CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Total 20 Persen Relawan Uji Vaksin Sinovac di Bandung Demam Setelah Disuntik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc5cfa7f4d6950964691db0/total-20-persen-relawan-uji-vaksin-sinovac-di-bandung-demam-setelah-disuntik

Total 20 Persen Relawan Uji Vaksin Sinovac di Bandung Demam Setelah Disuntik

 Total 20 Persen Relawan Uji Vaksin Sinovac di Bandung Demam Setelah Disuntik

TEMPO.CO, Bandung - Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Sinovac dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kusnandi Rusmil, mengungkapkan, sekitar 20 persen relawan yang diimunisasi mengalami demam. Panas tubuhnya ada yang demam hingga lebih dari 37,5 derajat Celsius, tapi kemudian mereda dalam dua hari.

“Hilang sendiri tapi pas demam ada juga yang minum parasetamol,” katanya Jumat, 27 November 2020.

Menurut Kusnandi, dampak sakit itu seperti imunisasi umumnya pada anak-anak. Sakit panas diberi obat parasetamol. Kemudian relawan yang nyeri dan bengkak di tempat suntikan, sembuh dalam 1-2 hari. “Terjadi baik pada suntikan pertama dan kedua yang jaraknya dua minggu,” ujarnya.

Dampak sakit seperti itu, Kusnandi mengatakan, biasanya individual. Sejauh ini dari hasil data yang diperoleh tim, keamanan vaksin dikatakan aman. “Karena tidak terjadi hal-hal yang merugikan daripada subyek lebih daripada demam itu.”

Sejak uji klinis digelar 11 Agustus 2020, tim riset telah memvaksinasi 1.620 orang untuk suntikan pertama--sesuai target. Sedangkan suntikan kedua hanya pada 1.603 orang karena 17 relawan uji klinis tidak hadir. Mereka mengundurkan diri, sebagian karena pindah pekerjaan (8 orang) dan sisanya karena sebab lain.

Tiap relawan sejatinya harus disuntik dua kali dengan jeda dua pekan, disertai pengambilan sampel darah dan pemantauan selama enam bulan. Separuh dari total relawan ada yang benar-benar disuntikkan vaksin, sedangkan separuh lainnya hanya mendapat plasebo berisi air. Pembagian itu dilakukan secara acak dan rahasia sesuai metode ilmiah penelitian.

Kini seluruh tahap penyuntikan telah selesai dan masuk ke tahap pemantauan. Sejauh ini belum diketahui secara rinci relawan yang sakit setelah disuntik itu, apakah dari kelompok yang mendapat vaksin atau plasebo. "Belum dibuka (data) blinding-nya, nanti dibuka pada akhir penelitian April," ujar Kusnandi.

Pada Kamis, 27 November 2020, Kusnandi menyampaikan laporan hasil uji klinis selama sebulan awal vaksinasi ke Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Penny Kusumastuti Lukito. BPOM dan tim datang ke Bandung untuk inspeksi kesiapan Bio Farma sebagai sponsor penelitian dan produksi vaksin jika dinilai layak nantinya.

Baca juga:
Menristek: Vaksin Merah Putih Mendekati Uji Hewan

Hasil sementara dari imunisasi selama satu bulan itu dinilai Penny cukup menggembirakan. “Hasil uji satu bulan menunjukkan data yang baik untuk keamanan dan efikasi (khasiat),” katanya saat jumpa pers daring, Kamis, 26 November 2020.

Data hasil uji klinis di Bandung itu dilaporkan tim riset secara bertahap, mulai dari vaksinasi selama sebulan, berikutnya tiga bulan. Menurut Penny, BPOM akan terus memantau proses uji klinis vaksin sampai tiga hingga enam bulan ke depan. "Data-data yang menggembirakan itu nanti akan kami konfirmasi lagi dari data analisis efikasinya dari tiga bulan yang akan dilakukan dalam waktu bulan Desember ini.”

link

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Sinovac dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Kusnandi Rusmil, mengungkapkan, sekitar 20 persen relawan yang diimunisasi mengalami demam. Panas tubuhnya ada yang demam hingga lebih dari 37,5 derajat Celsius, tapi kemudian mereda dalam dua hari.


“Hilang sendiri tapi pas demam ada juga yang minum parasetamol,” katanya Jumat, 27 November 2020.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
ati2 gaes..

vaksin sinovac ini begitu di suntik..rasa nya sakit kyk di gigit semut...


takuuutttttt...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
trus pendapat ts apa?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo disuntik vaksin jadi postif corona apa ngga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulungrinjani dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Cuman vaksin yg bisa selamatkan indonesia dari kehancuran oleh segolongan orang2 mabok agama.
Ini bkn soal kelompok HRS saja tapi semua yg rajin berkumpul dgn jumlah massa ribuan.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Vaksin tidak serta merta menghilangkan Covid.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakbims dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
madu
korma
minyak zaitun
kencing onta
masak segitu banyak obat kagak ada yang bisa menangkal dan menyembuhkan kopit
kagak sudi pake obat bikinan lab tapir emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Ya elah bayi juga kalo di imunisasi ya demam emoticon-Cape d... itu hal yg biasa saja
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan buatbarulagi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apakah pasien yg sudah pernah terkena corona ikut divaksin juga?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Judulnya anjing banget kek odading si mamang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
seharusnya placebonya jangan air dong! minimal vaksin anti virus onta , anti virus isis, anti virus hti, atau anti virus im...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Trains dan 5 lainnya memberi reputasi
kan mank begitu, ini masih banyak yang hatau tampaknya bahwa batuk, pilek dan demam itu respon kekebalan tubuh, mekanisme alami tubuh untuk mendeteksi patogen asing yang masuk ke tubuh manusia
profile-picture
profile-picture
araadea dan galuhsuda memberi reputasi
mending gue minta doa dari IB HRS daripada harus disuntik vaksin kafir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Vaksin jgn dipaksakan. Ana sdh kena kopid, sedikitnya 3 kali. Ana sdh punya herd immunity.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yakin relawan ? Relawan dibayar brp disuntik fucksin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane nggk mw dvaksin ah.....

emoticon-Cool

cukup minta doa ny bibib aj....
secara virtualpun gpp....
profile-picture
Habibananasuper memberi reputasi
Biasalah. Anak2 abis diimunisasi juga gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
klo demam sih efek standart, pertahanan tubuh klo masuk benda asing
vaksin kn benda asing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
Kayanya yg nama nya vaksinisasi pasti demam dulu deh....
Jaman sd jg klo di vaksin efek awalnya demam
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di