CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc8b70a349d0f7ec33bc042/coc-traveller-hammock-an-ala-pasutri-baru-di-pulau-panjang-jepara

[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara

[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara


Hallo kaskuser yang Budiman dimanapun agan berada..

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan Rezeky yang berlimpah ya.. AAMIIN 

 

Semua ini berasal dari perhatian saya kepada istri yang selama masa pandemi ini bener-bener jarang sekali bepergian, hanya ke tempat-tempat yang diperlukan saja seperti pasar tradisional dan pasar swalayan. Padahal kami sudah hampir 1 tahun menikah dan saat ini istri saya ikut menemai saya penempatan kerja di JAWA TENGAH, lebih tepatnya KABUPATEN JEPARA. Walaupun kami asalnya dari bogor yang mana tempat wisata SANGAATTTTTT BEJIBUN heuheuheu.. tapi tidak ada salahnya jika saya membuat tread tentang wisata di Jepara saja.

FYI, Pulau Panjang ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Jepara. jadi saat pandemi masuk Indonesia, wisata-wisata di yang dikelola oleh Pemkab Jepara tutup semua gan. Ditutupnya ini sejak pertengahan maret dan hingga awal oktober ya. Dan ane baru bisa main lagi kesini bareng istri tercinta ya pas akhir oktober kebetulan ada libur panjang..

Tujuan ke pulau panjang adalah bersantai dengan cara HAMMOCK-an di pinggir pantainya. Ini sudah pernah saya lakukan sebelumnya bersama kawan. Tapi kali ini bersama orang paling special dihidup ane hehehe

[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
(pulau panjang top view)

Spoiler for sumber::


#Perjalanan Menuju Lokasi
     Pulau panjang ini lokasinya cukup dekat dengan Jepara ya. Bisa diakses melalui kapal dari Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Karena lokasi rumah ane lebih dekat ke pantai kartini, jadi ane naik dari pantai bandengan.. tidak donggggg, jelas dari pantai kartini saja emoticon-Big Grin

Ane berangkat dari rumah sekitar jam 10.00 pagi. Lama perjalanan ke Pantai kartini 10 menit saja. Lokasi dermaga kapal menuju pulau panjang berada didalam Pantai kartini ya gan.
Harga masuk ke pantai partini:
-         Senin – Jumat = GRATIS, GRETONG, FREE, alias tidak bayar. Karena dapat subsidi dari Pemda Jepara

-         Sabtu, Minggu, Hari Libur = Rp 10.000/orginclude motor. Karena ane waktu itu pake motor, kalau mobil/bus ane kurang tahu.

Harga tiket kapal Sapta Pesonaa:

     -          Agan cukup bayar Rp 25.000/org, kapal ini sudah termasuk PP (pulang-pergi). Menurut saya ini praktis sekali ya cukup 1x bayar bisa PP.

 [COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
(dermaga kapal Sapta Pesona)

Spoiler for sumber:


Lama perjalanan dari dermaga kapal ke pulau panjang sekitar 20 menit aja
Setelah sampai di Pulau, ada biaya Retribusi masuk pulau sekitar Rp 7.000/org.

#KEGIATAN DI PULAU PANJANG

Ada apa saja di pulau panjang?
Setelah membayar retribusi pulau tadi, kita bisa masuk langsung ke pulaunya.
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara(gapura masuk Pulau Panjang, model isteri ane)

Spoiler for sumber::

Begitu masuk gapura sudah terlihat warung-warung dari warga Jepara yang membuka lapak di pulau panjang ya. Seperti warung di tempat wisata pada umumnya, mereka menyediakan minuman, mie instan, aneka gorengan, kelapa muda, dll. Ane sih pastinya beli kelapa muda yang cocok banget saat di pantai.

Saat kami berkunjung ternyata tidak terlalu ramai di pulau panjang padahal saat itu libur panjang, mungkin banyak yang belum tahu bahwa tempat wisata di Jepara sudah kembali buka.
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara(swafoto dulu kita emoticon-Malu (S))

Spoiler for sumber:


Kami memutuskan cari spot yang teduh dan ada pohon untuk memasang HAMMOCK. Agar istri ane bisa istirahat dengan nyaman. Ane sendiri sudah persiapan bawa tikat dari rumah untuk bersantai ya. Tapi jika agan lupa/tidak membawa tikar, tenang aja para pedagang biasanya menawarkan tikar yang bisa agan sewa, ane lupa harga sewanya, antara Rp 15.000-25.000 deh, itu sewanya sampai agan pulang ya. Enak banget kan?
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
(bersantai di hammock)

Spoiler for sumber:


Disini selain bersantai menikmati pantai, ane yang doyan mantai akhirnya bermain air (nyelem) di sekitaran pantai. Air pantainya cukup bening gan cocoklah buat bermain, namun jangan berharap ada ombak ya, pantai dijepara tuh kebanyakan air lautnya tenang, jadi sama sekali tidak ada ombak.
Berhubung cuaca lumayan terik ane hanya nyelem  sebentar sementara istri ane tidak jadi ikut dan memilih tiduran di hammock emoticon-Hammer
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
(swafoto di pinggiran pantai emoticon-Malu (S))

Spoiler for sumber:


Oya, ane membawa kompor portable yg biasa dipakai naik gunung, karena ane sendiri beberapa kali pernah naik gunung di jawa tengah. 
jadi kegiatan masak mie ane lakukan untuk mengganjal perut selama di pulau

Beberapa kegiatan lain yang bisa agan nikmati di Pulau Panjang ini adalah:

#CAMPING

Banyak lho yang camping di pulau panjang ini. Apalagi sebelum ada Covid seperti sekarang, di lokasi ane yang saat itu hammock-an biasanya berjejer tenda-tenda camping. Hal ini wajar karena memang pasir pantai yang putih dan lembut.
Jika agan tidak membawa tenda, disini juga terdapat penyewaan tenda seharga Rp 50.000/malam ya..

#SNORKELING
Di pulau panjang agan juga bisa Snorkeling lho..
Agan bisa menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di booth pinggiran pantai. Ane sendiri belum pernah coba dan memang kurang tertarik, karena spot snorkeling hanya di sekitaran pantai pulau panjang, tidak ada spok khusus. Harganya sendiri tidak tahu ya.. (yaiyalah kan belum pernah coba emoticon-Hammer)

#WISATA RELIGI
Selain banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pulau panjang, bagi masyarakat Jepara pulau panjang ini memiliki nilai khusus khususnya bidang religi.
Di pulau ini terdapat makam yang diyakini oleh masyarakat Jepara adalah Ulama besar masa lalu yaitu Syeikh Abu Bakar , jadi banyak masyarakat Jepara yang berziarah ke pulau panjang ini.
Di area yang sama, juga terdapat mushola dan kamar mandi/toilet yang bisa digunakan oleh pengunjung pulau panjang.

#PULANG
Diawal sudah ane sebutkan ada 2 jalur ke pulau panjang ya, lewat Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. karena kapalnya beda gan. Jika saat berangkat tadi naik kapal Sapta Pesona (pantai kartini) pastikan agan naik yang dari Sapta Pesona juga. Kapal sapta pesona sendiri ada banyak nomer kapal, tidak masalah nomor berapa pun ya, yang tersedia di dermaga saja.

Untuk jadwal pulang, kapal terakhir jam 16.00 / jam 4 sore.. jadi jangan sampai kelewatan main sampai lupa pulang ya.

Jangan lupa jika berkunjung ke tempat wisata/keramaian SELALU INGAT PESAN IBU
- MEMAKAI MASKER
- MENJAGA JARAK
- CUCI TANGAN PAKAI SABUN & AIR MENGALIR 

~   TERIMAKASIH   ~

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh standalone17
Keren thread nya...kapan ane bisa main - main kesana ya...ke Pulau Panjang.
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
[COC TRAVELLER] Hammock-an ala PASUTRI baru di Pulau Panjang, Jepara
Wow cantik pantainya gan
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebenarnya selain kegiatan diatas agan juga bisa MANCING di dermaga pulau panjang ini.
Bagi agan yang mau CAMPING mungkin kegiatan malam bisa diisi dengan acara MANCING dan bakar ikan langsung di depan tenda..


emoticon-Wow

Post ini telah dihapus oleh KS06
Wahh seru ya sepertinya jalan jalan begini duh jadi kepengen liburan juga deh
profile-picture
profile-picture
standalone17 dan turkusuma memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Wah.....pemandanganny sungguh indah sekali....mantab👍👍👍
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ini salah satu yang terkenal sih akhir2 ini, ya udah beberapa tahun sih, Pulau panjang, kayaknya menarik banget gan
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Boleh nih kesana nanti kalau ada acara dari kaskus emoticon-Traveller
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren emoticon-Kimpoi
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Sekali ke sana jantung ane mau copot gan pas naik perahu, duduk di tengah lambung perahu sambil komat kamit😭🤣
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jadi pengin bulan madu ke sana dehemoticon-Malu
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Lihat 59 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 59 balasan
Bagus bgt lautnya
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
Keren pantainya
profile-picture
standalone17 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di