CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc760d99a972e48a6627804/coba-menghitung-kira-kira-habieb-rizieq-shihab-positif-atau-negatif-covid-19

Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?

Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?

Salah satu topik yang masih sedang ramai di Kaskus adalah masalah misteri positif Covid-19 atau tidaknya Habib Rizieq Shihab saat ini.

Sempat ada beredar foto hasil laboratorium yang menyatakan beliau terdeteksi positif, tetapi berita itu langsung dibantah oleh pihak FPI. Muncul juga pertanyaan, kalau tidak positif kenapa harus dirahasiakan? Dsb.

Di trit ini TS mencoba mengutak-atik dari sisi yang berbeda, yang sepertinya belum ada dibahas di kaskus ini.

Yaitu dari sisi fase-fase berkembangnya gejala covid-19 pada tubuh seseorang, sampai masa recovery selesai, alias orang tersebut sumbuh dan kalau di-swab test hasilnya akan negatif.

Ada beberapa kelemahan dengan metode ini:
1. Reaksi tiap orang terhadap virus covid-19 itu berbeda-beda.
2. TS tidak tahu persis jadwal kegiatan beliau, sehingga tentu memperhitungkan kapan saja muncul potensi penularan itu tidak bisa akurat.

Buat apa trit ini kalau hasilnya toh ya nggak jelas?
1. Untuk mengasah otak kita dalam menganalisa suatu masalah.
2. Mengajak kita berpikir lincah, artinya melihat suatu masalah dan mencari solusi/jawabannya dari berbagai sudut yang berbeda.
3. Moga-moga juga berguna buat kaskuser yang merasa tidak enak badan dan sedang berpikir-pikir apakah dirinya positif Covid-19? (@dewakere)

Oke, kalau begitu kita mulai.

Dari laman webmd.com (sumber referensi no 1), gejala covid akan muncul 2-14 hari setelah infeksi terjadi. Sementara menurut artikel di nytimes (sumber referensi no 2), pada pasien yang mengalami gejala covid-19 yang parah, tanda-tanda bahwa gejala akan memburuk terjadi di hari ke 5-10.

Kemudian kembali ke webmd.com, berapa lama yang dibutuhkan untuk masa pemulihan? Untuk gejala ringan, sekitar 14 hari dari awal timbulnya gejala. Untuk pasien yang berat, bisa sampai 6 minggu terhitung dari awal timbulnya gejala.

Moga-moga TS tidak salah memahami, untuk pasien yang gejala ringan, sakit itu akan dirasakan antara 2-14 hari sejak infeksi, dan berlangsung kira-kira 14 hari sejak gejala muncul.

Jadi jika seseorang terinfeksi, maka antara 2-28 hari sejak orang tersebut terinfeksi, orang itu akan menunjukkan gejala.

Kemudian kalau dari agenda aktivitas Habib Rizieq Shihab yang menimbulkan kerumunan adalah (berdasar sumber referensi no 3) :
1. Saat baru pulang ke Indonesia, 10 November.
2. Kunjungan ke Bogor, 13 November.
3. Resepsi pernikahan, 14 November.
Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?

Jadi kalau melihat dari tanggal-tanggal tersebut, kalau sampai sempat terinfeksi di salah satu acara itu, artinya pertama kali muncul gejala adalah antara tanggal 12 November (10 November + 2) sampai dengan 28 November (14 November + 14).

Itu periode kemungkinan awal muncul gejala, dan akan berlangsung paling lama sampai 14 hari berikutnya setelah muncul awal gejala.

Sekarang sudah tanggal 2 Desember, berarti berdasarkan hitung-hitungan, seandainya beliau sempat terpapar/terinfeksi Covid-19 di salah satu acara tersebut, saat ini gejala awal pasti sudah sempat timbul.

Sehingga pengamatan/pertanyaan pertama, apakah di periode 12 Nov s/d 28 Nov tersebut, beliau sempat ada gejala sakit atau tidak enak badan?

Kemudian pengamatan berikutnya adalah tinggal kita tunggu, kapan beliau mulai aktif kembali, kalau benar sempat positif atau terpapar, maka akan aktif kembali secepat-cepatnya sekitar 14 hari setelah gejala awal itu muncul.

Kalau muncul dan aktifnya lagi itu adalah setelah 28 November + 14, atau tanggal 12 Desember, nah ini bisa jadi pertanyaan.

Kemudian yang bisa menjadi petunjuk ketiga, adalah jendela waktu 5-10 hari setelah awal gejala, di mana biasanya gejala akan memburuk, sebelum perlahan menunjukkan perbaikan.


Jadi apakah beliau terpapar Covid-19? Kalau melihat kunjungan beliau ke RS Ummi (25 November), dalam minggu ini mungkin ada petunjuk yang lebih kuat.
Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?

Monggo silahkan diotak-atik dan dijawab. Buat iseng-iseng asah otak aja bro... jangan dianggap serius. Tidak ada swab test, artinya tidak ada bukti kuat positif atau negatif.

Yg disajikan di trit ini ya tidak lebih cuma informasi dan permainan saja.
emoticon-Shakehand2
Sambil menunggu, mari sambil kita doakan beliau, agar segera kembali sehat dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Tentunya nanti kita harapkan hadir dengan dakwah-dakwah yang lebih sejuk. Ya kira-kira seperti waktu diwawancara saat di RS UMMI itulah.

Salam...
emoticon-Nyepi


NB: Hitung2an di atas, memakai hitungan 14 hari bukan 6 minggu, artinya TS berharap, seandainya pun positif, bukan kasus yang berat, karena tentunya kita semua tidak mengharapkan yang buruk atas diri seseorang, siapapun dia.

Sumber referensi:
1. https://www.webmd.com/lung/covid-rec...ery-overview#1
2. https://www.nytimes.com/2020/04/30/w...hrough-10.html
3. https://www.tribunnews.com/nasional/...ri-rs?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Halaman 1 dari 5
Enakl aja gua jadi contoh . ..gua sehat.
Main 3 ronde juga kuat ...

Tapi ya gara2 kumpul ortu sadar diri aja ...
Orang tua soalnya rawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kita harap segala sesuatunya menjadi positif buat beliau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Timeline versi gw:

1. Pulang dari arab tanggal 10, dijemput ribuan orang.
Entah berapa ratus orang yang bersalaman/kontak dengan dia.

2. Tanggal 14 masih seger, malah bikin acara maulid dan nikahin putri nya.

3. Tanggal 25 dilarikan ke RS ummi,
Artinya tanggal 23 atau 24 sudah timbul gejala.

Dengan masa inkubasi 14 hari,
Kemungkinan besar dia terpapar sepulangnya dari arab, dari salah satu penjemput atau kerabat yang salaman sama dia.

Wagub DKI konfirmasi positif tanggal 28,
Kemungkinan tertular di acara maulid.

Gub DKI konfirmasi positif tanggal 30,
Kemungkinan tertular dari wagub nya yang bawa oleh-oleh dari acara maulid waktu laporan ke gub nya di hari pertama kerja, senin tanggal 16.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Alhamdullilah positif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
negatip gan, kostum menentukan imun tubuhemoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fengfu dan 8 lainnya memberi reputasi
Halah ga usah dihitung bree...

Semua juga dah ngerti hasilnya apa...

Kalo negatip mah mereka dah langsung koar koar gitu bree...

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fengfu dan 11 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alshabab dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ane g pinter itung2an nihh .. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
coba ada yang positif dari dia...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo positif kasian gak bisa berbagi pisang lg donk emoticon-Traveller




Batain ae bray
Coba Menghitung, Kira-Kira Habieb Rizieq Shihab Positif atau Negatif Covid-19?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengennyusu dan 24 lainnya memberi reputasi
why should i care?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Positif trs mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akonkfaiz dan 6 lainnya memberi reputasi
Yang bahaya itu kalau dia negatif, tapi kemudian jadi carrier.
Kalau kesukaan/pola hidupnya sering berkerumun, itu paling tidak seharusnya 1 minggu sekali melakukan tes swab.
Bukan cuma sekali kemudian seterusnya bisa ngomong kalau dia bebas dari virus.

Terkait mulai kedatangannya hingga sekarang, seharusnya dia paling tidak sudah melakukan 2-3 kali tes swab. Saat kedatangannya dari luar negeri juga sudah harus karantina mandiri.


...
Terkait lonjakan jumlah orang kena Covid saat ini, tidak melulu mengenai bagaiaman orang mulai bersikap normal pada bulan belakangan ini. Tapi juga terkait perubahan musim. Pada musm hujan ini, biasanya ditemui penyakit musiman seperti batuk-pilek. Dimana itu bisa membuat daya tahan tubuh menjadi turun. Akan sial sekali seseorang, pada sikon seperti itu, bila kemudian tertular virus Covid juga. Dimungkinkan akan lebih mudah terjangkit, karena diserang oleh dua jenis penyakit sekaligus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Meskipun saya nggak sreg sama HRS dan FPI nya.. saya doakan semoga lekas smbuh.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rejectedkids dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cukup menyimak saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
berpikir positif lebih baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Slow saja gan mau positif atau negatif tentu saja bukan urusan kita. Sekarang ini memang lagi pada ribut orang-orang di negeri ini, soal kerumunan, soal pil-pil yang sebentar lagi pada nyoblos. Dan lebih bagus hindarkan dari hiruk pikuk seperti itu dan hidup dengan enjoy.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Positif

Kalo negatif pasti udah koar2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Positif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Semoga cepat tobat.
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di