CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdf6aceaab254d6e2a205d/parah-resto-resto-di-mal-bertumbangan-mati-pelan-pelan

Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan

 Parah! Resto-Resto di Mal Bertumbangan, Mati Pelan-Pelan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha restoran banyak yang memilih menutup usahanya secara sementara bahkan permanen karena tekanan pandemi yang berat dan belum berkesudahan. Buktinya terjadi di restoran-restoran yang berada di pusat perbelanjaan.

Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sudrajat mengatakan kondisi bisnis restoran khususnya di DKI Jakarta saat ini sudah sangat parah.

"Restoran banyak yang tutup, saya survei ke lapangan mal di Jakarta Selatan, kelihatan sepi, dan malah mau siap-siap untuk tutup. Sudah parah banget," kata Founder Breso Resto & Coffee dan De Solo Boutique Hotel ini kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

Ia mencontohkan gerai restoran Breso Resto & Coffee miliknya di Jakarta, kini dua gerai sudah tutup, sedangkan satu gerai lagi tetap buka tapi dengan operasi yang sangat terbatas. Ia mengatakan terpaksa tetap membuka restorannya karena kasihan dengan para pegawai.

"Restoran yang masih buka, pekerja satu hari masuk, satu hari libur. Biasanya satu gerai ada 20 karyawan, sekarang hanya 6 karyawan saja," keluhnya.

Sudrajat mengakui pemerintah memang berat dalam mengatasi covid-19, sebab bila aktivitas terlalu dibuka maka kasus akan meningkat. Bila kasus covid-19 sudah meningkat, maka ujung-ujungnya bisnis dan ekonomi makin tertekan.

"Saya berpikir kalau berkepanjangan terus, pebisnis makin berat, ya udah sekalian saja kayak di Bali, nyepi dua pekan," katanya.

Soal kondisi restoran yang makin berat khususnya di DKI Jakarta, juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bidang restoran Emil Arifin mengatakan fenomena bertumbangan restoran sangat tampak di mal-mal di DKI Jakarta.

"Coba sekali-kali ke mal, cuman ada beberapa restoran di mal-mal yang buka. Saya cek di PIM, Kokas, Senayan City, masih banyak restoran yang tutup," kata Emil kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

Ia mengatakan berdasarkan data survei September 2020 dari sekitar 9.054 restoran di DKI Jakarta, sebanyak 4.469 restoran dilakukan survei termasuk yang operasi mal. Hasilnya sebanyak 1.033 restoran atau sekitar 10% dengan berat hati terpaksa tutup selamanya alias permanen karena tak kuat lagi.

Sedangkan sebanyak 429 restoran tutup sementara alias masih bisa buka lagi sambil menunggu perkembangan. Emil memperkirakan ada sekitar 4.000 lebih restoran di pusat perbelanjaan. Sebagian besar disebutnya juga sudah menutup operasi. Ia mendesak agar PSBB Transisi di DKI Jakarta diperlonggar agar memberi napas bagi pebisnis restoran terutama soal batas 50% pengunjung mal.



link


"Restoran banyak yang tutup, saya survei ke lapangan mal di Jakarta Selatan, kelihatan sepi, dan malah mau siap-siap untuk tutup. Sudah parah banget," kata Founder Breso Resto & Coffee dan De Solo Boutique Hotel ini kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

"Coba sekali-kali ke mal, cuman ada beberapa restoran di mal-mal yang buka. Saya cek di PIM, Kokas, Senayan City, masih banyak restoran yang tutup," kata Emil kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
Kasihan yg hdupnya dr situ
semua kena dampaknya lah bray. gaji dipotong dah pasrah aja lah. moga segera berlalu ini kopid
pada saat saat kondisi seperti ini memang tidak bisa dipaksakan, maju kena mundur kena
kondisi emang sangat terpengaruh yak, apalagi yang basicnya hiburan gitu, semoga segera berlalu lah ya masa yang sulit ini 😔
Semoga pandemik ini segera berakhir... Banyak pekerja yang di PHK ini.. ato banyak kerja di luar negri jadi TKW ini mah..
Kasian banget gan 🥺, pemilik resto juga gabisa ngapa² in pegawainya pun juga sama 🥺
ane kmaren ni ke mall makan seteakk emoticon-Cool
skarang ane mungkin corona, emoticon-Leh Uga
ati ane da sembuh corona emoticon-Cool
profile-picture
nirankara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya semua juga terkena kan semua lini, tapi ya ga bisa mengharapkan orang ke mall dalam masa seperti ini, paling ada ojol
mendingan negara2 di senatero dunia rembukan aja kasih statement klo covid 19 sama kya flu biasa,jadi ekonomi jalan lagi.
trus jalanin hidup aja kaya biasa,klo di liat2 yg positive covid 19 malah OTG ga ada gejala.
Buka resto di mall dalam kondisi sekarang gak memungkinkan, semoga pendemic segera berakhir
ya sekarang buat bisa makan aja alhamdulillah untuk kalangan menengah kebawah. kalo kalangan yang kaya banget sih gak kena dampak banget, ttp kena dampak cuman gak terlalu berdampak gitu.
Hayo sabarlah, semua kena imbaslah..yang ndak tuh asn...ane malah dipotong 60%...emoticon-Big Grin
profile-picture
nirankara memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Pada takut mau main ke mall di musim corona ini, selain itu makanan di mall cenderung memiliki harga yang sedikit mahal, ditengah himpitan ekonomi saat ini, orang akan lebih memilih untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya. Kadang kasihan juga jika lihat pizza hut dijajakan di pinggir jalan, awalnya 4 pizza 100 rebu sekarang udah di ecer jadi 1 pizza 25 rebu.
Semoga pegawai yang terdampak segera mendapat pekerjaan baru emoticon-Frown
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Semoga covid segera berlalu amin.
Suruh ganti dagang ikan cupang semua gan emoticon-2 Jempol
Pastinya banyak phk lagi neeh.
emoticon-DP
Sebenernya juga udah kangen jajan di emoll cuman ya ane masih takut karna pandemi masih tinggi begini
Semoga saja pandemi ini segera berakhir dan perekonomian bisa kembali normal lagi
Semenjakk pandemi ane belum pernah ngemol jadi nggak tau kondisi mall sekarnag kaya gimana tuhh
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di