CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbe7ec428c9915c5471d196/kulkas-pertama-di-dunia-beroperasi-di-atas-gurun-pasir-cara-kerjanya-keren

Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!


 Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
 

Rasa-rasanya benda yang satu ini menjadi bagian yang harus ada di dapur terlebih ketika pulang sekolah atau main, kondisi kepala gerah dan badan keringatan serta tenggorokan kering akan memaksa langkah untuk mencari kulkas dan meneguk apa saja yang dingin huuu (asal jangan cuka botolan yang kebetulan juga dingin dalam kulkas!)

Nah ngomong-ngomong soal kulkas atau lemari pendingin, jika kita cari di internet mengenai siapa dan tahun berapa kulkas ditemukan, maka data yang disodorkan pada kita adalah William Cullen tahun 1748. 
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
Cullen menyadari bahwa makanan yang bersuhu dingin akan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri (sebab bakteri sulit untuk berkembang dengan baik dalam media yang dingin), kok Cullen bisa sampai tahu hal itu? nah ternyata ia juga ahli dalam bidang kedokteran, mungkin kalau Cullen ahli dalam bidang lain, gak kepikiran kali ya hehe


Temuan Cullen ini menggunakan uap sebagai pengganti caian pendingin, tetapi ia tidak patenkan penemuannya tersebut.
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!

Kemudian Jacob Perkins menyempurnakan ide Cullen, ia menggunakan beberapa bahan kimia seperti amonia, sulfur dioksida, dan klorida metil sebagai media untuk membekukan air.
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!

Tetapi baru Karl Von Linden yang membuat kulkas yang bentuknya lebih mengarah seperti sekarang,  meskipun kulkas temuannya menggunakan bahan kimia yang cenderung tidak aman dan sering terjadi kecelakaan tetapi ia berhasil mematenkannya.

Di awal tadi, tahun 1748 adalah tahun dimana Cullen memulai membuat model kulkas pertama yang begitu sederhana miliknya, tetapi ternyata kulkas mulai ada dan digunakan sejak 2400 tahun yang lalu loh!

Jika benar demikian seharusnya kulkas inilah yang menyabet gelar sebagai kulkas pertama yang berhasil dibuat, hanya saja bentuknya sama sekali tidak menyerupai bentuk sekarang, tetapi apalah arti bentuk, yang penting dinginnya dong hehe..
Kulkas ini ditemukan dan mulai dipakai sejak 2400 tahun lalu, dan yang lebih mencengangkan bahwa ia beroperasi bukan di dekat laut atau daerah gunung ataupun di sekitaran kutub, tetapi kulkas ini beroperasi di atas gurun!
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
Agan tau dong gurun itu tandusnya gimana, syarat ia dikatakan sebagai sebuah gurun jika curah hujan yang ia terima pertahunnya kurang dari 250mm, tanahnya memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan dan yang jelas tandus.
Lah kulkas pertama di gurun? Cara kerjanya gimana tuh..
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!

Ini adalah bentuk kulkas pertama di bumi, kok masih ada gambarnya? Ilustrasi ya? Sebagian dari kulkas jaman purba ini dibangun dengan kokoh dan rapih hingga masih ada yang bertahan sampai sekarang.
Namanya Yakhchal sudah ada sejak 2400 tahun lalu di persia, tingginya kira-kira 20 meter. Cara kerjanya adalah..
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
Yakhchal dibuat sedemikian rupa yakni berbentuk kerucut besar, sebenarnya di  di alas Yakhchal tidak langsung tanah melainkan ada lubang yang sangat besar bahkan melebihi lebar diameter alas Yakhchal di permukaan tanah. 

Tempat penyimpanan Yakhchal ini dihubungkan dengan sebuah ruangan pendingin yakni kolam air yang lebar banget, karena udara di daerah gurun itu tandus dan kering maka air di dalam kolam gede itu menjadi mudah untuk menguap. Dalam referensi lain dijelaskan bahwa orang-orang melakukan pengairan air ataupun juga es dari pegunungan yang dingin menuju ke ruang bawah tanah Yakhchal, ini dinamakan Qanat.
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
(ilustrasi cara kerja Yakhchal, aliran air es tersebut yang dinamakan Qanat)

Tetapi air butuh waktu yang luayan lama untuk dapat menguap. Nah walau bagaimana pun bentuknya, tetapi aja ada udara panas yang terperangkap masuk kedalam Yakhchal, untung saja udara panas lebih ringan dibanding udara dingin, alhasil udara panas akan mengambang jauh ke atas ujung lubang Yakhchal, sementara udara dingin tetap ada di dasar. Nah hal inilah yang akan dimanfaatkan orang-orang persia kuno sebagai wadah pendingin mereka.
Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!

Kulkas Pertama di Dunia Beroperasi di Atas Gurun Pasir! Cara Kerjanya Keren!
Karena bentuknya kerucut dan ada lubang di bagian atasnya, maka udara panas yang jauh lebih ringan dari udara dingin akan terus mengambang dan keluar menyisakan udara dingin yang akan semakin dingin dalam Yakhchal tersebut.
Dinding Yakhchal dibuat dengan serius, artinya orang-orang mengusahakan agar tidak dapat ditembusi udara dan hawa panas gurun. Maka dinding Yakhchal dibuat dari campuran tanah liat, pasir, putih telur, dan bulu kambing atau domba dengan tebal 200 cm.

Alhasil orang-orang persia memanfaatkan Yakhchal sebagai wadah untuk mereka menyimpan makanan, membuat es di musim panas dan banyak lagi. Yakhchal adalah salah satu dari banyaknya peninggalan bangsa persia kuno yang menunjukkan sudah majunya mereka di zaman ituemoticon-Metal





Spoiler for Sumber:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Rata rata penemuan yang bikin manusia sampe skrg bisa hidup dengan wow tuh dari mesir dan persia sana yaa
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan rukminiirawan memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
200cm...tebel ya gan. Hampir2 2M. Ya gan, supaya thn panas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orang-orang persia pun bisa ada ilmunya untuk tempat menyimpan bahan makanan dan membuat es musim panas.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan rukminiirawan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
buat kadrun cocok nih emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wih keren juga sih ya kulkas jaman dulu
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan rukminiirawan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Widih cerdas sangat itu penemunya. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jir edan ya, dapet inspirasi darimana coba bikin begituan...
Salud buat orang jaman dulu...
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah, kulkas raksasa. kalo ini baru gajah bisa masuk kayaknya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hebat sekali teknologi dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku blm pernah liat gurun pasir
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cara kerjanya keren banget ini. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bisa ya ada pikiran seperti iru..kita generasi saat kini tinggal menikmati hasil penelitian dan penemuan mereka yg hidup jaman dulu..terimakasih untuk penemuannya yang bermannfaat bai banyak orang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngeliat teknologi jaman dulu membuat ilmuwan jaman now keliatan kurang pinter. Jaman dulu hebatnya aj ga perlu pake komponen elektronik canggih, gimana kalo mereka pake. Dan masih ada hasil penemuan lain yg sulit di jelasin sm ilmuwan jaman now
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
alami dan ga perlu listrik.. emoticon-Matabelo

tapi ga tau juga dinginnya sedingin apa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahhh keren banget sih ini informasi bagus tentang sejarah kulkas terutama kulkas pada jaman dahulu hehehehe
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pasti sakti banget ntuh kulkas gan 😂
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gila bisa kepikiran
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tujuan nya memperlama usia makanan. kalo buat teknologi muktahir seperti netijen katakan ya enggak. kayak orang viking mengawetkan makanan pake asep, asam, garem, dan dikeringin. masih heran kenapa kg pake bata yah orang dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masih dimanfaatkan ga bangunan nya?
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
itu dibangunnya pake jasa budak tentunya.....yang mikir si majikan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan rukminiirawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di