CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc0dd2b09b5ca7a782b844b/7-tips-yang-bisa-kamu-lakukan-saat-terjebak-lift

7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift

Di zaman sekarang ini sudah tidak aneh lagi jika kita melihat gedung-gedung tinggi pencakar langit, terlebih ketika kita berada di ibu kota, hampir seluruh area memiliki gedung tinggi. Gedung-gedung tinggi itu pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti lift yang akan menghubungkan kita dengan lantai-lantai lain di dalam gedung.

Tapi dari semua fasilitas tersebut, pastinya butuh perawatan agar kinerjanya tetap terjaga dan tidak membahayakan orang-orang di dalamnya. Tapi tak jarang pula, dari beberapa fasilitas terjadi gangguan seperti lift yang macet dan eror. Hal itu pun akan membuat panik siapa saja yang sedang berada di dalamnya. Untuk itu, anda perlu mengetahui tips-tips ketika mengalami insiden terjebak lift agar tahu apa yang harus dilakukan, dan berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti.

 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift

1. Saat Terjebak Lift Usahakan Tetap Tenang
Pastinya bagi siapapun yang berada dalam situasi terjebak lift akan merasakan ketakutan yang sangat besar dan kepanikan pun melanda dengan mudah. Terjebak di dalam kotak besi dengan bayangan-bayangan mengerikan, rasanya ingin cepat-cepat untuk bisa keluar. 

Satu tips yang harus kamu ingat ketika sedang terjebak lift, dan merupakah hal utama yang sangat perlu dilakukan adalah tetap tenang. Dalam kondisi tersebut berbuat panik atau  cemas tidak akan membantu anda untuk segera keluar, sebisa mungkin usahakan untuk tenang dan atur nafas, dan pikirkan jalan keluar setelahnya, sehingga kamu tidak akan terserang kepanikan yang membuatmu sesak di dalam lift.

2. Coba untuk Tekan Tombol Darurat Saat terjebak Lift
Di setiap lift pasti telah tersedia beberapa tombol fungsi selain tombol nomor lantai. Setidaknya anda akan melihat tombol dengan icon lonceng, yang berfungsi untuk berkomunikasi di saat kondisi darurat seperti terjebak lift atau ketika ada gangguan lainnya.

Saat berada di insiden terjebak lift dan pikiranmu telah tenang, maka usahakan untuk memencet tombol lonceng tadi sebagai bentuk SOS-mu kepada petugas, sehingga mereka mengetahui apa yang terjadi dan menimpamu, serta cepat mengambil tindakan yang tepat.

3. Manfaatkan Koneksi Internet dari Smartphone
Setiap hari anda pasti selalu membawa smartphone kemanapun anda pergi, termasuk saat berada di dalam lift meski terkadang sinyal dari smartphone anda terganggu. Saat berada di situasi terjebak lift, tidak ada salahnya anda memanfaatkan koneksi internet dari smartphone selemah apapun. 

Karena itu menjadi kesempatan berharga untuk anda menghubungi siapapun yang bisa menolong anda keluar dari situasi tersebut, atau setidaknya mengirim pesan singkat kepada teman, untuk menghubungi petugas penolong, dan memberitahukan posisi anda berada. Tidak ada salahnya jika anda mencoba berbagai usaha untuk keluar dari situasi tersebut.

 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift

4. Jangan Lakukan Hal Konyol
Panik pasti tapi jangan sampai kamu bertindak konyol ketika terjebak lift. Untuk itulah ketenangan sangat dibutuhkan, seperti tips paling pertama di atas, agar kita tidak salah mengambil keputusan dan membuat keadaan semakin parah. Misalkan saja ketika terjebak lift kita berusaha untuk mencoba menekan tombol-tombol lain selain tombol emergency. 

Hal itu malah akan memburuk keadaan dan menambah risiko bahaya yang bisa mengancam nyawa anda di dalam lift. Belum lagi kondisi dimana anda malah melompat-lompat dalam lift dengan pikiran lift bisa berfungsi kembali. Justru tindakan tersebut akan mengakibatkan kerusakan lain pada lift seperti jatuh atau kabel lift yang jadi terjepit.

 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift

5. Usahakan Untuk Jongkok atau Duduk Saat Terjebak Lift
Pastinya ketika di dalam lift posisi kita akan tegak berdiri, tapi beda halnya ketika anda terjebak lift. Untuk meminimalisir kecelakaan dan hal yang tidak diigninkan saat terkurung dalam lift, anda lebih disarankan untuk duduk atau berada di posisi jongkok. 

Hal ini didasari dari gaya gravitasi yang menimbulkan efek masa bobot ketika lift mengalami kerusakaan, anda pun tidak mengetahui apakah lift itu turun atau diam, maka dari itu demi menghindari hal yang tidak iinginkan lebih baik anda antisipasi dengan duduk dan jongkok tadi.

6. Temukan Sumber Cahaya
Ada satu kondisi dimana ketika lift tempat anda berada mengalami kerusakan, lampu di dalmnya akan secara otomatis padam, hal itu pun yang biasanya menambah kepanikan di dalam ruangan sempit. 

Saat kondisi itu terjadi, maka usahakan untuk tenang dan cari sumber cahaya yang bisa membuat anda melihat, misalnya saja dengan menyalakan lampu senter dari smartphone saat terjebak lift. Sedikit cahaya yang ada pun akan membuat anda leih nyaman berada di lift yang rusak, sambil menunggu pertolongan datang.

 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Lift

7. Memberi Kode Saat Terjebak Lift
Usaha terakhir yang mungkin bisa anda lakukan dan usahakan ketika terjebak lift adalah dengan memberi kode. Tentunya segala cara bisa anda usahakan bukan? Begitu pun ketika anda lupa membawa smartphone atau sudah melakukan berbagai cara tapi usaha tersebut tidak kunjung membuahkan hasil. 

Anda bisa memberi kode kepada orang di luar dengan membuat suara sekeras mungkin, atau memukul pintu lift, yang nantinya akan terdengar oleh orang di luar. Anda pun harus sabar menunggu hingga bantuan datang.

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika berada disituasi terjebak lift yang pastinya sangat menakutkan dan menegangkan. Yang terpenting adalah tetap berpikir dengan kepala dingin dan tenang agar tindakan yang kita lakukan tidak memperparah situasi yang sedang kita hadapi.
profile-picture
profile-picture
abdulya dan srusuut memberi reputasi
Wagh ternyata tidak enak terjebak diliftemoticon-Takut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
seremnya sih kalo kejebak sendirian, tapi kalo kejebak pas full gitu juga bahaya emoticon-Takut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gua tipe orang yang panikan, dan gua ga yakin kalo gua bisa tetep tenang kalo kejebak di lift giniemoticon-Frown
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di