Kerajaan bisnis super hero Amerika Serikat (AS), DC Comics menang mempertahankan merek Superman yang dipakai oleh perusahaan Indonesia menjadi merek wafer di Indonesia. Bukan perkara mudah bagi DC Comics menggulung merek Superman lokal itu.
Kasus bermula saat DC Comics menggugat perusahaan lokal yang memproduksi wafer Superman, PT Marxing Fam Makmur pada 2018. Kala itu, gugatan tidak diterima oleh Mahkamah Agung (MA) dengan alasan gugatan kabur dan tidak jelas.
Atas hal itu, DC Comics kemudian kembali mengajukan gugatan atas Marxing Fam Makmur untuk merek kelas 30 ke PN Jakpus. Kelas 30 ini adalah merek untuk produk kopi, teh, gula, beras, tapioka, sagu, kembang gula, kueh, es konsumsi, madu, sirup, ragi, bubuk untuk membuat roti, garam, mostar, cuka, saos, rempah-rempah, tepung dan sediaan terbuat dari gandum.
Gayung bersambut. Kali ini kemenangan di pihak DC Comics.
"Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya. Menyatakan merek terdakwa SUPERMAN milik Penggugat sebagai merek terkenal (well-know mark)," demikian bunyi putusan PN Jakpus yang dikutip detikcom dari website PN Jakpus, Kamis (26/11/2020).
Sebelumnya diberitakan PT Marxing Fam Makmur memenangkan kasus melawan DC Comics, menyatakan wafer merek tu itu telah beredar puluhan tahun di Indonesia dengan harga terjangkau.
"PT Marxing Fam Makmur mendapatkan sertifikat merek dari Kemenkumham pertama pada tahun 1993 untuk kelas 30 dan 34 dan diperbaharui tiap 10 tahun," kata kuasa hukum h PT Marxing Fam Makmur, Sururi Elhaque kala itu.
PT Marxing kemudian bekerja sama dengan Siantar Top untuk memproduksi wafer cokelat. Wafer tersebut kemudian membanjiri setiap sudut warung di seluruh Indonesia dan dikenal secara luas.
"Di Indonesia, Superman dikenal sebagai tokoh kartun, bukan produk makanan. Jadi klien kami tidak mendompleng keterkenalan DC Comics," ujar Sururi membeberkan alasan kemenangan tersebut.
SUMBER