CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdd81709b5ca6bd7230903/waketum-mui-anggap-aneh-jika-kapolri-dijabat-nonmuslim

Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim

Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim



Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyiddin Junaidi menganggap aneh bila Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz nantinya dijabat oleh seseorang yang bukan beragama Islam atau nonmuslim.

Meski Indonesia bukan negara Islam, Muhyiddin berpendapat sangat aneh bila pemimpin aparat keamanan berlatar belakang nonmuslim memimpin penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

"Seorang pemimpin nonmuslim mengendalikan keamanan negara di mana mayoritas penduduknya muslim adalah sebuah keanehan dan tugasnya pasti amat berat," kata Muhyiddin kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).

Muhyiddin menyebut wajar bila pemimpin di negara manapun memiliki agama yang sama dengan yang dianut oleh mayoritas penduduknya. Contohnya seperti Amerika Serikat yang penduduknya mayoritas nonmuslim, maka presiden atau kepala aparat keamanannya juga mengikuti latar belakang nonmuslim.

Ia memprediksi akan banyak kendala psikologis yang akan dihadapi oleh pemimpin beragama nonmuslim di negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim.

"Apalagi kepolisian tugasnya sangat erat dengan masalah keamanan masyarakat. Pendekatan persuasif sangat dibutuhkan dalam sengketa dan demo massa," kata dia.

Sementara itu, DPR RI tak keberatan bila Kapolri pengganti Idham Aziz berasal dari kalangan nonmuslim. Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni menilai tugas Polri adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bukan sebagai lembaga dakwah.

Senada, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman berpendapat tak ada aturan yang mensyaratkan seorang calon Kapolri harus beragama tertentu.

Menurutnya, personel kepolisian dari agama apapun berhak menduduki jabatan Kapolri sepanjang memenuhi syarat yang tertuang di dalam peraturan perundang-undangan.

Pendapat tersebut sejalan dengan syarat Kapolri seperti yang diatur di dalam Undang-undang 2 Tahun 2002 tentang Polri. Pasal 11 UU tersebut menyatakan bahwa Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR RI. Di pasal yang terdiri dari delapan ayat itu pun tidak mensyaratkan agama yang harus dianut oleh seorang calon Kapolri.

Pasal 11 ayat (6) hanya menjelaskan bahwa calon Kapolri adalah Pati Polri yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...abat-nonmuslim

Saraemoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 49 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
Ga bisa dan ga bakal...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NicolasRedFox dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Ya itulah mengapa dikatakan yang moderat sebenarnya sama saja dengan radikal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 48 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Apa sih yang nga aneh ama MUI? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 4 lainnya memberi reputasi
Mending kepala satpamya doyan duit haram, asal muslim! emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Udah gausah dipaksain, daripada demo berjilid2 kyk skripsi mahosiswa abadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thecrazyrich dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalo bisa lepas baju, udah dari kemaren lepas baju emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Ganti aja semboyan jadi Bhinneka Tinggal Satu Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Kalo calon yg non non-kafir kalibernya blm setara LBM ya memang mending kapolrinya dr non-kafir aja

Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim


Dari Tito Karnavian ke Idham Aziz lanjutannya sih dijamin bakal epic kalo ke bapak yang enih

Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh titoa.ja
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Bapak yg aneh....

Jangan rasis....

Kapolri hanya pemimpin institusinya bkn di masyarakat.

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
2030 bubar kata ghost fleet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaiserwalzer
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ternyataemoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Perasaan di US pernah dijabat Minoritas salah satunya JFK

Inggris dan Belanda salah satu wilayahnya dipimpin Minoritas juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
statemen resmi MUI disaat ceramah curcol teriak lonte dan hina aparat, kok gak ada ?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo minoritas gak bakal terlalu berani membuat putusan yang aneh2, tapi terserah presiden dan dpr sih....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan tanya MUI soal opini, tanya MPAI atau Majelis Pemuka Agama Indonesia (kalo ada).

Bayangkan saja kalo dari pihak MUI setuju pemimpin nonmuslim apa gak jilat ludah sendiri tuh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Waketum MUI Anggap Aneh Jika Kapolri Dijabat Nonmuslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 8 lainnya memberi reputasi
Mabok agama, segala sesuatu dikaitkan dengan agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 20 lainnya memberi reputasi
ormas di indonesia kok kayanya rese banget yah, ngatur ini itu molo, heran deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waketum MUI selevel sama guru SMA.....

Kalau kafir mau dicalonin jadi ketua MUI, baru deh loe protes sana......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di