CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Ternyata Mobil Baru Sengaja Dibuat Mudah Ringsek Saat Tabrakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdc101f4d6955d71609dff/ternyata-mobil-baru-sengaja-dibuat-mudah-ringsek-saat-tabrakan

Ternyata Mobil Baru Sengaja Dibuat Mudah Ringsek Saat Tabrakan

Ternyata Mobil Baru Sengaja Dibuat Mudah Ringsek Saat Tabrakan

Apa agan dan sista juga menyadari kalau mobil-mobil baru zaman sekarang lebih mudah ringsek dibandingkan mobil-mobil zaman dulu saat terjadi tabrakan atau kecelakaan lalu lintas? Industri otomotif diseluruh dunia memang sedang lesu karena pandemi covid 19 yang merebak sejak akhir 2019 lalu. Imbasnya banyak perusahaan yang melakukan efisiensi baik dari bidang operasional maupun tenaga kerja demi menjaga keuangan perusahaan tetap stabil. Eits tapi bukan itu alas an kenapa mobil baru sengaja dibuat mudah ringsek saat tabrakan. Yup ternyata alasannya bukan karena efisiensi biaya ataupun proses pembuatan rangka mobil yang asal-asalan loh gansis.

Crumple Zone
Spoiler for :

Alasan utama dari ringkihnya mobil-mobil baru adalah karena adanya crumple zone yang diaplikasikan pada kerangka mobil. Crumple zone atau zona benturan adalah kerangka yang sengaja dibuat mudah hancur yang biasanya ada dibagian dapan atau balakang mobil. untuk menerima dan meredam benturan saat terjadi tabrakan hebat. Cara kerjanya adalah, ketika terjadi tabrakan hebat area crumple zone akan langsung rusak untuk menyerap energi kinetik dari arah berlawanan dan meredam benturan hingga tidak berlanjut ke area kabin. Karena energi kinetik dan benturan sudah diredam, pengemudi dan penumpang yang ada di area kabin tetap aman (baca: relatif lebih aman) meskipun terjadi tabrakan hebat.

Teori desain mobil beberapa tahun sebelum ditemukannya crumple zone menyebut bahwa membuat mobil harus dengan bahan yang sangat kuat dan tidak terlalu banyak deformasi ketika terjadi benturan. Tetapi konsekuensinya adalah semua energi kinetik dari benturan kendaraan mengalir ke area kabin yang dapat berakibat fatal bagi pengemudi dan penumpang. Teori fisika memiliki penjelasan mengapa crumple zone diperlukan. Hukum Isaac Newton menyatakan, sebuah benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan arah yang sama kecuali ditindak lanjuti oleh kekuatan yang tidak seimbang.

Teknologi crumple zone ini memberikan banyak keuntungan baik bagi pengemudi dan penumpang maupun bagi pejalan kaki atau orang yang terlibat kecelakaan. Seperti sudah dijelaskan tadi, bagi pengemudi dan penumpang tentu lebih aman dan selamat saat terjadi benturan. Mungkin mereka akan tetap mengalami luka ringan seperti lecet atau keseleo, potensi luka berat seperti gegar otak, patah tulang, hingga kematian dapat diminimalisir. Begitupun bagi pejalan kaki atau orang yang terlibat kecelakaan, mereka relatif lebih aman dan memiliki potensi terhindar dari luka berat. Tentu saja ini juga bergantung pada kecepatan mobil dan kondisi disekitar.

Engine Mounting
Sejatinya engine mounting juga merupakan bentuk pengaplikasian crumple zone pada mobil meskipun memiliki cara kerja yang berbeda. Crumple zone diletakkan pada bagian mounting atau peningkat mesin dan transmisi sehingga pada saat terjadi tabrakan hebat, mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong kebelakang sehingga berpotensi membahayakan pengemudi karena mesin mobil yang terdorong dari arah depan.

Crumple zone memang di desain untuk keamanan pengguna mobil, meskipun begitu crumple zone bukanlah pelindung mutlak untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Berkendara dengan aman dan bertanggung jawab tetap harus menjadi prioritas utama kita gasnsis.

Terima Kasih
emoticon-Ngacir2
Spoiler for Sumur::



Spoiler for Komeng Terbaik:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 56 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eMHidayats
Halaman 1 dari 6
emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh eMHidayats
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Nice infoh gan,,, emoticon-Cendol Gan
profile-picture
eMHidayats memberi reputasi
Sepakat gan
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan radhifans memberi reputasi
Terima kasih sharing ilmunya TS

Sekarang saya tau kenapa crumple zone itu penting. Supaya kalau terjadi kecelakaan, energi tabrakannya ga di transfer ke pengemudinya.

Berarti mobil ringsek itu bagus ya kalau tabrakan, yang penting pengemudi dan penumpangnya aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantaapppp, ikut nongrong di pejwan deh.
profile-picture
eMHidayats memberi reputasi
Nyawa lebih aman gak nih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
crumple zone mah gak berguna juga gan kalo ditabrak kereta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harga gak pernah bohong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cf951 dan 3 lainnya memberi reputasi
Nah tu biar pada tau.. fortuner papa setnov dulu gimana tu, ada pake teknologi crumplezone apa gak ya..
profile-picture
eMHidayats memberi reputasi
beda cerita di indonesia, mobil yg ringsek akan kena bully dengan sebutan mobil kaleng. tanpa mau tau kenapa mobil itu dirancang mudah ringsek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ini baru boil kaleng kaleng
lalu pertanyaan saya....kenapa volvo strong ketika nabrak/ ditabrak ? perasaan ndak ada crumple zone di mereka tapi terbukti sebagai mobil paling aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
altara96 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
intinya sekali mobil tabrakan, buang ganti baru

gak usah repot2 diperbaiki..malah ngabisin duid aja
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh arrrry
Biar gak pake akal2an....bres ganti beres emoticon-Traveller
profile-picture
okiadri memberi reputasi
Ya untungnya itu, tapi ruginya kalau nyenggol dikit ya penyok. Harus ngeluarin biaya buat benerinnya.
ga juga...mobil2 mewah super elit punya kerangka super kuat sehingga ga butuh itu namanya crumple zone, cek teknologi di mobil f1 deh buat contohnya.



intinya kalau mobil lu murahan ya ga usa ngarep nyawa lu dijamin di sana emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
cf951 dan eMHidayats memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Ya pilih kendaraan sesuai kebutuhan aja.
Cari mobil tua yg ga gampang remuk dengan alasan keamanan penumpang.

Biaya perbaikan kalo tembus 50jt keatas jg banyak pemilik yg sakit jantungan.


Menurut gua sih alasan doang kalo bahan nya murahan dan tipis.
emoticon-Traveller


Tp yah sesuai uang yg di keluarkan utk beli.
MAU selamat kok beli murah ya udah gt aja sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Salah satu upaya menjaga keselamatan di jalan adalah dengan mencabut SIM pengemudi truk yg suka ugal2an dan suka oleng2an.
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan lunar1980 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di