CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hendropriyono Peringatkan Para Pengepung Rumah Ibunda Mahfud Md
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc8511926377225c17c8f34/hendropriyono-peringatkan-para-pengepung-rumah-ibunda-mahfud-md

Hendropriyono Peringatkan Para Pengepung Rumah Ibunda Mahfud Md

Hendropriyono Peringatkan Para Pengepung Rumah Ibunda Mahfud Md Foto: Dok. Istimewa

Jakarta - Mantan Kepala BIN Hendropriyono memperingatkan massa yang mengepung rumah ibunda Menko Polhukam Mahfud Md, di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Menurut Hendropriyono, keluarga dari pihak Mahfud Md bisa saja membela diri dengan melakukan tindakan tertentu.

"Saya ingatkan kepada para ananda yang berdemo ke rumah kediaman keluarga Bapak Mahfud Md. Dalam keadaan tersebut, hukum kita, di pasal 48 dan 49 KUHP, memberikan kelonggaran kepada yang diserang untuk melalukan pembelaan diri karena terpaksa. Bahkan hukum kita membenarkan jika pembelaan tersebut sampai melampaui batas," ucap Hendropriyono, dalam keterangannya, Kamis (3/12/2020).
Jika korban menyerang pelaku melampaui batas seperti melukai dan sebagainya, mereka tidak dapat dikenai hukum. Menurut Hendropriyono, si korban memiliki dasar kuat kenapa melakukan tindakan tersebut.

"Dalam keadaan masyarakat saat ini, Jika pihak yang diserang membela diri, terpaksa sampai melampaui batas, maka mereka tidak dapat dihukum. Bela diri karena terpaksa adalah demi menyelamatkan jiwa, harta bendanya sendiri maupun orang lain. Hak bela diri ini bukan berarti main hakim sendiri, karena keadaan jiwa keluarga yang diserang mendadak itu, menjadi goncang," katanya.

"Keresahan yang mencekam umum dewasa ini menggoncangkan banyak orang, karena kerap terjadi gontok-gontokan politik, ideologi, dan agama," ujarnya.
Hendropriyono menyebut, membela diri dilindungi undang-undang. Termasuk apabila yang membela diri akhirnya membunuh si penyerang.

"Keluarga siapapun seperti Bapak Mahfud Md yang diserang, cukup dengan dapat mengira akan ada serangan atau ancaman serangan terhadap mereka. Maka pembelaan terpaksa, jika mereka lalukan, dilindungi oleh pasal 49 KUHP," ujar Hendropriyono.

"Maksud dari pembelaan diri seperti melampaui batas adalah seperti matinya si penyerang. Karena itu, saya ingatkan agar demonstrasi jangan dilakukan ke kediaman, di mana keluarga yaitu anak, istri, orang tua, yang tidak tahu apa-apa bernaung untuk hidup. Kita berada di negara Indonesia untuk hidup bersama, bukan untuk mati bersama-sama," sambungnya.

Sebelumnya, kediaman Ibunda Menkopolhukam Mahfud Md di Pamekasan didatangi massa. Massa menyatakan aspirasinya jika kontra dengan pernyataan Mahfud Md terkait permasalahan hasil tes swab COVID-19 Habib Rizieq Shihab.

Video kedatangan puluhan massa ini viral di aplikasi percakapan. Dalam video berdurasi 28 detik ini, nampak massa didominasi laki-laki. Puluhan massa ini terlihat menggunakan busana muslim, mulai dari baju koko, sarung, lengkap dengan kopyah dan serban.

"Rumah Mahfud MD yang di Madura, Pamekasan digerebek massa," ucap salah seorang dalam video yang dilihat detikcom di Surabaya, Senin (1/12/2020).
Selain itu, dalam video juga terdengar massa yang berteriak-teriak meminta Mahfud MD untuk keluar dari rumahnya. "Mahfud, Mahfud keluar Mahfud," teriak massa.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko membeberkan awalnya ratusan massa yang mengatasnamakan Umat Islam Kabupaten Pamekasan melakukan aksi unjuk rasa terkait pemanggilan Habib Rizieq di Mabes Polri. Massa juga telah diajak audiensi di Polres Pamekasan.

"Polda Jatim membenarkan kemarin ada satu kejadian yang sempat viral, perlu kami jelaskan di sini yang pertama Polda Jatim turut menyesalkan situasi Jatim yang guyub rukun gotong royong, kemudian terjadi insiden adanya massa," papar Truno.

Kemudian, sepulang dari unjuk rasa, sejumlah massa yang melewati kediaman Ibunda Mahfud Md pun berhenti dan melakukan aksi.

"Perlu kami jelaskan massa itu massa cair pasca mengumumkan pendapat dalam aksi solidaritas terhadap RS yang ada di Jakarta. Kemudian ini terdiri dari beberapa kelompok. Pascapembubaran, setelah setelah menyampaikan pendapat, kemudian dilakukan imbauan dan membubarkan diri, ada kelompok yang ke arah Utara, ada yang tetap ke Pamekasan dan ada yang ke Barat ke kecamatan Proppo Pamekasan," jelas Truno.

SUMBER

Ane bold poin intinya aja.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Hansip


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Halaman 1 dari 6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Termasuk apabila yang membela diri akhirnya membunuh si penyerang.

Ini yg patut ditunggu, baku hantam membinasakan kaum sekte Balehonisme
emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Orang nya di Jakarta...

Yg di demo ibunya yg di Madura...

Otak nya dah singit ....!!!!

Kalo berani demo yg di Jakarta lah...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ah teori.
Yg bunuh perampok malah di hukum penjara




emoticon-Traveller

Gimana rakyat MAU percaya omongan elu yg Dari kaum militer. Ga ada bukti nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
astagfirullah, revolusi akhlak tindas nenek tua yg lemah


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang ngepung bakal hidupnya tidak tenang
fpi pusat udah ngaku itu bukan anggotanya
alias dilepehin emoticon-Big Grin

siap2 aje ya tong, materai udah gak ampuh lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
d bawah nahan kesel, tegas dong aparat
jgn smpe konflik horizontal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo belom apa2 hendropriyono uda turun gunung itu artinya pemerintah sekarang da beda pendekatannya pada para perusuhemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:



Operasi senyap siap di laksanaken...!!!

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kaum thelook lemack khusus yang ga berpendidikan kebanyakan ya gitu dehh. . .emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngomong gini sih malah ngadu domba antara pendemo sama keluarganya mahfud.
Bikin pernyataan yg bener dong buat melindungi korban, bukan nyuruh korban nyerang balik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Astajim, pak Hendro minta dikepung sama Divisi 1 Brigade Infantri Laskar pimpinan Letjen FPI ya emoticon-Marah

Hendropriyono Peringatkan Para Pengepung Rumah Ibunda Mahfud Md
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kan ada video nya. Itu wajahnya suda di tandai.
emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Gw baru appreciate kalau emang bener di tindak tegas yang nyerang rumah Ibunya pak Mahfud, kalau cuma statement2 gini doang tanpa action malah makin jadi ke depannya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kode keras ini ya akhi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alif.tiger.revo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh royais
Kepung ganti aja ..
Pake satpol PP dah bagus ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
umat pemilik surga kok sukanya main mengadu domba..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
dalam kapasitas apa om hendro berbicara?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Penyelesaian ini kek nya bakal dilakukan diam2, gak da yg tau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
dipetrus saja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di