CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc9d18482d49506fb751d04/sejarah-mobil-sedan-toyota-vios

Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios

Toyota Vios adalah mobil sedan kecil yang dibuat oleh Toyota untuk pasar Asia Tenggara. Konsep pengembangan Vios adalah “Advanced Global Sedan” yang artinya mobil sedan global yang canggih. Vios, sedan kompak premium dari Toyota hadir untuk memuaskan kebutuhan Anda akan pengalaman berkendara yang mengesankan. Performa, gaya, kenyamanan dan keamanan berkendara. Apapun yang Anda inginkan Anda dapatkan pada Vios.

Toyota Vios generasi pertama atau gen satu (2003-2007)

Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios

Toyota Vios generasi pertama atau gen satu telah dipasarkan di Jepang pada tahun 2002, dan setahun kemudian yaitu pada tahun 2003 baru mulai dipasarkan di Indonesia oleh Toyota Astra Motor. Kehadirannya untuk menggantikan Toyota Soluna yang sempat menjadi primadona sedan kompak di era 90-an. Begitu pun Vios yang langsung populer sebagai armada taksi, dengan nama Toyota Vios Limo. Toyota Vios generasi pertama atau gen satu mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2003 dan dipasarkan selama rentang waktu tahun 2003 sampai tahun 2007.

Trim level untuk Asia Tenggara adalah J (standard), E (kelas menengah), S (sporty dengan body kit), dan G (mewah dengan instrumen digital). Vios bermesin turbo 1500 cc (trim level S) dengan body kit hanya dipasarkan di Thailand. Di Indonesia, model yang beredar adalah trim level E (hanya transmisi manual) dan G (tersedia manual dan otomatis). Model dasar untuk taxi disebut Limo merupakan tipe J di negara lain.

Toyota Vios Generasi Kedua atau Gen Dua (2007-2013)

Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios

Diluncurkan pada awal tahun 2007, Vios terbaru sama dengan Toyota Belta di Jepang, atau Toyota Yaris Sedan di Amerika dan Australia. Dari segi desain, Toyota Vios memiliki kesamaan dengan seri hatchback Toyota Yaris.

Vios generasi kedua atau gen dua ini dipasarkan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2013. Vios generasi dua ini tetap memiliki dashboard dengan panel instrumen di tengah menghadap ke belakang dan dapat dilihat oleh penumpang, berbeda dengan sebelumnya yang lebih miring menghadap ke arah pengemudi. Sound system dengan head unit terintegrasi dengan panel dasboard tengah. Untuk model G juga dilengkapi dengan pengatur volume suara pada stir. Start/Stop button hanya ada di model G dengan transmisi otomatis. Secara keseluruhan, Vios baru memiliki fitur interior yang jauh lebih banyak daripada model sebelumnya.

Toyota Vios Generasi Ketiga atau Gen Tiga (2013-2018)

Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios

Toyota Vios generasi ketiga atau gen tiga diluncurkan pada bulan Maret tahun 2013 di Bangkok International Motor Show di Thailand. Vios generasi ketiga (gen tiga) mulai dipasarkan di Indonesia pada tanggal 7 Mei tahun 2013 dan tersedia dalam dua pilihan tipe yaitu tipe E dan tipe G dalam transmisi manual dan otomatis.

Pada bulan Desember 2013, Vios generasi ketiga mulai dirakit di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Vios generasi ketiga tipe TRD Sportivo diluncurkan pada bulan September 2014 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Vios generasi ketiga atau gen tiga ini dipasarkan pada rentang waktu tahun 2013 sampai dengan tahun 2018.

Toyota Vios Gen Tiga 2018 Facelift Joker (2018-2020)

Sejarah Mobil Sedan Toyota Vios

Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, Toyota Vios muncul ke publik dengan tampilan baru. Sedan yang telah menginjak generasi ketiga ini mengalami perubahan besar pada tampilan atau major facelift. Hadir sebagai New Vios, mobil sedan kompak ini membawa sejumlah peningkatan yang signifikan. Facelift kali ini yang mendapat julukan Joker karena menyerupai mulut joker (karakter penjahat pada film batman). pada Toyota Vios 2018 facelift Joker ini masih bermain di segmen sedan kompak dengan pesaingnya adalah Honda City, Suzuki Ciaz, Mazda 2 Sedan, dan Ford Fiesta Sedan.

Penampilan Toyota new Vios 2018 ini semakin berubah dan mendekati tampilan Toyota Yaris. Mengikuti Toyota Yaris Facelift, Toyota Vios 2018 juga mendapat jatah facelift yang tak kalah keren. Beda seperti New Yaris hatchback yang sudah meluncur lebih dulu, Wajah Vios 2018 juga punya senyum Joker, namun tidak selebar Yaris. Untuk disain peleknya Vios 2018 ini menggunakan pelek 16 inci untuk varian tertinggi yang disainnya sama seperti Yaris. Toyota Vios 2018 facelift Joker ini masih menggunakan basis model dan mesin yang sama dengan versi Vios sebelumnya.
Diubah oleh tbgus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di