CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc7ee5088b3cb2b5b6b1fc0/seorang-pendaki-mendengar-suara-alunan-gamelan-dari-puncak-gunung-mananggel

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Jagat maya dihebohkan dengan berita viral yang seorang pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan yang setibanya di puncak gunung.

Menurut sang pendaki dengan akun TikTok @thx.rk, pengalaman yang beraura mistis yang mengalaminya ketika menjelang magrib setibanya di puncak Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat pada akhir November 2020 kemarin.

Suara gamelan yang awalnya laun-laun tapi lama-kelamaan kian terdengar jelas saat ia menunjukan landscape pegunungan Mananggel yang indah menjelang magrib.

Viral Video Pendaki Dengar Alunan Gamelan Di Puncak Gunung

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Kisah seorang pendaki yang mengaku mendengar suara gamelan saat berada di gunung, videonya belakang ini telah viral di media sosial dan menjadi perbincangan warga net. Hal tersebut di akui dari akun kreator TikTok @thx.rk yang mengunggah momen terdengarnya alunan musik tradisional tersebut.

Menurut akun @thx.rk saat itu dirinya tengah melakukan pendakian di gunung Mananggel, Cianjur Jawa Barat. Saat berada di kawasan puncak dan merekam landscape sekitar gunung dan beberapa saat kemudian ia pun mendengar suara gamelan.

Suara musik tradisional jawa tersebut terdengar samar-samar namun lama-kelamaan terdengar jelas dan diiringi suara-suara kicauan burung dan desir angin. Seiring terdengarnya suara gamelan tersebut suasana sekitar pun mendadak menjadi mencekam.

Tulis @thx,rk dan text yang disematkan di dalam videonya, menggambarkan situasi yang dialaminya saat itu. Sontak rekaman video gamelan di puncak gunung Mananggel tersebut langsung mengundang reaksi warga net hingga viral di media sosial.

Kesaksian Raka Pendaki Yang Merekam Kejadian Suara Gamelan

Pendaki yang secara tidak sengaja merekam suara gamelan di puncak gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat. Dan ternyata si pendaki tersebut bernama Raka, warga Jakarta yang mendaki gunung Maranggel dan bermalam di puncak gunung bersama dua rekannya.

Menurut Raka saat merekam gambar saat setibanya di puncak gunung, suasana memang terasa sedikit mencekam dan seram. Untuk itu bersama dua rekannya ia sempat mendengarkan musik dari handphone guna mengusir rasa tersebut.

Selepas itu ia barulah merekam kondisi di puncak gunung sebagai dari bagian dokumentasi perjalanannya.

{thread_title}


Pengalaman Ki Prana Lewu Hingga Penjaga Gunung Ceremai Yang Mendengar Mitos Suara Gamelan Di Gunung

Pengalaman mendengar suara gaduh seperti jaipongan di tengah kesunyian kawasan gunung juga pernah dialami oleh Ki Prana Lewu seorang spritual juga hoby mendaki gunung.

Pengalaman yang cukup membuat merinding ini dialami Ki Prana Lewu saat bersama belasan anggota padepokannya yang sedang melakukan pendakian di gunung Salak kurang lebih pada 5 tahun lalu tepat di bulan puasa.

Saat rombongan mulai menapaki kaki gunung Salak, mereka dikejutkan dengan suara lantunan ayat suci Al-Qur'an. Selama kaki melangkah suara lantunan ayat suci Al-Qur'an tersebut terus mengiringi hingga kemudian hilang dengan sendirinya.

Belum lagi keterkejutan rombongan Ki Prana Lewu sirna, mereka kembali dikejutkan dengan riuhnya suara jaipongan tepat saat mereka berada di pertengahan perjalanan menuju puncak.

Suara gamelan yang mengalun misterius ditengah kesunyian dan kesakralan kawasan gunung juga kerap didengar para pendaki di kawasan gunung Ceremai, menurut Lili Suhali sang penjaga pos gunung Ceremai via Linggarjati.

Mitos suara gamelan kerap dialami para pendaki, baginya hal tersebut sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh para pendaki. Terlebih gunung Ceremai dianggap paling sakral dan keramat, lantaran diyakini pernah menjadi tempat pertemuan Wali Songo.

Kisah Viral Pendaki Hilang Di Gunung Muro Setelah Mendengar Suara Lonceng

Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel

Jauh sebelum viral pendaki rekam suara gamelan di puncak gunung, setahun lalu juga ada kisah viral lainnya yang dialami oleh Indra Wijaya Arta Kesuma pendaki gunung asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Indra sempat hilang secara misterius selama 6 hari di gunung Muro, Kalimantan Tengah yang memiliki ketinggian 927 meter di atas permukaan laut sebelum akhirnya ditemukan oleh warga yang tengah berburu disekitar gunung tersebut.

Indra yang mendaki sendirian mengaku sempat terperosok hingga keluar jalur pendakian dan saat dirinya tengah mencoba mencari jalur lain untuk turun, Indra justru mendengar hal aneh seperti bunyi lonceng dan bunyi-bunyian bernuansa mistis lainnya.

Ia pun semakin mengikuti sumber dari suara tersebut, Indra justru kian tersesat kedalam kawasan hutan.



[url=https://www.tiktok.com/foryou?lang=id#/@thx.rk/video/6898564956388674817]Sumber 3[/url]


Author : Marilyn88

Published : 03 Desember 2020, 02.42 WIB


Quote:



Seorang Pendaki Mendengar Suara Alunan Gamelan Dari Puncak Gunung Mananggel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marilyn88
Halaman 1 dari 5
Pertamax gan
Wah ngeri juga ya, btw ane dikasih tau ama temen ane yg hobi hiking gitu emg suka banyak kejadian aneh dah. Dari mulai sosok sampw suara2 aneh maklum tempatnya yg gituan kali ya gan emoticon-Takut
emoticon-Takut mistik
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tik tok jadi lahan duit wartawan pemalas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wayneent dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gak perlu takut, daripada sepi.. nikmati aja suaranya
emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
imbangin rasa takutnya dengan ilangin tupperware emak yg elu bawa hiking ,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gambit410 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menurut anggota tim SAR yg pernah saya dengar terlepas dari hal2 gaib digunung yg ceritanya populer di youtube, penjelasan logisnya suara2 itu berasal dari pemukiman penduduk/kampung2 warga sekitar kaki gunung yg dapat merambat keatas puncak gunung yg suasanya sangat sepi dan sunyi krn rambatan suara beresonansi dgn tebing dan batu2 di gunung.
Itulah sebabnya jika ada pendaki pemula yg turun gunung lalu tiba2 tersesat karena panik dan nekat malah mencoba mengikuti arah suara tsb. dgn harapan nantinya akan ketemu rumah penduduk untuk selamat, tapi yg ada malah celaka dan makin tersesat atau kecelakaan krn jatuh dari tebing dsb. akhirnya hilang atau ditemukan sudah meninggal seperti kecelakaan yg ada di berita2 dimana pendaki ditemukan meninggal atau hilang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
untung gak denger lagu dangdut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
astajing..... antu pun mualap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kemaln dan 7 lainnya memberi reputasi
Seumur-umur gw naik Ciremai sampai 20x gak pernah dengar suara gamelan disana.

Malah suara Adzan yang kedengaran.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan indrastrid memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Ane juga pernah sih sepanjang pendakian malam denger suara gamelan (entah suara kendang) yg mengalun sayup sayup, di suatu gunung di Bandung.

Ada suara sindennya juga, tapi bahasa jawa. Padahal naik gunung di wilayah sunda. Mindblow.
profile-picture
davianjustice memberi reputasi
Diubah oleh kesegaranjsmn
Jaman sekarang MP3 player makin kecil, gan emoticon-Smilie
Karena gunung sering jadi tempat petilasan jams kerajaan
Namanya gunung pasti banyak hal2 kaya gini. Kalo denger yg kaya gitu atau liat wujud sesuatu ya berdoa aja
profile-picture
totaldespair13 memberi reputasi
dinikmatin aja suara gamelannya,anggap aja perkenalan bagi yg baru naek gunung..klo yg udah sering,biasa nya waspada atau ga cuek
belom pernah naik gunung
emoticon-Thinking
tapi kata mereka yang udah pernah,
yang gitu gitu kadang memang ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antarasvalakas dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya beneran ad suaranya itu. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh greasemonkey09
Gunung nya kembar ga bre?
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di