CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc961be349d0f587f5fc280/konsekuensi-hukum-jika-habib-rizieq-terus-menerus-mangkir

Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir

Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir

Polisi bisa menjemput paksa Habib Rizieq Shihab jika pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu terus menerus mangkir. Diketahui, Habib Rizieq mangkir dari panggilan polisi untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

"Memang prosedurnya begitu, kalau tiga kali dipanggil beliau secara patut tidak hadir, memang akan dijemput paksa," ujar Pengamat Hukum Pidana Universitas Indonesia Chudry Sitompul kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Tidak hanya mangkir, Habib Rizieq juga memanfaatkan pendukungnya untuk menghalangi penegak hukum mengirimkan surat panggilan ke kediamannya di Petamburan
, Jakarta. Chudry pun menyayangkan kejadian tersebut.

"Kenapa ada petugas negara mengantarkan panggilan, mestinya tidak usah dihalang-halangi," kata Chudry.

Dia menuturkan, siapapun yang dengan sengaja menghalangi proses hukum bisa diancam pidana. "Bisa dianggap mengintervensi hukum. Pasal 160 menghalang-halangi penyidikan," imbuhnya.

Menurutnya, polisi bisa saja menetapkan Habib Rizieq sebagai tersangka dan melakukan penahanan. Asalkan penyidik sudah mengantongi dua alat bukti terkait pelanggaran Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Apakah nanti Rizieq Shihab itu dianggap menyulitkan pemeriksaan lebih lanjut, kalau dianggap menyulitkan, ya ada alasan untuk menahan. Tapi tetapkan dulu sebagai tersangka. Karena orang tidak bisa ditahan kalau statusnya bukan tersangka," tandasnya.

Sekadar informasi, penyidik Polda Metro Jaya menduga acara Maulid Nabi dan hajatan pernikahan putri Habib Rizieq pada 14 November melanggar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Penyidik sudah memeriksa beberapa saksi terkait kegiatan tersebut.

Penyidik memandang perlu meminta keterangan Habib Rizieq dan menantunya Hanif. Panggilan pertama tidak digubris. Minggu 29 November, polisi mendatangi kediaman Habib Rizieq untuk menyampaikan surat panggilan namun diadang pendukungnya. (Baca juga: Kabareskrim Sebut Demo dan Kepulangan Habib Rizieq Penyebab Kasus Covid-19 Naik)

Selasa 1 Desember, polisi kembali melayangkan surat panggilan secara langsung ke kediaman Habib Rizieq. Namun, rombongan yang dipimpin Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan juga dihalangi pendukung Habib Rizieq.

https://nasional.sindonews.com/read/...kir-1607008323

Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DENBAGUS88 dan 50 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Kakean cangkem.. Kakean wayangan.. Ket awal ra dicekel2..


emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Opo wani emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 13 lainnya memberi reputasi
2 atas ane adalah contoh opini cerdas. Sepakat emoticon-shakehand
Mimik dolo omgan-omgan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh itilnjepat
omdo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
beraninya cuma mengancam.
emoticon-Ngakak

angkut suda tu barang lamaaaaaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Ciduk dulu baru komen bos

Jangan komen tanpa tindakan

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 11 lainnya memberi reputasi
Udah panggilan kedua....

Kalo masih mangkir angkut langsung...

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Hmmm apa bakal ada yg nyebrang ke malaysia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Udah lah lebih baik negara langsung aja kirim pasukan brimob bersenjata lengkap jemput si rijik sebelum dia kabur lagi. Kalo dihalang2in dan dimaki2 sama para pion kroco, sikat habis mereka semua sekalian karena udah menghalangi tugas aparat dan menyembunyikan buronan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sungguh tak bisa dijadikan teladan.

nyalinya tak ada untuk menghadapi kasus-kasus hukumnya.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Konsekuensi Hukum Jika Habib Rizieq Terus Menerus Mangkir
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
Kebiri aja nih orang kriminal udah melawan hukum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Buruan ciduklah please
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 3 lainnya memberi reputasi
hidup sekali kok yo gini to jik. hidup kok seperti gak ada kenyamanan. banyak banget masalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
umroh lagi ga nih
pan tamu istimewa raja salman emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 2 lainnya memberi reputasi
Sekali banci tetap lah banci walau sembunyi di balik pasukan onta zombie-zombie nya... Rizieq banci emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tesmail dan 5 lainnya memberi reputasi
biar isolasi mandiri dulu 14 hari biar saatnya nanti nggak usah buat repot saat diperiksa & 'menginap'.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cie cie yang ntr lagi tenar, cie cie yang ntr lagi holiday
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan kakekane.cell memberi reputasi
Kalau sampai pemanggilan ketiga oleh polisi rizieq tidak hadir, kemudian polisi jemput paksa, maka dia akan malu dengan sendirinya. Kalau ngak mau malu, maka dia akan memenuhi panggilan polisi. Jadi rizieq juga pasti paham akan hal semacam itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ovgossard dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
yah kelamaan, keburu kabur eh umroh lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cPOP dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di