CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc6373782d4955c966e4423/baru-tahu-ternyata-cat-marka-jalan-berbaya-bagi-pemotor

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

[ HT# 662 ]

Sebagai sara pendukung ketertiban berkendara di jalan raya yang tidak terkaver oleh petugas di lapangan maka di gunakanlah sebuah marka jalan yang bentuk garisnya beberapa macam, namun memiliki ciri khas paling umum berwarna putih.

Tapi saya yakin belum semua orang tahu ternyata garis membujur di setiap jalan ini apabila memiliki ketebalan tertentu cukup berbahaya bagi pengendara, khususnya kendaraan bermotor roda dua hingga peseda. Mengapa bisa demikian dan mengapa berkesan justru tetap digunakan padahal menyimpan bahaya 'tersembunyi'?

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Kalau difikir-fikir, garis marka itu di buat dengan dana yang tidak sedikit, dikerjakan berhari-hari, dan bagi mereka yang melanggar garis marka jalan bisa terkena denda maksimal hingga Rp 500.000. Sudah 'diatur' tapi masih beresiko dan terkena denda bagi pengguna jalan, apes.

Tapi tunggu dulu, mengapa garis marka jalan ini digunakan dari dahulu hingga sekarang karena peranannya yang penting tadi, sebagai sarana pendukung tatatertib dan keselamatan berkendara itu sendiri ketika para petugas tidak berada di tempat.

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Maka peran garis marka inilah yang bertugas menggantikannya juga yang tak kalah penting bagi pengendara adalah untuk membantu kosentrasi jalan dan sebagai petunjuk arah jalan ketika jarak pandang sedang terbatas karena sesuatu hal seperti sedang hujan lebat, udara berkabut, jalan yang gelap dan lain sebagainya.

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Dari sisi manfaat dan keuntungan yang didapat akan hadirnya garis marka ini ternyata juga menyimpan hal yang cukup membahayakan, terutama jika saat itu jalan tengah basah akibat aspal yang terkena air dan belum mengering, atau karena saat itu kondisi tengah hujan.

Dari daring Ridermagazine yang saya baca kambing hitam penyebab ini adalah karena bahan baku yang digunakan sebagai campuran pembuatan cat marka jalan inilah yang menyimpan bahaya 'tersembunyi'.

Saya sendiri pernah merasakan bagaimana reaksi ban motor saya ketika melintasi tepian garis marka ini saat kondisi aspal licin, terasa ban selip dan menggelincir kesamping. Tentu akan berbahaya jika kendaraan melanju dikecepatan yang sedang hingga tinggi, kan?

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Ya, meskipun dampak terburuk ini paling dirasakan oleh pengendara yang memiliki ban motornya yang sudah gundul alias botak sebaiknya memang harus segera diganti karena daya cekeram karet ban sudah tidak 'greget' lagi terlebih ketika bersentuhan dengan bagian cat marka jalan ini. Maka efek aquplaning/hydroplanning semakin besar, deh!

Menurut Ridermagazine, bahan baku marka jalan ini mengandung unsur silikon dan unsur air yang tujuannya adalah mempercepat pengeringan atau menyapu air saat ada air menggenang dipermukaan.

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Di Indonesia, untuk bahan baku marka jalan itu sendiri pun sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah, yakni mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 06-4825-1998tentang spesifikasi khusus untuk cat marka jalan ini.

Diantaranya adalah warna pada jalan-jalan cat harus berwarna Putih, sedang untuk petunjuk larangan parkir cat harus berwarna Kuning.

Tapi saya belum tahu apakah di Indonesia sendiri menggunakan bahan baku yang sama dengan di Australia atau tidak. Mohon koreksi dan infromasinya buat agan en sista disini jika mengetahuinya.


Sepertinya ini menjadi dilema bagi kita semua, ya. Disisi lain penggunaan silikon pada bahan baku marka jalan sebagai rambu agar tetap terlihat dikala hujan dan genangan air tapi juga menyimpan bahaya bahkan di saat jalan kering sekalipun, unsur silikon marka jalan mundah menggelincirkan roda ban 'botak' tetap berperan.

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Tapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ban jadi selip solusinya adalah mengetahui tekanan angin ban ketika jalan sedang basah, kondisi ban harus layak jalan, dan jangan ngebut di kala hujan.


Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Nah, sekarang agan en sista udah tahukan mengenai plus minusnya marka jalan ini. Next time berhati-hatilah dalam berkendara tapi juga rawat dan cintailah kendaraanmu seperti kamu mencintai ayank beib, mu...

Referensi. TKpeh!
Img.google img



Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?

Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 6
Yess sangat berguna.. klo lg gelep banget ane nyetir ya ngikutin garis.. eh taunya salah jalan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
GanKrim curhat...
emoticon-Mewek
Baru Tahu, Ternyata Cat Marka Jalan 'Berbaya' Bagi Pemotor?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
klo mencintai kendaraan sih ane pasti, sayangnya ayanknya kaga ada emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan iskrim memberi reputasi
yaa plus-minus sih.. tapi marka penting banget sih buat patokan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Iya emang licin klo basah catnya
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Keknya sih gegara permukaannya kg rata sama aspal, kg ujan aja kalo lg nyalip kena marka jalan suka slip
Padahal udah pake ban soft compound biar aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh madjezzt
Quote:

Ganti moge, auto ada dah. . emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


Quote:


All keep safety ridding, yaaa....
Tebel? Iya tah? Gx salah? Bukannya malah tipis banget krn bbrp minggu lgsg ilang? Aspalnya aja kdg ancur2 kok krn menghemat anggaran
emoticon-Leh Uga
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kaya di motorjipi kalo nikung pas tempat yg ada markanya bakal makan rumput
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan iskrim memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
..... maksi bakso aaAah.... emoticon-Traveller
Bahan marka spesial gan.. ada unsur refleksi kalo kena cahaya.. emang agak licin buat ban motor sih..
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
D tempat ane marka jalannya cm buat hiasan gan. Suka2 sopirnya mau d tengah ato d samping
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau ujan bahaya emang.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Emang licin kena ban, gak gundul aja kerasa apalagi yg gundul
Kalo gak licin gitu kotoran segala macem bisa nempel di atasnya, bikin markanya gak kliatan ntar
Makanya dibikin licin, apapun yg melintas di atasnya bisa kepleset

Yg bahaya ya yg roda dua sih
Tapi kalo sekedar nginjek doang kagak apa, yg bahaya kalo ban nya jalan sejajar sama tuh marka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
lebih bahaya mana sama bangke tikus di tengah jalan gan ? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan iskrim memberi reputasi
Sama biasanya yg marka jalan zona selamat anak sekolah tuh biasanya dicat kayak bahan epoxy gitu.. Kalo ngerem mendadak disitu pasti slip dah ban..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
memang licin...
krasa kalo pakai motor matik ato bebek...
motor laki yg bannya besar2 sih ndapapa...
makanya kalo mau lewati marka mmg mesti fokus bener2...
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
licin bikin ban selip
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ada yang pake lampu mata kucing juga yang dipasang di tengah jalan, kayak nya itu bergelombang kalo dilewatin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane judulnya 'BERBUAYA' emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
iskrim dan gabener.edan memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di