CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Apa Bedanya Bakso Malang Dengan Bakso Lainnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc79e38facb9507e966a4d6/apa-bedanya-bakso-malang-dengan-bakso-lainnya

Apa Bedanya Bakso Malang Dengan Bakso Lainnya

Apa Bedanya Bakso Malang Dengan Bakso Lainnya

sepertinya kuliner bakso ini tiada matinya, banyak inovasi yang dilakukan agar bakso yang dibuatnya jadi laris manis. Mulai dari bakso tumpeng, bakso mercon, bakso jamur, bakso hitam, bakso lobster, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak macam bakso tetap saja yang menjadi favorit saya yaitu bakso urat dan bakso telur puyuh. Kayak nikmat aja gitu makan bakso urat, apalagi ditemani segelas es teh.

Berhubung saya pernah tinggal di Malang jadi kali ini saya mau ngasih tau apa sih bedanya bakso Malang dengan bakso lainya. Simak penjelasannya disini.

1. Kuah

Dari segi kuah menurut saya gak ada bedanya dengan kuah basko lainnya, sekedar campuran kuah kaldu sapi dan micin yang rasanya sangat gurih. Hidup tanpa micin sepertinya ada yang kurang, meskipun dalam jumlah yang kecil.

2. Bakso (Pentol)

Varian baksonya ada banyak tergantung kreativitas si penjualnya, namun yang paling familiar yaitu bakso urat dan bakso halus. Namun ada yang buat bakso jamur, bakso telur, bakso selimut, bakso mercon, dan masih banyak lagi. Saya sih suka bakso urat yang ukurannya besar, biar puas aja makannya.

3. Topping Bakso

Bisa dibilang sih gorengan, tahu, mie, serta sayurannya. Nah ini sebenarnya yang menjadi pembeda diantara lainnya yaitu gorengan. Banyak sekali macam gorengan yang ada mulai dari pangsit goreng, bakso goreng, pangsit panjang, dengan isian sayur dan daging ayam. sedangkan tahunya ada tahu putih dan tahu cokelat. Tahu cokelat itu ada adonan bakso sedikit di dalamnya. 

Lanjut ke mie, mie nya ini di hitung lho jangan dikira gratis. Biasanya mau pakek mie atau tidak itu juga gak bakal di hitung sama penjualnya. Tapi kalau bakso Malang, mie nya dihitung dan sudah digulung sedemikian rupa. Biasanya ada bihun atau mie kuning.

Ini baru gratis yaitu sayur dan kuahnya. Kalau bakso identik dengan sayur kol, nah di Malang tidak hanyak menyediakan sayur kol saja melainkan ada sawi dan selada. Mau ambil seberapa banyak pun itu GRATIS asal tau diri aja ya dan tentunya suka sayuran.

4. Self Service

Tidak hanya rumah makan besar yang punya self service, tapi di bakso Malang ini juga self service mulai dari pedang kaki lima hingga resto. Identik dengan self service, mulai dari ambil mangkok, sendok, garpu, bakso, gorengan, sayur, sambal, bahkan kuahnya sendiri. Penjualnya sih ya tinggal lihatin aja sambil cuci piring dan terima uangnya. Oh iya, sebelum makan kamu hitung dulu  ya habisnya berapa ribu biar gak lupa. Keren kan sampek hitung makanan sendiri wkwk. Itulah yang bikin unik. 

5. Harga

Serius harganya itu terjangkau banget!!! kalau cuma punya uang 2rb masih bisa beli gorengan yang harganya 500 perak, sudah bisa dapat 4 gorengan kan jangan lupa tambahkan sayur biar sehat dikit. Dan ambil kuah yang banyak nanti makannya di tambah nasi. Biasanya bakso kecil harganya 2rb sedangkan bakso besar harganya 5rb, untuk gorengan, tahu, dan mie harganya 500. Harga ini merupakan harga rata-rata pedangan kaki lima.

itu lha yang bikin unik dari bakso Malang. Kalau saya beli bakso Malang biasanya saya ambil 2 mangkok, mangkok pertama isinya bihun, sayur, bakso, dan kuah. Sedangkan mangkok kedua isinya gorengan dan cocolan sambal serta saus dan kecap. Tujuannya dipisah soalnya saya kurang suka gorengan yang lembek kena kuah bakso sih rasanya rada gimana gituuuu.

Versi saya makan yaitu mangkok pertama itu kuahnya gak usah di kasih saos dulu, biar saya tau kuahnya enak gak. Kalau kuahnya enak saya akan menikmati bakso dengan kuah bening dulu. Baru deh kalau sudah mau habis baru saya tambahkan saos, sambal, dan kecap. Itu baru nikmat versi saya. Cukup ribet ya, tapi ini kan cara saya menikmati bakso.

Nah untuk gorengannya ya dimakan seperti biasa tapi sambil di cemplungin ke kuah dulu sebentar biar ada rasa lembut dan kriuk-kriuk. Begituuu... serius jadi kangen bakso Malang yang gurih, murah, enak, dan bisa dapet banyak. dengan uang 10rb udah bisa kenyang pastinya.


Penulis : Linna Mia
Sumber Referensi : Opini Pribadi
Sumber Gambar : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 45 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
wah jadi kangen bakso malang. bakso malang enak-enak, yang gerobakan juga enak emoticon-Matabelo
profile-picture
roizen45 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
biasanya yang terkenal itu bakso malang sama bakso solo....
ane pernah makan bakso malang , kuahnya itu lebih bening dan segar daripada bakso lainnya , di tambah lagi bakso malang yang pernah saya coba itu pasti siapin daun bawang.... behhhh perpaduan yang pas emang kuah bakso malang sama daun bawang.....

maklum gan ane ga tinggal di malang jadi jarang2 makan bakso asli malang.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GendonDewa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Anak saya suka banget dengan bakso Malang......juahnya bening....ada tahunya juga.
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bakwannya gan yg bikin beda hehe
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane pernah makan di bakso malang, self service gitu, ambik sendiri berbagai jenis bakso yg di mau
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bakso biasa ya kayak gitu aja, bakso malang pasti ada pangsit dll..... Kalo yang lain belum pernah coba
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oskab ngalam pancen kane emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman ane sih di kuah ya gan, kagak ada lemak itu dah ciri khas. Klo bakso lain ada lemak²nya
Cob adeh klo dingin , waduh gumpal² lemaknya.
Ane lebih suka yg bakso malang kaga ada lemaknya di kuah
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Bakso malang lewatan dan restoran sama enaknya
profile-picture
putzpitz memberi reputasi
Jadi pengin bakso malang deh. Dulu banget makannya.
Bakso malang katanya enakk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enaknya makan bakso
Bakso deket jembatan Kaliurang barat serba Rp 500.
Cukup Rp 10,000 ambil sendiri . kenyang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Akh, gara2 baca topik ini.... kok, ane mlh jd ingin makan 1 porsi lengkap bakso malang nih, gan........ emoticon-Mewek
Diubah oleh yoseful
Mirip juga sih sama baso cuanki....
kalo di malang ada bakso sentral...
enak tuh... gerobak warna biru biasanya muter2 di perumahan...
ada yg mangkal juga buka tenda
profile-picture
putzpitz memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kari itung itungane.
Jo lali iki pira sam?

Ngambil sekalian ngitung,. Kari laporan
Bayar pas
emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo ndek sini namae bakwan.

Kalo bakso biasa baru bilang bakso


emoticon-Cool
Sek, sek

Sam, opo bedane Bakso Malang ambek Bakwan Malang?emoticon-Thinking

Jare om ku biyen, itu buat bedain mana yang Sapi ama B2 ya?emoticon-Amazed
Diubah oleh masih.abu.abu
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Setelah tinggal di malang sekitar 3 bulan, ane bisa nyimpulkan, kenapa bakso malang rata" enak?

Karna rata" penjual bakso/bakwan malang(bahkan abang gerobak dorong pinggir jalan) ngolah baksonya produksi rumahan sendiri.

Beda sama di surabaya, yg rata" pentolnya gak diolah sendiri tapo sistim setor ke bos besar. Alhasil pentol terasa hambar karna tuntutan pengolahan dlm jumlah besar dan mengabaikan rasa.

Jadi tipsnya kalo mau makan bakso yg enak, carilah gerobak yg nyediain bakso besar/isi telor. Karna itu udah pasti olahan sendiri.

Sekian
emoticon-Cool

=========

Btw TS ngalam mana, kali bisa kopdar sambil ngebakso gituemoticon-Malu
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Diubah oleh njir
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di