Makanya mandul alhasil Palak yg di genjot krn hanya itu kemampuannya
Harap maklum 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arbaniserpong dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Pajak itu biaya langganan, selama belum jadi wajib pajak = free trial.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
asal jangan kita-kita uda capek2 bayar pajak,uang pajak nya di beliin lobster sama pejabat-pejabat..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
coba sekali² export benur bu jgn pajak mulu yg dipikirkan, kreatif dikit

kasian rakyat susah makan gara² covid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh t1s
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
secara teori memang bukan penjajahan
jika memang uang pajak dingunakan sebagaimana mestinya



lah ini pajak kita di genjot sana sini
tp korupsi tidak bisa di atasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya IyaLah. Negara ini belon level nya semua semahal gini. Pemerintah yg bikin harga barang naek semua kok. Di tambah lagi pajak utk kencing segala.
Yg bener aja Luh urus negara.

Duit nya jg ga jelas imbal balik ke sarana utk yg bayar.

Itu rijik punya urusan aja ga beres2. Ulur waktu buat drama kelian ajah itu





emoticon-Traveller

Lu sih enak ngebacod ga pake otak dulu sebelon bacod.
Lu cm kerja ama orang. Sini Luh bikin usaha gerobak an sendiri Biar tau rasa Luh.
Lu ga kena pun sodara lu kena imbas nya pajak yg lu bikin.

LingkAran setan kalian semua



PAJAK ITU BERDASARKAN KEADAAN EKONOMI BUKAN HAK TIAP TAON NAEK. LU KIRA DUIT RAKYAT ITU PUNYA BUAPUAKMU?

Negara udah GagaL urus ekonomi dan ke stabiL an kok Berani2nya muka badak MAU naek?
Gusti ora sare

Akan kena karma kalian semua nya

Negara perhitungan ama rakyat soal duit.
Rakyat jg bs perhitungan kok ke negara.

Sudah terlalu lama rakyat mengalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Ya elahh orang besar itu udah bener belum tarikan pajaknya, krn mereka bisa melawan sedangkan orang kecil mana bisa melawan

Gua sih gak lupa dg kasus gayus, kongkalikong orang kaya buat ngemplang pajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Kyk kamu bisa ngelola aja bu emoticon-Hammer2
Dikorup gitu sapa jg yg mau bayar emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 7 lainnya memberi reputasi
Ya jelas penjajahan bagi yg krg terdampak pembangunan. Coba pajak penerangan jalan itu banyak yg ga merasakan dampaknya tapi bayarnya rutin terus
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan nowbitool memberi reputasi
Yups...sepertinya yg diatas2 gak mau kondisi rakyatnya, yg ada dipikirannya hanya benar salah, sesuai undang2 atau melanggar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Pajak itu bahasa halus nya malak bu emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 3 lainnya memberi reputasi
Halah ada pajak aja ngutang kayak kesetanan apalagi gak ada pajak yang bener aja berlagak pilon
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
ya bukan bu... tp tuh yg bekerja urus negara, udah pd serakah ke pendapatan,
hrusnya ditekankan mengabdi sm negara ya sgini saja penghasilannya, bukan byk tunjangan tetekbengek dll,
nah problemnya muncul, buruh pun pengen kyk aparat negara emoticon-Wakaka minta kebutuhan ini itu emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
theoneta dan bajier memberi reputasi
ketauan kaya malak yeee
belom bayar pajak ini ga boleh dulu
profile-picture
bajier memberi reputasi
pajak itu termasuk salah satu kontrak jual beli antara penjual dan pembeli. Kalau yg membeli merasa yg dibayar sesuai dengan yg dibeli, maka mereka tidak akan merasa dijajah. Contohnya rakyat negara nordik macam swedia, norwegia atau negara swiss. Rakyat mereka rela bayar pajak tinggi tinggi, karena pelayanan publik yg mereka terima dari negara juga sepadan dengan pembayaran pajak. Kalau merasa sepadan, jelas mereka tidak merasa dijajah.
Tapi kalau pelayanan publik yg diterima tidak sepadan, sementara uang pajaknya banyak habis digerogoti koruptor, jelas rakyat akan merasa dijajah. Bayangkan kita kerja keras banting tulang cari rejeki, yg didapat masih harus dipotong buat bayar pajak. Kita yg kerja cuma cukup buat makan nasi. Sementara pejabat, malah makan lobster. Sudah itu, pelayanan publik yg diterima juga amburadul. Listrik byar pet, jalanan rusak, keamanan tak ada, pendidikan kualitas rendah, pelayanan kesehatan jauh dari kata memuaskan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TripleCombo dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bayar pajak its okay, gaji gue dipotong tiap bulan its okay.


Masalahnya kalo bayar pajak CUMAN buat ngempanin gaya hidup hedon, konsumtif dan KINERJA ASN yang jauh dari harapan.. Siapa gak kesel?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
moonray7192 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
NGACA DULU SANA PEMANFAATAN PAJAK UDAH BENER BELOM? STUDI SONO SAMA NEGARA SWEDIA NORWAY ATAU FINLANDIA
DISINI BAYAR PAJAK MAHAL TAPI FASUM, PENDIDIKAN & JAMINAN KESEHATAN BOBROK ASLI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gw rela bayar pajak kalau bener2 kerasa manfaatnya. Pemerintahnya goblok gini ya jelas gw males bayar setoran jing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rakyat gak taat pajak karna presidennya banyak duit
11rb T dikantong kiri dikantong satunya lagi lebih banyak
pake duit itu aja dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TripleCombo dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di